Kapan Anak Mulai Dibawa ke Dokter Gigi?

ulinulin.com – Kesehatan anak di masa kini bisa berdampak pada kesehatannya di masa depan. Memang, terkadang kita sibuk memperhatikan tumbuh kembangnya, tapi kesadaran membawa anak terutama sejak usia dini ke dokter gigi itu penting, Bunda.

Kapan sebaiknya anak pertama kali ke dokter gigi? Bunda dapat membawa anak pada usia dini, para ahli merekomendasikan untuk membawanya dalam waktu 6 bulan setelah gigi pertama tumbuh (erupsi), atau paling lambat sekitar 12 bulan.

Pada kunjungan pertama, berikan dokter gigi riwayat kesehatan lengkap anak. Jangan lupa juga beri tahu dokter gigi jika anak cenderung keras kepala, menantang, cemas, atau takut dalam situasi lain.

Kunjungan pertama ke dokter gigi

Dilansir laman resmi Stanford Medicine Children’s Health, kunjungan gigi pertama anak adalah untuk membantu anak merasa nyaman dengan dokter gigi. Kunjungan gigi pertama direkomendasikan pada usia 12 bulan atau dalam waktu 6 bulan sejak gigi pertama tumbuh.

Kunjungan pertama biasanya berlangsung selama 30 hingga 45 menit. Tergantung pada usia anak, kunjungan mungkin termasuk pemeriksaan lengkap gigi, rahang, gigitan, gusi, dan jaringan mulut untuk memeriksa pertumbuhan dan perkembangan.

Jika perlu, Si Kecil mungkin juga melakukan pembersihan yang lembut. Ini termasuk memoles gigi dan menghilangkan plak, karang gigi, dan noda.

Dokter gigi mungkin menunjukkan kepada Bunda dan Si Kecil cara pembersihan di rumah yang tepat seperti flossing, memberikan informasi tentang perlunya fluoride, gigi susu yang akan tanggal, hingga rontgen gigi bila nanti diperlukan.

Kunjungan kedua ke dokter gigi

Sama seperti orang dewasa, anak-anak perlu mengunjungi dokter gigi setiap 6 bulan sekali. Beberapa dokter gigi mungkin menjadwalkan kunjungan lebih sering, misalnya setiap 3 bulan.

Hal ini dapat membangun kenyamanan dan kepercayaan diri pada anak. Kunjungan yang lebih sering juga dapat membantu mengawasi masalah perkembangan.

Sementara, dilansir laman resmi Super Dentist, anak-anak tidak mesti setiap 6 bulan sekali setelah kunjungan pertama kali. Setelah kunjungan gigi pertama pada usia 1 tahun, mereka tidak perlu ke dokter gigi lagi selama sekitar 3 tahun. Jadi tunggu di usia 4 tahun. Kenapa?

Usia 4 merupakan usia kritis bagi seorang anak untuk memperbaiki kebiasaan oral yang buruk seperti mengisap atau mengunyah jari dan ibu jari. Dengan kunjungan gigi usia 4 tahun, dokter gigi dapat memperkuat strategi untuk membantu anak mengatasi kebiasaan buruk ini dengan cepat dan efektif.

Lagi-lagi, ini tentang pendapat masing-masing dokter gigi anak Bunda. Nah, jika anak merasa takut atau cemas ketika diajak pertama kali ke dokter gigi. Bunda tidak perlu khawatir, ikuti beberapa tips di halaman berikutnya, ya.

    20 Dongeng Sebelum Tidur Penuh Makna dan Mendidik

    15 Ciri-ciri Strict Parents Disebut Pola Asuh Kaku, Apa Dampaknya untuk Anak?

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website haibunda.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”