Kawah Darajat, Destinasi Wisata Alam dengan Sejuta Pesona di Garut

ulinulin.com – Kawah Darajat merupakan salah satu destinasi yang banyak dikunjungi para wisatawan di Kabupaten Garut. Kawasan ini adalah tempat untuk surganya dunia. Pemandangan khas pegunungan, udara yang sejuk, kawasan berlembah, dan pantulan cahaya dari kawah membuat mata yang melihat akan terpesona dan badan terasa dimanjakan dengan hangatnya air kawah.

Selain memiliki keindahan alam yang memukau, ternyata kawah ini juga berfungsi sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Panas (PLTP). Amoseas Indonesia adalah perusahaan yang mengelola pembangkit listrik ini, yang dibantu dengan PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan PT. Pertamina. Kawah ini memiliki tenaga listrik yang sangat besar, bahkan untuk Pulau Bali dan Jawa.

Terdapat tiga obyek wisata di Kawah Darajat, yang diberi nama dengan Darajat Pass. Ada yang bernama Puncak Darajat, Awit Sinar Malam, dan Waterpark Darajat. Obyek wisata inilah yang menambah keunikan dengan adanya tempat wisata lain di satu wisata. Kawah ini berwarna hijau dan mengeluarkan asap, jika semakin ke tengah makan air akan terasa sangat panas.

Daya Tarik yang Dimiliki Kawah Darajat

Kawah Darajat adalah tempat dari beberapa barisan Gunung Papandayan yang memiliki jenis gunung aktif dan memiliki 2 kawah besar, serta 25 buah sumur atau lubang kawah. Lubang kawah inilah yang biasanya digunakan untuk tempat Pembangkit Listrik Tenaga Panas (PLTP). Kawah ini bermanfaat untuk warga Indonesia sekaligus memiliki keindahan yang menjadi daya tarik sendiri.

1. Uap Kawah yang Panas

Air kawah menghasilkan uap panas yang dapat digunakan untuk pembangkit listrik. Selain itu, bermanfaat juga untuk pemandian air panas dan dapat mengobati berbagai macam penyakit. Sangking panasnya bisa untuk memasak, contohnya pengunjung dapat merebus telur di area lubang kawah yang kecil.

Ada lima buah kawah aktif yang tidak boleh didekati degan pengunjung, kawah tersebut diberi pagar sebagai pembatas dan dikelilingi dengan bukit hijau. Tanda kawah masih aktif terletak pada tanah yang berupa menjadi warna putih kekuningan.

2. Pemandangan Indah dari Pegunungan dan Perkebunan

Pemandangan yang mengelilingi sekitar Kawah Darajat berupa pegunungan dan perkebunan warga. Pengunjung akan dibuat takjub dengan hamparan hutan pegunungan sekaligus perkebunan teh. Selain itu, hembusan angin yang sejuk dengan terpaan angin yang bercampur bau belerang membuat pengunjung merasa nyaman seketika.

3. Memiliki Kualitas Lingkungan yang Terjaga

Selain memiliki pemandangan alam yang memukau, kualitas alamnya sangat baik. Kebersihan di wisata ini sangat diperhatikan, sehingga membuat ekosistem alam tidak terganggu. Selain itu, bentang alamnya pun baik, terbukti dengan rapinya barisan area pegunungan.

4. Memiliki Mata Air yang Mendidih

Kawah Darajat mengandung mata air mendidih yang langsung dipanaskan dari dalam bumi. Jika dipergunakan dengan baik kandungan belerang dari air mendidih dapat menyembuhkan penyakit kulit. Namun, pengunjung tidak diperbolehkan untuk mendekat karena takut bila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Objek wisata ini terletak di Provinsi Jawa Barat, tepatnya di Garut desa Padaawas Kecamatan Pasirwangi. Kawah Darajat berada di ketinggian 1.920 meter dari atas permukaan laut. Dengan medan lokasi yang berlembah dan berbukit, memiliki kemiringan lahan yang curam tetapi daya serap tanah sangat baik. Sehingga jarang sekali terjadi bencana longsor besar.

Para wisatawan yang ingin berkunjung ke lokasi ini dapat menempuh waktu sekitar 50 menit dengan jarak 30 km dari Kota Garut. Untuk rute dari Kota Garut ke Jalan Bratayuda masuk ke Jalan pasundan, kemudian cari Jalan Cikamiri yang nantinya akan masuk ke Jalan Samarang. Lalu menemukan Jalan Pasirwangi menuju ke Jalan Puncak Darajat dan akan tiba ke lokasi.

Pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi dengan transportasi motor dan mobil. Selain itu, terdapat angkot dan bus jurusan Pasirwangi yang dapat mengantar Anda ke lokasi wisata ini. Perjalanan selama menuju lokasi terbilang mudah, karena destinasi ini telah terkenal maka telah tersedia beberapa plang sebagai penunjuk arah.

Untuk pengunjung yang baru ke wisata ini dan masih belum tahu lokasi tepatnya dapat menanyakan kepada warga Garut. Selain itu, juga dapat menggunakan aplikasi Goggle Maps agar perjalanan liburan Anda terasa mudah.

Harga Tiket Masuk Wisata Kawah

Kawah Darajat atau Darajat Pass memiliki tiga kawasan wisata yang dapat dinikmati oleh pengunjung. Ketiga wisata tersebut berlokasi berdekatan, untuk menuju ke wisata ini pengunjung tidak dikenakan biaya apa pun. Hanya membayar tempat parkir, untuk motor berjumlah Rp 5.000 sedangkan mobil Rp 10.000.

Namun, untuk menikmati kawasan wisata pengunjung harus membayar tiket berbeda. Kawasan pertama bernama Puncak Darajat, tempat dimana lokasi kawah secara langsung berada. Pengunjung harus membayar tiket sekitar Rp30.000. Untuk menuju lokasi, pengunjung harus berjalan kaki terlebih dahulu.

Kawasan kedua bernama Awit Sinar Malam, wisata ini adalah tempat pemandian atau kolam air panas. Tempat ini dikhususkan untuk berendam dan untuk menyembuhkan penyakit. Untuk memasuki lokasi ini pengunjung dikenakan biaya Rp 35.000 untuk dewasa dan Rp 25.000 untuk anak-anak. Objek wisata yang berdekatan dengan Waterpark Darajat.

Kawasan ketiga bernama Waterpark Darajat, tempat yang paling disukai para keluarga. Terdapat kolam renang beserta wahana-wahana permainan. Bahkan terdapat juga kolam yang tidak berisi air panas. Untuk masuk ke lokasi ini pengunjung harus membayar Rp 40.000 untuk dewasa dan Rp 30.000 untuk anak-anak.

Pengunjung yang ingin berlibur bersama keluarga atau pun pasangan dapat datang ke Kawah Darajat. Jangan khawatir untuk mencari waktu yang pas, karena wisata ini buka setiap hari selama 24 jam.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Kawah Darajat

Waktu libur merupakan tempat kita bersenang-senang, bersantai, refleshing, dan lain sebagainya. Hal itu, dapat Anda cari dengan melakukan kegiatan yang disenangi. Kawah Darajat bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda melakukan kegiatan tersebut. Karena terdapat berbagai tempat yang sangat menarik untuk dikunjungi.

1. Trekking ke Kawah Darajat

Bagi pecinta trekking dapat melakukannya menuju lokasi kawah. Untuk menuju ke Puncak Darajat Anda harus berjalan kaki atau melakukan trekking, jalan yang masih curam dapat membuat Anda merasa tertantang.

2. Menikmati Bentang Alam yang Mempesona

Kawasan ini memiliki bentang alam yang sangat indah, pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan alami pegunungan serta perkebunan yang tertata di kawasan kaki gunung. Selain itu, diselimuti dengan kabut khas pegunungan. Udaranya sangat sejuk dan anginya bercampur dengan bau belerang membuat fikiran menjadi fresh.

3. Melakukan Terapi

Air panas yang berasal dari sumber Kawah Darajat bisa menjadi terapi untuk penyembuhan berbagai penyakit. Dari rematik, asam urat, penyakit kulit, dan lain sebagainya. Pengunjung bisa melakukannya dengan berendam atau berenang di kawasan Awit Sinar Malam. Selain itu, pengunjung juga bisa melakukan relaksasi dengan menikmati suasana yang tenang.

4. Bermain Air

Kegiatan ini yang paling banyak disukai oleh keluarga. Karena terdapat tempat waterbom atau waterpark yang disertai dengan wahana-wahana permainan yang seru. Sambil bermain dan berenang pengunjung akan merasakan sejuknya suasana di kawasan pegunungan.

5. Berfoto

Kegiatan ini yang tidak boleh ketinggalan, terdapat spot-spot foto yang unik dan menarik khas alam serta buatan. Pemandangan alam, pipa-pipa penyalur uap, perkebunan, dan tempat-tempat wisata bisa menjadi background yang cantik untuk foto-foto Anda.

6. Tempat Honeymoon Paling Nyaman

Bagi pasangan pengantin baru, tempat ini bisa menjadi salah satu rekomendasi yang dapat dikunjungi. Di wisata cantik ini terdapat penginapan dan hotel mewah yang dapat membuat nyaman para wisatawannya. Selain itu, menikmati pemandangan bersama pasangan adalah hal yang sangat romantis.

7. Bersepeda Gunung

Para pengunjung yang suka kegiatan traveling dengan bersepeda, tempat ini bisa menjadi tantangan. Jalur yang masih curam dan memiliki banyak medan membuat Anda akan merasakan sensasi yang berbeda.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Setiap tempat agar terlihat nyaman dan cantik membutuhkan perabotan atau pun fasilitas. Begitu pun dengan Kawah Darajat memerlukan fasilitas untuk mendukung kenyamanan dan menambah keindahan lokasi tersebut. Fasilitas yang telah disediakan pun berbagai macam, disesuaikan dengan kebutuhan para pengunjung.

Fasilitas yang ada seperti tempat penginapan, hotel mewah, pemandian air panas, permainan anak-anak, restoran, warung makan kecil, toko kesehatan, toko oleh-oleh, gazebo, mushola, toilet, hingga tempat parkir. Fasilitas inilah yang menjadi tempat kenyaman para pengunjung, sehingga betah berlama-lama liburan di kawasan ini.

Selain wisata, ada juga beberapa fasilitas tambahan untuk mendukung keindahan sekaligus keseruan dari objek wisata ini. Fasilitas tersebut berupa sepeda gunung, perlengkapan trekking, wahana permainan, alat-alat terapi, dan masih banyak lagi. Wisata inilah yang menjadi favorit liburan turis asing maupun warga lokal.

Untuk Anda yang menginginkan liburan di alam yang bebas, aman, serta memiliki fasilitas yang lengkap, datanglah ke Kawah Darajat Garut. Pastinya Anda akan menemukan sensasi yang selama ini dicari. Selain itu, ada banyak kegiatan yang dapat Anda lakukan dengan seru dan membuat Anda fresh.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website javatravel.net. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”