Kaya Antioksidan, Inilah 6 Manfaat Kembang Kol yang Ampuh Mengatasi Gangguan Kesehatan dan Kecantikan

ulinulin.com

    5SHARES

Manfaat Kembang Kol Untuk Kesehatan Dan Kecantikan (Foto Ilustrasi: Freepik.com)

Dream – Kembang kol menjadi sayuran yang cukup populer, apalagi di Indonesia yang bisa dengan mudah sahabat Dream temukan. Baik di toko sayur, pasar tradisional, hingga supermarket dengan harga terjangkau. Bunga kol ini biasanya diolah menjadi campuran sup yang dikombinasikan dengan sayuran lain, seperti wortel, kentang, kubis, buncis, dan sebagainya.

Selain memiliki cita rasa yang lezat, kembang kol juga memiliki kandungan nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh. Itulah mengapa manfaat kembang kol tidak bisa dianggap remeh. Di dalam sayuran yang memiliki nama latin Brassica oleracea var. botrytis ini terdapat kandungan berupa kalsium, protein, karbohidrat, dan lemak yang mampu melindungi tubuh kamu dari berbagai penyakit.

Oleh karena itu, tak ada salahnya jika sahabat Dream turut memasukkan kembang kol ke dalam daftar belanja harian. Olahlah kembang kol menjadi berbagai hidangan lezat dan sehat sehari-hari untuk keluarga di rumah.

Nah, kira-kira apa saja manfaat kembang kol bagi kesehatan tubuh? Berikut sebagaimana telah dirangkum Dream melalui merdeka.com.

Manfaat Kembang Kol untuk Kesehatan

© Unsplash.com

Melancarkan Pencernaan

Manfaat kembang kol yang pertama adalah bisa melancarkan pencernaan. Saluran pencernaan memiliki peran yang sangat penting bagi tubuh. Karena bagian inilah yang menjadi jalannya makanan yang sudah kita masukkan. Oleh karena itu, penting sekali menjaga organ pencernaan agar saluran pencernaan selalu lancar.

Untuk melancarkan pencernaan, tentunya sahabat Dream membutuhkan asupan serat. Nah, kembang kol adalah salah satu sayuran yang kaya serat dan mampu melancarkan pencernaan serta melawan racun di tubuh. Tak hanya itu saja, kandungan serat itu bisa menghindarkan sahabat Dream dari bahayanya kanker usus besar.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat kembang kol yang sayang jika dilewatkan adalah bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Ya, kekebalan tubuh sangat penting karena berperan menjaga tubuh dari serangan penyakit yang bisa kapan saja datang. Kembang kol sendiri kaya akan antioksidan yang efektif untuk menguatkan imunitas.

Untuk mendapatkan manfaat kembang kol ini, sahabat Dream bisa mengonsumsinya dengan cara mengolah kembang kol menjadi sup atau masakan lainnya. Konsumsilah secara teratur agar kamu terhindar dari berbagai penyakit yang berbahaya.

Manfaat Kembang Kol untuk Kesehatan

© Freepik.com

Membantu Menurunkan Berat Badan

Apakah sahabat Dream saat ini sedang berusaha menurunkan berat badan? Salah satu upaya untuk menurunkan berat badan adalah dengan memerhatikan asupan makanan sehari-hari. Sahabat Dream bisa memilih kembang kol untuk mendukung program dietmu. Kandungan serat serta rendahnya kalori dalam kembang kol bisa memperlambat pencernaan dan membuat kenyang lebih lama.

Selain itu, kembang kol juga kaya akan air yang semakin mendukung sahabat Dream untuk menurunkan berat badan. Dengan mengonsumsi kembang kol, kamu bisa terhindar dari bahaya obesitas.

Mencegah Kanker

Manfaat kembang kol berikutnya adalah bisa mencegah dari penyakit kanker. Ya, kanker sendiri adalah penyakit yang sangat berbahaya dan bisa merenggut nyawa penderitanya. Perlu sahabat Dream ketahui bahwa kembang kol mengandung antioksidan yang memiliki peran penting untuk menurunkan risiko kanker usus besar dan prostat.

Selain itu, kandungan antioksidan di dalam kembang kol juga bisa mencegah seseorang dari terkena penyakit leukemia, melanoma, dan pankreas. Nah, demi terhindar dari bahaya penyakit tersebut, usahakan untuk mengonsumsi kembang kol secara rutin ya, sahabat Dream.

Manfaat Kembang Kol untuk Kesehatan

© Freepik.com

Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut

Manfaat kembang kol tak hanya baik bagi kesehatan fisik saja, tetapi juga bagi kecantikan, terutama bagi kulit dan rambut. Kulit dan rambut adalah bagian luar tubuh yang mudah sekali dilihat orang lain. Bahkan kulit dan rambut kerap kali dijadikan sebagai pendukung penampilan. Sehingga tidak mengherankan jika sebagian besar orang sangat menjaganya dengan baik.

Kembang kol memiliki kandungan berupa vitamin C yang ampuh menjaga kesehatan rambut dan menurunkan risiko rambut rontok. Selain itu, kembang kol juga memiliki kandungan berupa antioksidan yang mampu membersihkan bitnik gelap dan bisa meningkatkan tekstur kulit. Jika sahabat Dream rutin mengonsumsi kembang kol, maka hal ini efektif untuk menguatkan folikel rambut dan rambut kamu pun menjadi lebih sehat.

Mencegah Penuaan Dini

Penuaan dini adalah masalah yang banyak ditakuti. Tak bisa dipungkiri bahwa hal ini berhubungan dengan penampilan seseorang. Biasanya penuaan dini ditandai dengan munculnya kerutan di wajah, kulit wajah yang tampak kusam, dan menurunnya kekencangan kulit. Apalagi seiring bertambahnya usia, kapasitan kulit untuk memperbaiki diri semakin menurun.

Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, sahabat Dream bisa mengonsumsi kembang kol. Di dalamnya terdapat kandungan zat alami, seperti sulforaphane yang efektif untuk memperlambat penuaan. Kemudian senyawa dalam kembang kol juga ampuh untuk melindungi fungsi otak dan sistem saraf.

Itulah beberapa manfaat kembang kol untuk kesehatan dan kecantikan. Sahabat Dream bisa mengonsumsinya secara rutin untuk mendapatkan manfaat tersebut secara maksimal.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website dream.co.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”