Keindahan Air Terjun Sendang Gile

ulinulin.com – Alamat: Desa Senaru, Kec. Bayan, Kab. Lombok Utara, Nusa Tenggara BaratPeta: Klik DisiniHTM: Rp.5.000 per Orang

Potensi Wisata

Berbicara mengenai Provinsi NTB, pasti tidak akan lepas dari potensi wisata yang dimiliki oleh gugusan kepulauan Nusa Tenggara atau Sunda Kecil ini.

Berbicara mengenai Nusa Tenggara Barat, hal yang akan muncul pertama kali di benak masyarakat umum sebagian besar adalah Pulau Lombok. Bisa juga mengenai Mataram, ibukota Provinsi ini.

Sudah sejak lama bahwa Pulau Lombok dipandang sebagai suatu destinasi wisata yang tidak kalah menarik daripada pulau Bali.

Bahkan, kedua pulau dengan luas hampir sama ini juga memiliki beberapa kemiripan dan keunikan destinasi wisata, terutama di sisi corak kebudayaan Hindunya. Salah satunya juga karena budaya Hindu di keduanya disebarkan oleh satu orang resi.

Hal lain yang sangat menarik wisatawan asing, selain Gunung Rinjani dan Pantai Senggigi adalah Trio Gili, yaitu Gili Meno, Gili Trawangan dan Gili Air. Ketiganya dikenal sebagai pulau kecil yang memiliki keindahan wisata alam.

Namun, sebenarnya masih banyak potensi wisata di Nusa Tenggara Barat yang layak untuk dieksplore lebih lanjut dan tenju saja dibawa ke ranah wisata internasional.

Where Is It?

Salah satu destinasi wisata di NTB, tepatnya di Pulau Lombok, adalah Air Terjun Sendang Gile. Objek wisata ini dikenal juga sebagai an exotic waterfall from Lombok Island.

Banyak wisatawan, terutama para pasangan, baik yang berbulan madu atau sekedar berlibur, menyatakan bahwa lokasi ini merupakan tempat yang romantis.

Letaknya berada di wilayah Kec. Bayan, Kab. Lombok Utara. Air terjun ini juga sebagai salah satu pintu masuk pendakian ke Gunung Rinjani.

Objek wisata tersebut berada dalam daerah Taman Nasional Gunung Rinjani. Letaknya sekitar 2 km dari pusat Kec. Bayan.

Untuk bisa mencapai lokasi wisata ini, diperlukan waktu akses sekitar 2-3 jam berkendara dari kota Mataram. Wisatawan bisa menggunakan kendaraan untuk sampai di dekat tujuan.

Setelah di dekat lokasi, akan ada ratusan anak tangga untuk dapat sampai ke air terjun. Persiapkan fisik untuk menaiki undakan tersebut satu per satu ya!

Bila memutuskan menggunakan kendaraan pribadi, Anda dapat berkendara hingg ke Kec. Bayan, bahkan sampai di lokasi parkir untuk pengunjung air terjun.

Namun, bila Anda memilih untuk menggunakan bus atau angkutan umum, maka dari kota Mataram, hanya bisa mencapai Kecamatan Bayan. Setelah itu, harus memakai ojek untuk sampai di lokasi wisata.

Selain berkendara sendiri, Anda juga bisa menyewa jasa tour n travel untuk dapat sampai di lokasi wisata.

Anda sekaligus bisa menikmati pengalaman berwisata lainnya, selain ke lokasi ini. Sudah tersedia paket wisata lain pula dengan deskripsi singkat mengenai tujuan wisata.

Ada Apa di Sekitar

Di loket air terjun, akan diberikan tiket masuk untuk masing-masing wisatawan yang berkunjung. Tiap pengunjung yang ingin masuk ke objek wisata diberi tarif Rp.5.000 per orang.

Di sekitar air terjun juga terdapat beberapa penginapan atau villa sederhana yang bisa disewa ketika ingin menginap.

Villa-villa ini biasanya digunakan oleh wisatawan untuk menikmati udara di kaki Gunung Rinjani.

Selain villa, juga terdapat restaurants, lodge ataupun cottages di sekitar air terjun. Namun, jangan terlalu berharap untuk menemukan penginapan sekelas hotel berbintang empat atau lima.

Banyak penginapan yang ditawarkan mengusung tema kesederhanaan dan keterbukaan dengan alam sekitar Gunung Rinjani.

Menyenangkannya lagi, sekalipun merupakan villa atau cottages sederhana, sebenarnya secara arsitektur bangunan boleh dibilang bahwa penginapan di daerah ini memiliki arsitektur yang tidak kalah dari hotel bintang empat.

Untuk memudahkan para tamu, penginapan ini juga bisa dipesan melalui berbagai situs atau aplikasi travel seperti hotels.com, booking.com, ataupun expedia.com.

Sendang Gile Waterfall, boleh dikatakan sebagai sebuah air terjun yang berada di tengah atau merupakan penggabungan dari dua sisi rute untuk menuju ke Gunung Rinjani.

Jalur untuk menuju ke Waterfall, bila dari arah utara, salah satunya akan melewati Trekking Centre untuk Gunung Rinjani.

Sekalipun demikian, di sekitar air terjun tidak banyak fasilitas yang ditemukan. Jarak untuk mencapai rumah makan atau masjid pun cukup jauh.

Kami menghimbau kepada wisatawan yang ingin bertualang ke air terjun untuk membawa bekal makanan dan minuman.

Setidaknya akan cukup untuk menjaga perut supaya terisi makanan selama menuruni tangga menuju air terjun.

Keindahan Lokasi

Air terjun Sendang Gile sebenarnya memiliki ketinggian yang cukup tinggi, yaitu sekitar 30 meter.

Hal ini tentu membuat air yang jatuh dari tebing di ketinggian akan menciptakan sensasi menyenangkan dan membawa energi kinetik akibat dari ketinggian tebing dan kecepatan gravitasi yang mempengaruhinya.

Bila melihat di peta seperti Google Maps, akan terlihat bahwa sebenarnya air terjun Sendang Gile ini berada di lokasi yang dekat dengan air terjun Tiu Kerep.

Keduanya berasal dari tempat yang sama dan mengalirkan aliran yang sama pula. Akan sangat menyenangkan ketika menyusuri lokasi ini dengan cara soft trekking.

Selama di jalan, wisatawan akan menikmati pemandangan alam yang disajikan. Bisa juga sembari berjalan,berhenti sejenak mengambil gambar dan foto sebagai kenang-kenangan.

Perjalanan selama kira-kira 15-20 menit tentu bisa dimanfaatkan untuk mengambil banyak poto art.

Menghabiskan waktu di tempat ini akan terasa sangat menyenangkan. Waktu akan berlalu begitu cepat.

Selain karena merupakan air terjun yang sumber airnya dari mata air Gunung Rinjani, lokasi wisata ini dikelilingi oleh berbagai macam keindahan alam lainnya. Pepohonan tumbuh dengan lebat dan subur karena berada di dekat aliran air.

Airnya juga masih sangat jernih dan juga segar. Tidak sedikit pengunjung menghabiskan waktu dengan berendam, berenang, bermain air, atau sekedar membahasahi tubuh dengan kesegaran air terjun.

Namun, perlu berhati-hati ketika bermain air, karena batu-batu yang ada di sekitar masih murni, besar, dan cukup licin.

A Story of Sendang Gile Waterfall

Banyak cerita dan informasi yang berkembang di masyarakat sekitar tentang sejarah dan asal usul air terjun Sendang Gile ini.

Cerita-cerita tersebut kemudian dirangkum oleh para pendahulu sebagai suatu kisah asal muasal suatu tempat atau legenda.

Dari legenda tersebut, berkembanglah info dan ditambahkan beberapa kisah. Hal itulah yang membuat banyak mitos berkembang di Air Terjun Sendang Gile.

Bukan karena memang mitos itu sesuai dengan tempat tersebut, melainkan karena kita, manusia, lah yang membuatnya menjadi sebuah cerita yang ‘besar’ dan memberi dampak bagi alam.

Bila demikian, perlukah kita khawatir atau memikirkan kebenaran cerita –yang sebenarnya, dirangkum oleh adat dan budaya kita sendiri?