KALEIDOSKOP 2021: Mobil-Mobil Sultan Yang Meluncur Di Tanah Air (BAGIAN 2)

ulinulin.com – JAKARTA – Tahun 2021 menjadi momen kebangkitan kembali pasar otomotif di Indonesia setelah sempat melesu dilanda pandemi tahun 2020. Banyak mobil menarik yang resmi meluncur di Tanah Air, tidak terkecuali mobil-mobil mewah dan eksotis.

Melanjutkan daftar mobil-mobil mewah sebelumnya di bagian pertama, kini kembali kami sajikan apa saja mobil mewah dan mahal yang telah meluncur selama tahun 2021. Mobil-mobil ini tentunya selain punya harga yang tinggi, juga punya nilai eksklusif karena alokasi unitnya yang tidak banyak.

Audi RS4 AvantPT Garuda Mataram Motor (GMM) resmi menghadirkan generasi baru dari model berbasis A4 Avant yang berperforma ganas. Audi RS4 Avant menjadi alternatif yang lebih kompak dari model station wagon kencang ikonik Audi, yaitu RS6 Avant. Menu utamanya bersumber dari mesin V6 2.9 liter twin-turbo dengan tenaga 450 hp dan torsi mencapai 600 Nm yang dialirkan ke seluruh roda, melalui sistem penggerak Quattro khas Audi. Meskipun mengusung konsep kendaraan keluarga kemampuan akselerasi 0-100 km/jamnya bisa dicapai dalam waktu 4,1 detik.

Dengan mengisi segmen station wagon di kelas premium, Audi RS4 Avant tidak punya saingan langsung di Indonesia, karena BMW M3 tidak punya versi Touring dan Mercedes-AMG C63 juga tidak ditawarkan dalam versi Estate. Untuk menebusnya, PT Garuda Mataram Motor membanderolnya dengan harga Rp 2,799 miliar off the road.

BMW M4 x KITH Pada gelaran GIIAS 2021 lalu, BMW memboyong M4 x KITH yang memiliki profil teknis yang sama dengan BMW M4 Competition Coupé. Desainnya yang ikonik disentuh ulang oleh brand streetwear asal New York Kith dan menghadirkan beberapa ubahan yang lebih nyentrik di bagian eksterior dan interiornya. Dibuat dalam jumlah yang sangat terbatas, BMW M4 x KITH ini tetap menggunakan bekal mesin 6 silinder 3.0 liter TwinPower Turbo yang menghadirkan tenaga 510 hp dan torsi 650 Nm. Di Indonesia mobil ini hanya tersedia satu unit, sementara 149 lainnya tersebar di seluruh dunia dengan banderol yang mencapai Rp 3 Miliar off the road.

Lexus ES 300h Kehadiran New Lexus ES Hybrid merupakan salah satu model premier yang diluncurkan oleh PT TAM di GIIAS 2021 bersamaan dengan model konsep Lexus LF30 Electrified. Pada generasi terbarunya ini Lexus ES Hybrid 2021 menawarkan tampilan eksterior terbaru dan mengusung Lexus Hybrid Drive generasi ke-empat.

Mengusung mesin berkode A25A-FXS 4 silinder 2.5L hybrid mampu menghasilkan output maksimal hingga 215 hp dan torsi puncak yang mencapai 202 Nm. Selain itu, ia juga mampu berakselerasi dari posisi diam hingga 100 km per jam dalam waktu 8,9 detik. Lexus Indonesia membanderol ES300h ini dengan harga Rp 1,217 miliar off the road.

Menu baru yang terdapat pada Lexus ES Hybrid juga terdapat di layanan hiburannya yang kini menggunakan layar sentuh berukuran 12,3 inci Touch Center Display. Selain itu New Lexus ES Hybrid juga didukung dengan beragam fitur keselamatan di antaranya Blind Spot And Lane Departure Warnings Accident Avoidance System, Pre-Collision Safety System, Stability Control, Emergency Braking System dan Remote Anti Thief Alarm System.

Tesla Cybertruck Meski hanya hadir dalam bentuk replika di ajang Indonesia International Motor Show 2021 namun Tesla Cybertruck ini sudah dapat dipesan oleh konsumen di tanah air. Dengan banderol di bawah Rp 2 Miliar, konsumen bisa memilih tiga varian dengan satu motor, dua motor dan tiga motor elektrik.

Pada varian tertinggi yang dilengkapi tiga motor berpenggerak all-wheel drive, Tesla Cybertruck ini mampu melesat dari kecepatan nol ke 100 km/jam dalam 2,9 detik dan membuatnya sebagai mobil pikap terkencang yang pernah diproduksi.

Sementara itu, berbicara mengenai kemampuan daya tempuh, Tesla Cybertruck varian termurah dapat menempuh jarak 250 mil atau sekitar 402 km dalam sekali pengecasan hingga penuh. Sedangkan untuk varian menengah Cybertruck, dapat menempuh jarak hingga 300 mil atau setara 482 km dan varian tertingginya sanggup berjalan hingga 500 mil atau sekitar 804 km.

Mercedes-Benz S-Class Menjelang akhir tahun, Mercedes-Benz Indonesia menghadirkan S 450 4MATIC Luxury yang dirakit secara lokal di pabrik Wanaherang. Tidak ada perbedaan dengan model impor, S 450 4MATIC Luxury mengusung mesin inline-6 berkapasitas 2.999cc yang dikawinkan dengan transmisi otomatis sembilan percepatan 9G-Tronic. Mesin tersebut mampu memproduksi tenaga maksimal hingga 367 hp dengan torsi maksimum 500 Nm. Kereta kencana yang biasa digunakan sebagai kendaraan dinas presiden ini dibanderol dengan harga Rp 2,5 Miliar atau lebih murah dari versi CBUnya.

Toyota GR Yaris Karena diproduksi dalam jumlah yang terbatas dan menggunakan desain yang mendukung pengendaraan yang dinamis, Toyota GR Yaris menjadi salah satu kendaraan termahal yang pernah dijual di Tanah Air. Bagaimana tidak, banderolnya tembus menjadi Rp 800 jutaan dan hanya tersedia 125 unit untuk konsumen Indonesia. Toyota GR Yaris memiliki performa yang sama dengan versi WRC (World Rally Championship) yakni mesin 1.600 cc, 3 silinder turbocharged dengan penggerak 4WD.

Selain itu, bodi GR Yaris dibuat lebih ringan berkat atap yang memiliki material plastik campuran carbon fiber, pintu, kap mesin dan tutup bagasi dibentuk dari aluminium. Bumper pun dibuat ringan. Bahkan menurut beberapa yang pernah melihat langsung, bemper bisa melengkung hanya dengan ditekan oleh tangan. Total, bobot mobil ini hanya 1.279,5 kg.

Hyundai PalisadeSaat diluncurkan di tanah air, Hyundai Palisade menjadi salah satu model mewah yang dipasarkan oleh pabrikan di Indonesia. Dimensinya sangat besar dengan panjang 4.980 mm, tinggi 1.750 mm dan lebar 1.975 mm membuatnya terlihat lebih bongsor dibandingkan dengan Toyota Land Cruiser yang mengisi segmen serupa.

Desainnya tidak terlihat seperti kendaraan produksi merk Asia, malah dekat dengan style kendaraan Amerika yang kotak dan memiliki guratan atletis di sekujur bodinya. Sementara pada sektor performanya Hyundai Palisade mengusung mesin 4-silinder diesel, R 2.2L CRDi e-VGT yang menghasilkan tenaga 197 hp dan torsi puncak yang mencapai 400 Nm.

Mesin tersebut dikawinkan dengan sistem transmisi otomatis 8-percepatan dan tersedia pula pilihan dengan penggerak All Wheel Drive. PT Hyundai Motor Indonesia membanderol Palisade dengan harga mulai dari Rp 777 Juta hingga Rp 1,078 Miliar untuk varian tertinggi.ALVANDO NOYA / WH

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carvaganza.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”