Kelebihan dan Kekurangan Lampu LED Dibanding Lampu Halogen

ulinulin.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2019/04/04/ZXn5Pos1/kelebihan-dan-kekurangan-lampu-led-1-ffd6.jpg”>

Teknologi lampu mobil jenis halogen sedikit demi sedikit mulai ditinggalkan. Para produsen otomotif pun kini memilih menggunakan lampu jenis Light Emitting Diode (LED). Namun tentu saja ada kelebihan dan kekurangan lampu LED ini.

Beberapa orang menyatakan jika lampu LED memiliki pancaran yang lebih terang dibanding lampu jenis halogen. Tetapi lampu halogen harganya jauh lebih murah dari lampu LED. Apakah semua itu mitos atau fakta?

Berikut kelebihan dan kekurangan lampu LED yang berhasil tim Cintamobil.com rangkum:

1. Lebih Tahan Lama?

Belum ada patokan pasti tentang daya tahan LED

Banyak yang beranggapan menggunakan lampu LED akan lebih awet daripada memakai lampu halogen. Sebenarnya anggapan itu belum bisa dibenarkan namun juga tidak bisa disanggah.

Sebenarnya secara durasi pemakaian tidak ada patokan pasti, bahkan antara kedua jenis lampu tadi hampir sama. Artinya, secara lifetime kemungkinan antara LED dan lampu halogen itu hampir sama karena memang tidak ada ukuran pastinya.

2. Lebih Terang?

Dengan cahaya putih, LED lebih terang saat malam hari

Banyak yang beranggapan salah satu kelebihan dan kekurangan lampu LED adalah lampu jenis ini memiliki pancaran cahaya lebih terang dibanding lampu halogen. Anggapan ini bisa dibenarkan.

Ini karena lampu halogen dengan pencahayaan cenderung kuning, sementara LED lebih putih. Sehingga pancaran lampu LED akan lebih terang saat malam hari.

3. Tidak Mampu Menembus Kabut?

LED kurang mampu menembus kabut

Mungkin inilah kelemahan lampu LED dibanding lampu halogen. Dengan cahaya yang lebih putih, lampu LED kurang mampu menempus kabut atau hujan, kadang justri malah menyilaukan. Beda dengan lampu halogen yang sangat bisa idandalkan dalam kondisi cuaca hujan lebat atau berkabut.

Beberapa pemilik mobil menyiasati kondisi ini dengan mengganti lampu foglamp menggunakan bohlam kuning. Walau sama-sama menggunakan LED, namun dengan cahaya kuning maka akan membantu saat Anda berkendara di tengah hujan lebat atau turun kabut.

4. Harganya Lebih Mahal?

LED tidak dijual satuan

Sebenarnya harga lampu LED lebih murah jika Anda beli satuan. Namun pada kenyataannya, lampu-lampu LED aftermarket yang dijual untuk menggantikan lampu LED bawaan mobil sudah dalam kondisi rangkaian beberapa lampu LED. Sehingga jarang sekali ada yang menjual mapu LED satuan. Dan selain itu lampu jenis ini juga membutuhkan daya listrik yang jauh lebih kecil dibanding lampu halogen, sehingga Anda akan lebih menghemat sumber listrik.

Demikian kelebihan dan kekurangan lampu LED yang perlu Anda pahami.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”