Kenali Tanda Filter Kabin Sudah Minta Ganti

ulinulin.com – Suasana kabin mobil harus dijaga kenyamanannya sehingga aktivitas mengemudi bisa maksimal. Apalagi kalau sudah menyangkut urusan kesehatan.

Pada kabin mobil, dilengkapi filter yang bertugas menyaring udara yang bersirkulasi saat AC mobil bekerja. Komponen ini kerap disepelekan, padahal bisa mempengaruhi kesehatan seluruh penghuni kabin, baik pengemudi maupun penumpang.

Seiring pemakaian, komponen ini perlu diganti agar penyaringan udara di dalam kabin tetap optimal. Karena, lama kelamaan debu akan menumpuk di filter tersebut.

Nah, lantas seperti apa tanda filter kabin sudah minta ganti?

Mekanik Aha Spesialis Nissan & Datsun Yanto mengatakan, filter kabin yang kotor akan membuat aliran udara di dalam kabin tidak lancar, sehingga AC menjadi kurang dingin.

“Kalau filter kabin kotor, udara yang dialirkan oleh blower tidak akan lancar karena tertutup oleh kotoran, maka dari itu AC menjadi kurang dingin,” ucap Yanto kepada Kompas.com, Jumat (21/10/2022).

Dia mengatakan bila filter kabin kotor meski kecepatan blower ditambah atau diposisikan maksimal, yang terjadi hanya perubahan suaranya saja yang kencang.

“Meski kecepatannya dibikin maksimal, hanya suaranya saja yang menjadi kencang sedangkan embusan udara dari ventilasi tetap pelan, bahkan jika didengarkan suara angin menjadi gemuruh dari dalam blower,” ucap Yanto.

Menurut dia, suara gemuruh tersebut akibat angin yang tertahan oleh kotoran yang menutupi filter AC.

“Jika sudah demikian, filter AC harus dibersihkan atau diganti, biasanya filter AC yang sudah lama tidak diganti tidak akan maksimal bila dibersihkan saja, jadi masih ada saja debu yang menutupi pori-pori filter tersebut,” ucap Yanto.

Jadi, filter kabin sudah saatnya diganti bila embusan angin AC kurang maksimal, ada suara gemuruh angin dan ketika dibersihkan tetap saja tidak mau bersih. Komponen ini harus diganti jika memang menginginkan performa AC kembali normal.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”