Mema"/> Kendaraan Pribadi Menggunakan Strobo? Siap-Siap Berurusan dengan Polisi

Kendaraan Pribadi Menggunakan Strobo? Siap-Siap Berurusan dengan Polisi

ulinulin.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2018/10/11/Ay6TmsFs/k1-057b.jpg”>

Memang menggunakan strobo atau lampu rotator merupakan salah modifikasi paling mentereng dan menunjukan eksistensi berkendara di jalanan. Namun ketika digunakan untuk kendaraan pribadi, hati-hati Anda bisa diberhentikan oleh polisi di jalan. Apa pasal?

Ternyata penggunaan lampu rotator selama ini harus memiliki persyaratan dan mematuhi peraturan berkendara. Tidak boleh dipakai sembarangan, apalagi ketika dinyalakan. Ada kondisi-kondisi tertentu serta kendaraan khusus yang bisa memakai lampu rotator.

Hanya kendaraan tertentu yang diperbolehkan menggunakan lampu rotator atau strobo

Bagi pengemudi yang ingin menggunakan lampu rotator atau strobo, pemasangan pada kendaraan juga harus sesuai dengan pasal 59 UU No.22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Dalam peraturan dijelaskan bahwa,

(1) Untuk kepentingan tertentu, Kendaraan Bermotor dapat dilengkapi dengan lampu isyarat dan/atau sirene.

(2) Lampu isyarat sebagaimana dimaksud pada ayat (1) terdiri atas warna:

(3) Lampu isyarat warna merah atau biru sebagaimana dimaksud pada ayat (2) huruf a dan huruf b serta sirene sebagaimana dimaksud pada ayat (1) berfungsi sebagai tanda Kendaraan Bermotor yang memiliki hak utama.

(4) Lampu isyarat warna kuning sebagaimana di maksud pada ayat (2) huruf c berfungsi sebagai tanda peringatan kepada Pengguna Jalan lain.

(5) Penggunaan lampu isyarat dan sirene sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat (2) sebagai berikut:

Polisi bisa menindak pengemudi yang menggunakan lampu rotator

(6) Ketentuan lebih lanjut mengenai persyaratan, prosedur, dan tata cara pemasangan lampu isyarat dan sirene sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diatur dengan peraturan pemerintah.

(7) Ketentuan lebih lanjut mengenai tata cara penggunaan lampu isyarat dan sirene sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diatur dengan peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Untuk itu, jika ada kendaraan pribadi maupun tanpa alasan sesuai dengan peraturan menggunakan strobo atau lampu rotator, pihak Kepolisian bisa dengan mudah memberlakukan tilang terhadap kendaraan tersebut. Karena itu, perhatikan lagi peraturan-peraturan di jalanan, ya guys!

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”