Kata Dokter soal Bawang Merah yang Disebut Ampuh Turunkan Demam Anak

ulinulin.com – Pemerintah dengan tegas mengumumkan memberhentikan sementara obat-obatan dalam bentuk sirop atau cair, Bunda. Hal ini dilakukan untuk menginvestigasi zat Etilen Glikol dan Dietilen Glikol yang diduga menyebabkan gagal ginjal akut pada anak.

Kabar ini lantas membuat banyak orang tua panik dan was-was, Bunda. Bukan tanpa alasan, ada banyak obat paracetamol sirop yang biasa digunakan untuk meredakan demam pada anak.

Beberapa orang tua menerima keputusan pemerintah dan berusaha mencari alternatif lain untuk obat demam anak. Salah satunya adalah dengan menggunakan bawang merah.

Bawang merah merupakan salah satu bumbu masak yang memiliki berbagai manfaat. Namun, amankah jika bawang merah digunakan sebagai pereda demam anak?

Bawang merah sebagai obat demam anak

Menurut dokter spesialis anak, dr. K.S. Denta, M.Sc, Sp.A, bawang merah yang biasa diusap di dahi anak bisa menyebabkan iritasi, Bunda. Terlebih jika hal ini dilakukan pada anak yang memiliki kulit sensitif.

“Jadi kalau diusap-usap itu sebenarnya kan bikin iritasi, ya. Buat bayi-bayi dan anak-anak yang punya kulit sensitif, setelah dibalurin bawang itu dia jadi lecet, jadi gatal. Malah kontradiktif dengan niat awalnya yang mau nurunin panas, bisa jadi malah makin panas,” katanya kepada HaiBunda ketika ditemui di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Jumat (21/10/2022).

Lebih lanjut, dokter Denta mengatakan anak yang demam tidak selalu harus diberikan obat. Ketika demamnya masih di bawah 38 derajat, Bunda bisa menurunkan demamnya dengan memberi Si Kecil banyak air minum dan mengompres dengan air hangat.

“Sebenarnya kan sederhananya kalau misalkan demamnya masih ringan di bawah 38 derajat, kita bisa mengurangi menurunkan suhunya dengan minum yang agak lebih banyak lebih sering, terus kompres air hangat di lipatan2 tubuh, ketiak, selangkangan, terus bisa juga dengan memakai pakaian yang tipis. Jadi panasnya itu keluar secara alami,” ungkapnya.

“Nah kalau misalnya kayak gitu masih demam tinggi, baru kita mempertimbangkan untuk minum obat,” sambungnya.

Tak hanya pada demam anak, penggunaan bawang merah juga tidak direkomendasikan untuk kerokan Si Kecil. Apa alasannya?

Simak penjelasan dr. Denta selengkapnya di laman berikutnya, Bunda.

    20 Dongeng Sebelum Tidur Penuh Makna dan Mendidik

    Fakta Paracetamol Sirop: Larangan Konsumsi & Langkah Tepat Obati Anak Demam

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Jangan lupa saksikan juga video kondisi yang terjadi jika anak terkena gangguan ginjal akut menurut dokter berikut ini:

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website haibunda.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”