Kementerian PUPR: Tahun Depan Kuota Subsidi Perumahan Ditambah Jadi 220 Ribu Unit

ulinulin.comTRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Kementerian PUPR pada tahun ini mengalokasikan dana Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) sebesar Rp 23 triliun untuk 200.000 unit rumah dan Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan (BP2BT) Rp 888,46 miliar untuk 22.586 unit rumah.

Selanjutnya pada 2023, akan ada penambahan kuota penerima bantuan subsidi perumahan FLPP menjadi 220.000 unit dengan anggaran Rp 25,18 triliun.

“Program FLPP tahun 2023 juga akan didampingi dengan program Subsidi Bantuan Uang Muka (SBUM) dengan jumlah sama 220.000 unit sebesar Rp 0,89 triliun. Lalu, untuk pembayaran Program Subsidi Selisih Bunga (SSB) sebanyak 754.004 unit senilai Rp 3,46 triliun yang telah diakadkan pada tahun tahun sebelumnya,” ujar Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Mohammad Zainal Fatah dalam siaran pers, Jumat (21/10/2022).

Selain itu, pada 2023 juga akan disalurkan program bantuan subsidi Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) senilai Rp 4,64 triliun dari dana masyarakat untuk 54.924 unit.

“Sehingga total target penyaluran bantuan subsidi perumahan tahun anggaran 2023 sebanyak 274.924 unit senilai Rp 34,17 triliun yang bersumber dari APBN sebesar Rp 29,53 triliun dan dana masyarakat Rp 4,64 triliun,” kata Zainal.

Dia menambahkan, Kementerian PUPR terus berupaya mengatasi kekurangan perumahan (backlog) dan mendorong masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) untuk memiliki rumah layak huni.

Dalam meningkatkan akses dan keterjangkauan MBR terhadap pembiayaan perumahan yang layak huni, Kementerian PUPR terus memberikan fasilitas kemudahan dan bantuan pembiayaan perumahan berupa FLPP, BP2BT, SBUM, dan pembiayaan Tapera.

Karena itu, Zainal mendorong kepada seluruh pemangku kepentingan, terutama perbankan untuk dapat ikut memastikan penyaluran bantuan subsidi perumahan diterima oleh MBR.

“Ke depan, kita harus betul-betul semakin memastikan yang mendapatkan bantuan ini benar-benar yang membutuhkan dan tepat sasaran, bukan sekedar orang yang beli rumah untuk nanti dijual kembali. Ini harus menjadi perhatian kita bersama bahwa yang disediakan negara harus kita optimalkan,” pungkasnya.

Kuota Bantuan Subsidi Perumahan Tahun 2023 Bertambah Jadi 220 Ribu Unit

Privacy Policy

We do not collect identifiable data about you if you are viewing from the EU countries.For more information about our privacy policy, click here

Kuota Bantuan Subsidi Perumahan Tahun 2023 Bertambah Jadi 220 Ribu Unit

Hari Pertama Tugas, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartonoo Temui Menteri PUPR Bahas Normalisasi

Buntut Tragedi Kanjuruhan, Jokowi Perintahkan Kementerian PUPR Audit Seluruh Stadion Liga Indonesia

Berkaca dari Tragedi Kanjuruhan, Kementerian PUPR Siap Bangun Stadion Ikuti Standar FIFA

Buntut Tragedi Kanjuruhan, Stadion Dirobohkan dan Dirombak Total sesuai dengan Standar FIFA

Menteri PUPR Soroti Tangga hingga Pagar Pembatas Stadion Kanjuruhan, Sebut Sangat Tak Layak

Hakim Albertina Tertawa saat Dengar Eksepsi Putri Candrawathi di Persidangan: Apa Itu Wajar?

Buka Pendaftaran, DPD Gerindra Maluku Utara: Tak Penting Dia Siapa, Asal Jadi Pemenang di Pileg 2024

Hadiri Peringatan Hari Santri Nasional di Kemenkopolhukam, Wapres Ma’ruf Amin: Peran Diakui Negara

Momen Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Tinjau Masjid Raya Syeikh Zayed Hadiah dari Pangeran UEA

Panglima Apresiasi Aksi Penembakan Rudal Javelin oleh TNI dalam Latihan Super Garuda Shield 2022

Atlet Porprov Sulsel Mulai Berdatangan di Bulukumba, Bertanding Mulai Besok hingga 30 Oktober 2022

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website tribunnews.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”