Kebiasaan Hemat Anak Kos Ini Bikin Kamu Punya Uang Jajan Lebih Banyak

ulinulin.com – Coba lakukan 10 kebiasaan hemat anak kos yang cerdas! Kenapa?

Kuliah di luar kota dan terpaksa jadi anak kos artinya kamu harus pintar mengatur uang jajan supaya gak melarat di akhir bulan.

Yuk simak artikel ini!

Rubrik Finansialku

Lakukan Kebiasaan Hemat ini Sebagai Anak Kos Cerdas!

Memasuki dunia perkuliahan artinya kamu dituntut selangkah lebih dewasa lagi. Apalagi jika sekolah tinggi atau universitas pilihan kamu itu bertempat di luar kota.

Jauh dari orangtua membuat kamu harus mandiri dalam segala hal termasuk mengatur uang bulanan.

Biaya kuliah sendiri sudah besar. Bersyukur jika kamu bisa mendapatkan beasiswa.

Selain membiayai kuliah, orangtua juga mencukupi kebutuhan hidupmu setiap bulannya. Maka itu, kamu harus pintar-pintar mengatur uang itu.

Jangan sampai kamu malah menyusahkan orangtua dengan gaya hidup hedon bersama teman-teman, sementara orangtua banting tulang untuk bisa mengirim uang buat kamu.

Jadi anak yang berbakti dengan mencukupi hidupmu dari seberapapun uang yang orangtua percayakan ke kamu ya!

Mari simak 10 tips kebiasaan hemat anak kos supaya punya uang lebih banyak di akhir bulan.

#1 Catat Rencana Pengeluaran Rutin yang Wajib Dikeluarkan

Begitu mendapat transferan uang saku, jangan langsung hura-hura pergi ke café kekinian sama teman kuliah.

Inilah yang perlu kamu lakukan.

Pertama-tama catatlah pengeluaran yang mau tidak mau harus dikeluarkan seperti:

    Biaya sewa kos

    Makan setiap hari

    Pulsa dan kuota

    Perlengkapan pribadi (sabun mandi, shampoo, dan sebagainya)

    Transportasi

    Fotokopi bahan kuliah

Dengan catatan ini uang jajan kamu lebih terarah penggunaannya.

#2 Bawa Uang Secukupnya Saja di Dompet

Uang yang kamu bawa-bawa di dompet jangan terlalu banyak.

Bawalah secukupnya hanya untuk makan dan cadangan untuk keperluan perkuliahan.

Kalau banyak uang di dompet kamu cenderung jadi boros untuk hal-hal yang tidak terlalu penting.

[Baca Juga: Kenali Teman di Sekitar Anda Agar Mereka Tidak Mengganggu Manajemen Keuangan Anda]

#3 Menabung Uang Receh

Jangan remehkan uang receh.

Walaupun nilainya kecil, mengumpulkan uang receh setiap hari bisa menjadi pertolongan pertama di akhir bulan atau jika uang jajan datang terlambat.

Dibandingkan menabung dengan nominal besar, tentu lebih mudah mengumpulkan uang logam seribuan setiap hari.

Kalau sampai akhir bulan keuanganmu aman, tabungan receh ini bisa dilanjutkan.

#4 Jangan Mengikuti Kebiasaan Teman yang Uang Jajannya Berlimpah

Ada diantara teman-temanmu yang uang jajannya seperti unlimited.

Setiap hari beli kopi Rp25 ribuan atau sekali makan bisa habis seloyang pizza sendirian. Mereka juga bisa nonton lebih dari 1 kali film yang sama di bioskop.

Gaya hidup tinggi mengambil banyak porsi uang kamu. Beberapa teman mungkin punya orangtua yang bisa membiayai gaya hidup mereka.

[Baca Juga: Hedonisme dan Gaya Hidup Konsumtif yang Dapat Merusak Keuangan Anda]

Tetapi apakah kamu sendiri tega, setelah mengeluarkan biaya besar untuk pendidikan di perguruan tinggi, orangtua masih dituntut juga menyenangkan dirimu dengan pemenuhan kebutuhan tersier?

Yang perlu diingat, sebanyak apapun uang diberikan, pasti habis juga.

Tetapi uang jajan yang pas pengelolaannya akan mencukupi kebutuhanmu sampai transferan berikutnya tanpa memberatkan orangtua.

#5 Hindari Mall dan Tempat Perbelanjaan Kalau Tidak Ada Tujuan

Tempat hiburan yang menjadi pilihan anak kosan yang kuliah di kota besar ya mall.

Tapi pusat perbelanjaan ini bisa jadi tempat yang harus dihindari di awal bulan saat uangmu lagi berlimpah.

Di mall banyak barang diskonan yang belum tentu kita perlukan.

Nah, hati-hati nih dengan diskonan, karena gak selamanya diskon itu artinya hemat. Prinsipnya kamu boleh ke belanja hanya jika barang itu benar-benar perlu, bukan karena diskon.

[Baca Juga: Sebelum Tergiur, Ketahui 4 Fakta Gelap Barang Diskonan!]

Belum lagi ada promo-promo makanan dan kue-kue yang nge-hitz, padahal harga setelah diskonnya pun masih mahal.

Jadi, kurangi jalan-jalan di mall supaya kamu gak tergiur macam-macam hal yang sebetulnya gak terlalu penting dan bersifat pemborosan.

#6 Bawa Botol Minum yang Sudah Diisi Penuh dari Kosan

Anak kosan harus pinter-pinter berhemat sekecil apapun, seperti perlunya bawa air minum sendiri kalau bepergian.

Bawa minum sendiri itu membuat kamu menghemat Rp2.000 hingga Rp4.000 sehari dibandingkan kalau harus membeli air mineral kemasan. Air minum kemasan kecil 240 ml, 330 ml, dan 600ml sepertinya terlihat murah.

Tapi tahukah kamu? Lebih hemat uangnya untuk membeli air minum dalam galon yang kemudian diisikan ke botolmu setiap hari. Coba deh eksperimen sendiri!

[Baca Juga: Berapa Latte Factor Anda? Cara Mengelola Keuangan dengan Aplikasi Keuangan Pribadi Finansialku]

Sesekali bolehlah menikmati makan di resto sambil membina hubungan sosial dengan teman kampus.

Harga minuman di resto umumnya gak beda jauh dengan harga makanan. Kalau kamu bawa minum sendiri, bisa menghemat pengeluaran untuk membeli minum.

#7 Pilih Makan di Warung Nasi atau Kantin Kampus

Budget untuk makan ini bisa jadi mengambil sebagian besar anggaran uang bulanan kamu. Makanya, supaya bisa tiba di bulan berikutnya dengan selamat, anak kos perlu cerdik mencari makanan enak dan harganya pas di kantong.

Tipe warung makan prasmanan di sekitaran kampus biasanya harganya murah, porsinya banyak, nasinya bisa ambil sendiri sepuasnya dan dapet gratisan minum juga.

Cocok banget deh pokoknya untuk anak kosan!

#8 Mulai Menabung Hari Ini

Selain uang receh hasil kembalian yang sudah kamu tabungkan, perlu banget jadi anak kos bijak yang punya anggaran untuk menabung sejak dapat uang jajan.

Kita gak pernah tahu apa yang terjadi dengan hari esok. Kalau tabungan uang receh adalah cadangan akhir bulan, kamu perlu juga mulai menabung untuk jangka panjang.

[Baca Juga: Mumpung Masih Mahasiswa, Yuk Mulai Menabung Untuk Masa Depan]

Contohnya kamu adalah mahasiswa tingkat pertama, kamu bisa punya cita-cita mulia yang bikin orangtua bangga seperti punya tekad membayar biaya wisuda sendiri saat kelulusan di tahun ke-4.

Nah tujuan sederhana ini bisa membuat kamu belajar menabung mulai hari ini.

#9 Hindari Menjadi Fakir Kuota

Wah zaman gini gak punya kuota?

Kuota internet ini yang paling dicari sama anak kuliahan. Dari mulai membuat tugas kuliah, kebutuhan sosial, sampai bermain game online.

Uang jajan pas-pasan artinya harus bijak nih mengatur pembelian paket internet. Pilih provider yang menyediakan paket internet murah dan cepat.

Supaya kuota gak cepat habis, jangan sering-sering nonton video ya. Gambar bergerak dan bersuara, cepet banget nguras kuota internetmu.

#10 Kreatif Menggunakan Waktu Luang untuk Mencari Tambahan Uang Saku

Jadi, mahasiswa biasanya punya waktu luang yang lebih banyak dibandingkan saat kamu sekolah dulu.

Waktu luang ini salah satunya bisa digunakan untuk cari tambahan uang.

Tidak harus bekerja magang di restoran kayak di film-film, kamu sekarang bisa kerja sambil duduk dengan sambungan internet.

Kamu bisa jualan online kecil-kecilan.

Kamu juga bisa menjadi penulis artikel. Selain mendapatkan uang tambahan, kamu juga jadi semakin pintar karena banyak membaca referensi.

Mau Punya Uang Jajan Lebih Banyak?

Mahasiswa mana sih yang gak mau punya uang jajan yang lebih banyak? Pasti semua mahasiswa ingin akan hal itu!

Apakah ada caranya supaya kita punya uang jajan yang lebih banyak? Jawabannya, ada banget!

Tentunya, sesudah kamu baca artikel ini, kamu udah bisa memutuskan apa yang perlu kamu lakukan, bukan? Mulai dari sekarang, praktikkin ya guys!

Semoga 10 tips sederhana yang gampang dilakukan ini bisa bantu kamu jadi mahasiswa cerdas dan gak kelabakan di akhir bulan.

Apakah artikel ini bermanfaat untukmu? Bagikan kepada semua rekan dan keluarga supaya mereka juga mendapatkan manfaatnya.

Silakan beri komentar di kolom di bawah ini ya!

Sumber Referensi:

    Helda. 22 Desember 2017. 9 Cara Hidup Hemat Ini Bikin Anak Kos Sejahtera Meski Akhir Bulan. Duitpintar.com – https://goo.gl/GJFHMV

Sumber Gambar:

    Kebiasaan Hemat Anak Kos – https://goo.gl/gB7ZWg

    Dompet – https://goo.gl/1fy6rn

    Botol Minum – https://goo.gl/11LcVf

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website finansialku.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”