Kamojang Ecopark, Objek Wisata Hits & Kekinian di Garut

ulinulin.com – Kamojang Ecopark salah satu destinasi wisata alam yang hits di Samarang, Kabupaten Garut. Anda bisa bersantai, hunting foto, mencoba wahana permainan hingga kulineran di objek wisata kekinian dengan suasana sejuk dan pemandangan indah ini.

Kota Garut belakangan memang mulai terlihat geliat pariwisatanya. Ada banyak tempat menarik yang bisa Anda jelajahi saat liburan di Garut. Salah satunya adalah Kamojang Ecopark yang akan membuat liburan Anda semakin berkesan. Masih terbilang baru, tempat wisata ini memiliki beberapa pesona yang bisa Anda intip dalam ulasan berikut.

Sekilas Tentang Wisata Kamojang Ecopark

Menghabiskan waktu liburan di wisata alam yang menyejukkan mata memang menjadi banyak pilihan masyarakat. Anda bisa menikmati panorama indah dengan udara sejuk yang menenangkan. Di Garut, kini hadir destinasi wisata alam yang masih terbilang baru. Dengan kehadiran destinasi ini, tentu akan menjadi alternatif bagi masyarakat sekitar untuk liburan.

Terutama kaum milenial yang tak perlu jauh jauh lagi ke kota lainnya untuk menemukan wisata kekinian. Saat ini tren tempat wisata memang selalu menghadirkan banyak spot untuk mengambil swafoto. Begitu juga dengan Kamojang Ecopark yang akan memfasilitasi kegiatan mengambil foto instagramable ini.

Wisata alam ini merupakan destinasi yang baru dibuka di tahun 2018 silam. Kawasan dataran tinggi dengan hawa sejuk menjadi atraksi utama yang akan ditemukan oleh wisatawan. View khas pegunungan dengan deretan pinus yang rindang membuat siapapun akan betah menghabiskan waktu di tempat satu ini.

Menariknya objek wisata ini seringkali berbalut kabut dengan udara sejuk mendekati dingin. Alam yang tenang akan mampu mengusir segala penat anda. Anda bisa berkunjung dengan keluarga maupun teman teman Anda ke Kamojang Ecopark ini. Destinasi kekinian ini juga menawarkan berbagai kegiatan yang akan membuat liburan Anda semakin berkesan.

Daya Tarik yang Dimiliki Kamojang Ecopark

Daya tarik utama yang bisa Anda nikmati ketika menginjakkan kaki di tempat wisata hits Garut ini adalah area hutan pinusnya yang luas. Pohon pinus ini ditata dengan rapi dengan venue terbuka yang berada di tengah area hutan pinus. Tak hanya itu, Anda juga akan menemukan area tebing yang kerap kali dijadikan spot untuk mengambil foto cantik.

Keindahan ini memang semakin pas jika disandingkan dengan udaranya yang sejuk. Masih menjadi satu kawasan dengan Gunung Kamojang, destinasi ini akan menjadi terapi yang mujarab untuk menghilangkan penat. Daya tarik yang dimiliki wisata terbaru di Garut ini tak hanya pada pemandangan dan udaranya saja, Anda juga bisa menemukan hal menarik lainnya.

Bisa dikatakan jika wisata satu ini merupakan perpaduan antara wisata alam yang telah mendapatkan sentuhan modernisasi. Karena Anda juga bisa menemukan beberapa wahana permainan di sini. Wahana ini tak hanya disuguhkan untuk pengunjung dewasa, namun juga tersedia wahana anak anak. Wisata satu ini memang terbilang ramah untuk liburan keluarga.

Daya tarik lainnya terletak pada wahana selfienya yang bisa Anda temukan di berbagai sudut. Pengelola memang sengaja membuat dekorasi yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung untuk mengabadikan momen liburan mereka. Tidak hanya bisa mengambil foto dengan latar belakang pepohonan pinus, Anda juga bisa menemukan gardu pandang di sini.

Tidak ketinggalan spot kekinian seperti ayunan, sangkar burung hingga spot yang dikenal dengan gerbang langit. Bahkan Anda juga bisa merasakan mengambil gambar dengan suasana Jepang yang kental. Di tempat satu ini, Anda bisa menyewa busana Kimono untuk mengambil foto. Tak heran jika wisata hits Garut ini kerap kali jadi tempat prewedding.

Tempat satu ini memang sangat cocok untuk kawula muda yang ingin menghabiskan akhir pekan atau liburan mereka. Pasalnya di kawasan ini juga tersedia cafe dengan konsep kekinian yang selalu jadi jujugan. Menikmati berbagai kuliner dengan suasana hutan pinus akhir akhir ini memang sedang tren. Pengunjung juga bisa sekalian berburu foto atau menjajal wahana.

Kamojang Ecopark termasuk destinasi wisata yang lengkap. Anda bisa merasakan sejuknya udara pegunungan lengkap dengan pemandangan khas dataran tinggi. Menyediakan banyak spot foto hingga wahana juga akan membuat pengunjung tidak bosan. Untuk itu, jika Anda sedang berada di Garut tak ada salahnya untuk menghabiskan waktu di wisata kekinian satu ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Kamojang Ecopark

Tidak hanya harus mengetahui harga tiket dan jam bukanya, Anda juga harus tahu alamat serta rute menuju destinasi satu ini. Lokasi tempat wisata ini ada di pinggir jalan yang menghubungkan antara Samarang dan Kamojang. Tepatnya berada di Jl. Samarang garut, Cisarua, Kecamatan Samarang, Garut. Kamojang Ecopark memang berada di batas wilayah Garut Bandung.

Anda bisa menjadikan gerbang batas wilayah ini sebagai patokan. Tempatnya terbilang mudah untuk dikenali, karena Anda berada di pinggir jalan besar. Anda tidak akan menemukan jalan besar lainnya selain jalan ini. Untuk Anda yang memulai perjalanan dari Garut, Anda bisa menggunakan rute yang paling mudah.

Yakni melajukan kendaraan menuju Samarang, kemudian mengambil arah belok kanan menuju arah Kamojang. Tak lama Anda akan menemukan kawasan ecopark dari jalan ini. Lokasinya berada di sebelah kiri jalan jika Anda dari Garut. Dan pastikan tetap berhati hati karena jalannya terbilang kecil juga banyak lubang.

Bagi Anda yang memulai perjalanan dari Bandung, Anda bisa langsung menuju daerah Majalaya. Setelah itu dilanjutkan menuju Ibun dan ke Kamojang barulah Anda tiba di lokasi wisata ini. Rute ini bisa dikatakan menantang, karena Anda akan menemukan banyak tanjakan yang curam. Untuk itu pastikan kendaraan Anda dalam kondisi sehat.

Walaupun medannya cukup menantang, namun kondisi jalannya sudah memadai dengan jalan beton. Nantinya Anda akan melalui jembatan monteng serta Kawah Kamojang sebelum sampai di Kamojang Ecopark. Perjalanan di sore dan malam hari tak disarankan, maka ada baiknya Anda datang saat siang hari saja.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional Kamojang Ecopark

Untuk menikmati berbagai pesona alam yang tersaji, tentu pengunjung akan dikenakan biaya. Tapi tenang saja, harga tiket masuk Kamojang Ecopark tidak akan membuat kantong Anda jebol. Anda hanya perlu menyiapkan budget mulai dari Rp 17 ribu untuk tiket masuk. Dengan membayar tiket masuk tersebut, Anda juga sudah bisa mendapatkan satu botol minuman Cuma Cuma.

Harga tiket tersebut berlaku untuk semua pengunjung dari berbagai usia. Dan masih belum termasuk dengan biaya wahana maupun tarif parkir kendaraan anda. Retribusi parkir mulai dari Rp 5 ribu untuk kendaraan roda dua dan Rp 10 ribu untuk mobil. Tentu saja harga tiket maupun retribusi ini bisa naik sewaktu waktu sesuai kebijakan dari pengelola.

Sementara untuk wahana yang ada, pengunjung bisa menyiapkan dana mulai dari Rp 10 ribu hingga Rp 30 ribu. Anda bisa mengunjungi tempat wisata di Garut ini setiap hari, karena memang buka dari Senin Hingga Minggu. Untuk jam bukanya mulai pukul 08.00 pagi hingga 17.00 WIB. Waktu terbaik mengunjungi tempat ini adalah saat siang hari, karena sore atau pagi biasanya tertutup kabut.

Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan di Kamojang Ecopark

1. Menikmati Pemandangan Indah

Hal pertama yang pasti akan dilakukan oleh pengunjung adalah menikmati keindahan tempat wisata ini. Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, Kamojang Ecopark memang memiliki panorama khas pegunungan yang hijau. Udaranya yang sejuk juga mendukung pesonanya, bisa dikatakan jika wisata satu ini sangat mengandalkan alam sekitarnya.

Pemandangan perbukitan dengan pepohonan yang menjadi latarnya akan mengundang decak kagum. Anda juga bisa menyaksikan deretan pegunungan yang tampak dari kejauhan. Ketika langit sedang cerah, semuanya semakin sempurna berpadu dengan langit biru. Walaupun ketika pagi atau sore menjelang sudah berselimut kabut.

2. Mencoba Wahana Permainan

Kamojang Ecopark menghadirkan berbagai wahana yang juga akan membuat liburan Anda makin seru. Salah satu wahana yang menjadi andalan adalah Ayunan tinggi yang lokasinya ada di Lembah Brokoli. Dengan menaiki ayunan ini Anda tak hanya bisa menikmati pemandangan tetapi juga menantang adrenalin Anda, cocok juga untuk jadi spot mengambil foto.

Ayunan ini dibuat dari kayu dengan pegangan yang begitu kuat. Tenang saja, di sisi kanan juga kirinya menggunakan kayu yang kokoh. Pengunjung akan mengayun dari berbagai ketinggian. Wahana sepeda udara juga seru dan tak boleh Anda lewatkan. Atau Anda akan meluncur dari ketinggian dengan menggunakan flying fox. Ada juga ATV untuk berkeliling area wisata ini.

3. Berburu Foto Kekinian

Jika Anda singgah di wisata alam ini, pastika membawa kamera terbaik Anda dan memiliki penyimpanan yang lega. Sebab, ada banyak spot yang bisa Anda manfaatkan untuk mengambil foto kekinian. Dari pertama masuk, Anda sudah bisa menemukan spot foto dengan tulisan Kamojang Ecopark. Semakin masuk, di berbagai sudutnya Anda juga bisa mengambil gambar.

4. Kulineran di Tengah Hutan

Kegiatan seru yang juga tak pernah dilewatkan pengunjung adalah nongkrong serta kulineran di tengah hutan. Memang ada cafe ala rumah pohon yang begitu unik untuk melepas lelah setelah berjalan jalan. Konsep yang diusung konsep outdoor dan menyediakan berbagai menu. Tenang saja, harga makanan di cafe ini aman di kantong.

Fasilitas yang Tersedia di Kamojang Ecopark Garut

Menawarkan banyak kegiatan yang menyenangkan, Anda juga akan menemukan beberapa fasilitas umum di wisata satu ini. Objek wisata ini memang telah didukung dengan fasilitas umum yang terbilang memadai. Seperti area parkir yang terbilang luas untuk menampung kendaraan Anda, dan tentunya sudah memiliki standar keamanan.

Selain itu, Anda juga bisa menemukan mushola sebagai tempat ibadah. Tidak ketinggalan hadirnya toilet yang juga bisa dimanfaatkan pengunjung. Bagi Anda yang ingin merasakan suasananya lebih lama, Anda bisa camping di area camping groundnya. Kamojang Ecopark juga memiliki Kamojang Green Hotel dan Resort sebagai tempat bermalam anda.

Bagi Anda yang ingin kulineran, tentu bisa langsung mengunjungi cafenya. Semua fasilitas yang ada di kawasan wisata alam ini memang masih dalam tahapan pengembangan. Sehingga ada beberapa yang masih terkesan seadanya. Namun perlahan tapi pasti, ecopark di Garut ini akan terus berbenah dan menyediakan fasilitas yang memanjakan pengunjung.

Anda bisa menjadikan tempat wisata di Garut ini sebagai alternatif tujuan liburan. Anda bisa merasakan udara sejuk khas pegunungan dengan pemandangan indah. Bahkan rasanya mengunjungi Kamojang Ecopark memang tidak puas jika hanya sebentar. Maka dari itu Anda bisa sekalian camping atau menginap untuk mendapatkan pengalaman liburan yang lebih puas.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website javatravel.net. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”