Kenali Tool Kit Standar Mobil dan Fungsinya

ulinulin.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2019/04/18/6kDubyiR/tool-kit-standar-mobil8-da3a.jpg”>

1. Kunci Roda

Kunci roda wajib dimiliki dalam tool kit standar untuk mengganti ban saat kempis

Alat ini wajib ada karena berfungsi saat ban kendaraan kempis dan harus mengganti ban serep. Bisa dibayangkan, saat mobil sudah didongkrak dan akan ganti ban serep tapi tidak ada kunci roda. Maka pastikan dalam tool kit standar mobil Anda sudah tersedia kunci roda.

2. Kunci Pas 10 mm – 12 mm

Kepala aki yang kendur bisa dikencangkan menggunakan kunci pas 10-12 mm ini

Kunci ini lebih sering digunakan untuk mengencangkan mur kepala aki atau baut pengikat pipa saluran udara (air intake) kalau mengalami kendur. Sebagai salah satu tool kit standar mobil, kunci pas ini akan berguna mengencangkan mur kepala aki yang kendur. Bila kepala aki kendur bisa berakibat mesin mobil tidak bisa dihidupkan.

3. Obeng

Ketika ada sekrup yang kendur, maka obeng menjadi alat paling tepat untuk mengencangkannya

Obeng universal dengan batang besi dan gagang plastik terpisah ini memiliki dua ujung berbeda yakni pipih (-) dan kembang (+). Penggunaannya bisa disesuaikan kebutuhan. Obeng yang merupakan tool kit standar mobil berfungsi untuk mengencangkan sekrup, seperti pengikat karpet atau panel pintu (door trim).

4. Tang

Agar proses mengencangkan atau mengendurkan mur lebih mudah, maka diperlukan tang sebagai tool kit standar

Alat sederhana ini juga wajib ada pada tool kit standar mobil. Fungsinya adalah untuk menahan atau menjepit mur yang sedang dikencangkan. Seperti saat mengencangkan mur kepala aki sehingga lebih optimal.

5. Kunci Busi

Terkadang busi perlu diganti saat di tengah perjalanan, maka kunci busi wajib ada

Jangan lupakan alat ini yang berfungsi untuk melepas atau memasang busi. Saat digunakan, salah satu tool kit standar mobil ini sebaiknya posisi pipa tidak menyudut atau miring. Hal ini karena dapat merusak isolator busi.

6. Dongkrak

Dongrak wajib ada dalam mobil agar saat ban kempis lebih mudah mengganti dengan ban serep

Tugas utama dongkrak adalah untuk mengangkat kendaraan saat akan mengganti ban. Baik mobil konvensional maupun kendaraan canggih. Dongkrak adalah tool kit standar mobil yang wajib tersedia terlebih ketika dalam perjalanan jauh untuk memudahkan penggantian ban saat kempis, misalnya.

7. Towing Hook

Alat kecil sederhana yang berfungsi untuk memudahkan proses menderek saat mobil mogok

Pada beberapa mobil, disediakan towing hook. Salah satu tool kit standar mobil ini berguna ketika mobil harus diderek saat mogok. Pada beebrapa mobil ia bisa dielepas dan dipasang ketika diperlukan. Jadi, pastikan seluruh barang tool kit standar mobil ini tersedia saat Anda memulai perjalanan.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”