Kerja di Bawah Tekanan? Ini 5 Tips yang Bisa Kamu Lakukan

ulinulin.com – Setiap kita pastinya sering mengalami kerja di bawah tekanan yang berbeda-beda. Tekanan tersebut tentunya juga memiliki dampak yang berbeda-beda terhadap kinerja hingga kesehatan mental.

Lalu, bagaimana caranya agar bisa bekerja dengan baik di bawah tekanan? Simak tips dari Glints berikut.

Tips Kerja di Bawah Tekanan

1. Tetap tenang ketika berada di bawah tekanan

© Freepik.com

Bekerja di bawah tekanan dapat terjadi ketika pekerjaanmu menumpuk. Biasanya, keadaan ini cenderung akan membuatmu panik dan stres. Akibatnya, kondisi ini akan berdampak pada pekerjaanmu.

Ketika kamu merasakan hal ini, cobalah untuk tetap tenang. Lakukan latihan napas atau meditasi sederhana selama lima menit yang bisa kamu lakukan di sela-sela pekerjaan.

Melakukan meditasi sejenak akan mengembalikan fokus, meningkatkan produktivitas, serta menurunkan tingkat stres.

Baca Juga: Stres Berlebih di Kantor? Kenali 6 Penyebab dan Cara Mengatasinya

2. Susun pekerjaanmu berdasarkan skala prioritas

© Freepik.com

Konselor dan life coach Erica McCurdy menyarankan kepada Forbes untuk menganalisis pekerjaanmu ketika merasa bekerja di bawah tekanan.

Dengan demikian, kamu akan bisa memfokuskan diri pada pekerjaan-pekerjaan yang penting.

Ketika kamu menyusun skala prioritas, analisis melalui beberapa pertanyaan berikut.

    Apakah pekerjaan tersebut mendesak?

    Apakah kamu bisa menunda pekerjaan tersebut?

    Apakah pekerjaan tersebut bisa didelegasikan kepada rekan kerja yang lain?

Dengan menyusun skala prioritas ini, kamu juga bisa memutuskan apakah kamu bisa menolak tugas tambahan dari atasan kamu.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Stres Saat Cari Kerja di Tengah Pandemi

3. Ambil kontrol terhadap dirimu

© Freepik.com

Menurut Inc. Magazine, ada beberapa faktor yang menyebabkan stres ketika bekerja di bawah tekanan. Faktor tersebut ada yang dapat dikontrol, dan ada pula yang tidak dapat dikontrol.

Akan tetapi, jika kamu memfokuskan diri pada faktor-faktor yang tidak dapat dikontrol tersebut, kamu akan merasakan tekanan yang lebih besar. Hal ini akan menyebabkan kecemasan dan akan mempengaruhi kinerja kamu.

Untuk itu, fokuslah pada faktor-faktor yang memang berada di bawah kendali kamu.

Misalnya, kamu mungkin tidak bisa mengatur apakah jaringan internetmu akan lancar selama bekerja, tetapi kamu bisa mengatur untuk bekerja lebih awal atau bekerja lebih cepat sehingga terhindar dari kemungkinan tersebut.

4. Beristirahat sejenak

© Freepik.com

Ketika berada di bawah tekanan, kamu akan merasa lebih sulit untuk fokus dibandingkan biasanya. Ketika fokusmu terganggu, tentunya kamu kinerja kamu juga akan menurun.

Untuk itu, beristirahatlah sejenak. Manfaatkan waktu istirahat kamu untuk menenangkan diri sebelum kembali fokus pada pekerjaan kamu.

Baca Juga: Yuk, Kenali 8 Pekerjaan dengan Tingkat Stres Rendah tapi Bergaji Bagus ini!

5. Pecah tugasmu menjadi tugas-tugas kecil

© Freepik.com

Terkadang, hal yang membuatmu merasa bekerja di bawah tekanan disebabkan oleh tugas-tugas yang kamu kerjakan merupakan tugas besar.

Hal ini menyebabkan kamu membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menyelesaikan tugas tersebu dan berdampak pada tugas-tugas lainnya.

Agar tugasmu tidak terasa berat, cobalah memecah tugas tersebut menjadi tugas-tugas yang lebih kecil yang lebih mudah dipecahkan. Hal ini membuatmu juga bisa melihat sejauh mana tugasmu telah terselesaikan.

Nah, dengan menjalankan lima tips di atas, kamu akan lebih mudah mengerjakan pekerjaan kamu meskipun di bawah tekanan.

Apakah kamu punya tips lainnya untuk mengatasi kondisi kerja di bawah tekanan? Yuk, bagikan pengalaman dan tips kamu melalui Glints Komunitas.

Glints Komunitas adalah forum tanya jawab antar pengguna Glints di mana kamu bisa bertanya atau membagikan pengalaman kamu seputar dunia kerja.

Yuk, gabung sekarang dan bagikan pengalamanmu!

Sumber

    18 Ways To Get Better At Working Under Pressure

    13 Secrets to Performing Well Under Pressure

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website glints.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”