Kenali Gejala Rem Tangan Rusak Jika Tarikannya Sudah Tak Nyaman Lagi

ulinulin.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2019/04/12/ZXn5Pos1/rem-tangan-rusak-2-d87b.jpg”>

Rem tangan atau hand brake memang cukup memiliki peranan ketika Anda berkendara. Rem ini akan membantu agar mobil tidak meluncur dengan sendirinya saat harus berhenti di jalan menanjak atau menurun.

Namun adakalanya Anda merasa rem tangan rusak sehingga membuat fungsinya kurang bekerja maksimal. Mobil terasa masih suka merosot, padahal rem tangan diaktifkan pada kondisi berhenti di jalan menanjak.

Nah sebenarnya ada tanda-tanda jika rem tangan akan mengalami mesalah. bahkan mengetahui ketidakberesan di rem tangan itu dapat Anda deteksi tanpa perlu membongkarnya.

Cara Mendeteksi Rem Tangan Rusak

Rasakan jika tarikan tuas rem sudah tak lagi nyaman

Sebenarnya cukup mudah mengenali kondisi rem tangan apakah masih berfungsi dengan baik atau sudah butuh diservis. Caranya dengan cukup menarik tuas hand brake tersebut. Biasanya settingan dari pabrikan rem tangan akan sampai ke titik maksimal mulai dari lima hingga tujuh klik. Kalau ternyata sudah lebih dari itu atau tarikan makin tinggi, sebaiknya Anda langsung melakukan pengecekan ke bengkel resmi untuk memastikan kondisi rem.

Cara lainnya adalah dengan merasakan seberapa nyaman tarikan rem tangan mobil Anda. Bila sudah tidak sama dengan kebiasaan setiap hari, mungkin sudah saatnya Anda memeriksa kondisi rem tangan.

Serahkan ke Bengkel

Sebaiknya servis ke bengkel resmi

Jika Anda merasakan jika rem tangan rusak, maka saran kami serahkan ke bengkel spesialis atau bengkel resmi sesuai merek mobil Anda. Karena kerusakan rem tangan berhubungan dengan kampas rem, piringan cakram, kabel atau selang rem yang memiliki mekanisme cukup rumit.

Dibutuhkan seseorang yang paham benar tentang mekanisme sistem pengereman mobil. Karena selain rem tangan rusak diperbaiki, setelah terpasang kembali, rem juga harus disetel ulang agar kondisinya seperti sediakala.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”