Kaca Lampu Mobil Buram? Begini Cara Mencegahnya!

ulinulin.com – Jika usia mobil Anda sudah 3 tahun ke atas, pasti mobil tersebut sudah selayaknya membutuhkan perawatan ekstra. Baik itu dari segi mesin, body, hingga penampilan. Biasanya semua elemen ini sudah mulai pudar seiiring bertambahnya usia mobil, salah satunya adalah kaca lampu mobil yang buram. Nah, apakah kaca lampu mobil buram ini terjadi pada mobil Anda? Pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan kaca lampu mobil buram ini karena biasanya hal ini terjadi pada mobil-mobil berusia tua atau mobil yang masih muda namun minim perawatan.

Merawat kaca headlamp mobil yang buram ini susah-susah gampang. Anda harus benar-benar merawatnya secara rutin dan berkala. Banyak faktor mengapa kaca lampu mobil buram bisa terjadi. Nah, daripada penasaran, yuk kita cek cara mencegah kaca lampu mobil yang buram berikut ini :

Cuci kaca lampu mobil setelah hujan

Faktor utama mengapa kaca lampu mobil buram adalah seringnya mobil terkena air hujan sehingga hal ini menyebabkan kaca lampu mobil dimasuki air kotor dan mengering. Ada baiknya setelah hujan, Anda membersihkan kaca headlamp mobil dengan membasuhnya dengan air bersih dan mengelapnya dengan kain lap yang halus dan bersih sampai benar-benar kering. Dengan mengeringkannya, kaca lampu mobil buram akan bisa dihindari dan lakukan perawatan ini secara rutin.

Jangan parkir di tempat panas

Cuaca sangat mempengaruhi keadaan mobil. Jika di tempat Anda sering terjadi perubahan cuaca yang ekstrim. Misalnya pada pagi hari, cuaca di tempat Anda berada sedang hujan lebat, maka baiknya Anda tidak parkir mobil di tempat yang tidak ada atapnya. Sebab, bisa saja pada siang harinya, terik matahari langsung terbit setelah hujan lebat. Hal ini sangat mempengaruhi keadaan lampu mobil sehingga jadi buram. Maka demi mencegah kaca lampu mobil buram, baiknya Anda memarkirkan mobil di tempat teduh.

Gunakan Wax Mencegah Kaca Lampu Mobil Buram

Jika kaca lampu mobil belum buram atau sudah dibersihkan, maka ada baiknya Anda mengoleskan cairan wax di kaca headlamp mobil Anda. Dengan menggunakan cairan ini pada kaca lampu mobil, maka headlamp akan terlindungi dari cuaca yang suka berubah ekstrim setiap harinya sehingga lampu mobil tidak akan dipengaruhi dan menjadi buram dalam waktu singkat.

Itulah 3 cara mencegah atau membersihkan kaca lampu mobil buram. Dengan memperhatikan poin-poin di atas tentu Anda bisa menghindari kaca headlamp mobil jadi buram. Jika kaca lampu mobil buram. Mobil pasti akan terlihat lebih lusuh dan bisa jadi ketika dijual, harganya langsung turun drastis. Pastikan saat Anda membeli mobil, kaca lampu mobil buram ini benar-benar harus diperhatikan.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website momobil.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”