Ketahui Cara Dan Syarat Perpanjang STNK, Dijamin Lebih Mudah

ulinulin.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2021/01/12/O1Na1YSZ/checkthumbnail-3fac.jpg”>

Tak jarang dari pengendara yang terkadang lupa membawa STNK atau bahkan lupa mengecek tenggat dari tanggal berlakunya. Alhasil banyak dari mereka ditilang oleh polisi lalu lintas karena kelalaian tersebut. Sesuai dengan Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 Pasal 288 ayat (1) menjelaskan bahwa pengendara yang tidak dilengkapi STNK maka akan dipidana sebagaimana Pasal 106 ayat (5) huruf a yakni kurungan paling lama 2 bulan atau didenda Rp. 500 ribu. Adapun pengendara yang ditemui memiliki STNK mati atau habis masa berlakunya maka STNK tersebut dinyatakan belum disahkan oleh pihak berwenang sehingga polisi lalu lintas berhak mengingatkan dan memberikan penilangan.

Menjawab hal tersebut, Cintamobil.com akan memberikan tips dan syarat perpanjang STNK. Berikut beberapa hal yang perlu Anda persiapkan.

Siapkan Berkas Yang Dibutuhkan

Sebelum beranjak ke Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat), Anda harus menyiapkan beberapa berkas/dokumen penting perpanjang STNK:

Salah satu tips dari kami untuk tahap awal ini adalah menyediakan lembar fotokopi-an lebih, 3 lembar cukup untuk masing-masing berkas. Bukannya mengapa, ditakutkan lembar fotokopi-an sobek atau basah terkena air sehingga direkomendasikan membawa cadangan. Di sisi lain, untuk mempercepat proses, ada baiknya Anda juga membawa alat tulis seperti pulpen.

Pastikan berkas-berkas yang kami sebutkan di atas, Anda bawa sebelum berangkat ke Samsat

Cara Mengurus Perpanjangan STNK

Hingga kini, tercatat ada tiga cara mengurus STNK berdasarkan tempatnya, berikut informasi selengkapnya.

1. Cara Perpanjang STNK Di Samsat

Setelah menyiapkan berkas, langkah berikutnya adalah mengunjungi kantor Samsat terdekat. Di sana, Anda hanya perlu mendatangi loket utama dan mengisi formulir pengajuan perpanjang STNK sesuai dengan data diri Anda.

Salah satu metode umum adalah mengunjungi kantor Samsat terdekat

Selanjutnya, Anda hanya perlu menunggu panggilan dan nantinya Anda diberikan slip pembayaran pajak. Siapkan dana yang harus dibayarkan dan jangan lupa untuk mengambil bukti pelunasannya. Terakhir, Anda cukup perlu menunggu panggilan kedua dan STNK sudah secara resmi diperpanjang.

2. Cara Perpanjang STNK Di Mobil Layanan Samsat Keliling

Cukup praktis menurut kami jika berbicara tentang mobil layanan Samsat keliling. Ya, Anda hanya perlu mendatangi lokasi tertentu yang umumnya selalu berada di pusat kota. Meski terkesan praktis namun perlu menjadi catatan Anda, layanan Samsat keliling ini hanya bisa melayani proses perpanjangan SIM dan STNK (1 tahunan saja). Sedangkan untuk pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM), pembuatan STNK dan perpanjangan STNK 5 tahunan/ganti plat nomor, harus mengunjungi kantor Samsat.

Samsat Keliling memberi fungsi lebih praktis yang umumnya hadir di jantung kota

Prosedurnya pun kurang lebih sama yang mana Anda cukup mengisi formulir perpanjangan STNK dan membayar biaya pajak yang ditangguhkan.

3. Cara Perpanjang STNK Di Samsat Online

Paling praktis menurut kami adalah layanan Samsat Online yang mana proses pembayaran dilakukan via elektronik. Ada beberapa layanan yang ditawarkan oleh Samsat online:

Samsat Online atau E-Samsat menawarkan kenyamanan lebih praktis dan inovatif

Namun sayangnya, hingga kini layanan Samsat online hanya ditemui di beberapa provinsi saja. Ya, benar sekali, pelayanan Samsat online bisa dilakukan selama masih berada dalam satu provinsi. Berikut daftar provinsi Samsat online:

1. Jawa Timur

2. Jawa Tengah

3. Jawa Barat

4. DKI Jakarta

5. Nangroe Aceh Darusalam

*Klik salah satu provinsi di atas untuk mengetahui situs resmi E-Samsat Online terkait

Prosesnya cukup mudah, Anda hanya tinggal mengunjungi website resmi E-Samsat (tinggal klik provinsi di atas). Setelah itu, Anda hanya perlu mengisi formulir sesuai dengan data diri Anda seperti yang tertera pada KTP, STNK, nomor rangka dan nomor BPKB.

Nantinya, Anda tinggal memilih Bank yang akan digunakan untuk proses pembayaran serta memilih lokasi pengambilan STNK. Selanjutnya, Anda akan mendapatkan kode bayar atau Booking Code yang digunakan untuk proses transfer pembiayaan. Setelah menyelesaikan proses pembiayaan, Anda akan mendapatkan surat bukti pembayaran yang nantinya ditukarkan ke Samsat pilihan Anda. Terakhir, Anda tinggal membawa BPKB, STNK dan KTP ke lokasi Samsat dan proses sudah selesai. Perlu menjadi catatan, pengesahan STNK bisa dilakukan maksimal 7 hari setelah pembayaran via transfer.

Untuk lebih jelasnya, coba simak video karya anak bangsa berikut ini yang menjelaskan tentang proses Samsat Online di Provinsi Jawa Tengah

Melakukan Cek Pajak Kendaraan Online

Bagi Anda yang mungkin ingin lebih praktis dalam melakukan cek pajak kendaraan online, tersedia beberapa daftar website resmi Samsat Online di beberapa provinsi Indonesia:

1. DKI Jakarta

2. Jawa Tengah

3. Jawa Timur

4. Aceh

5. Riau

6. Kepulauan Riau

7. Sulawesi Tengah

8. Lampung

9. Kalimantan Timur

10. Banten

11. Jambi

*Klik salah satu provinsi di atas untuk mengetahui situs resmi E-Samsat Online terkait

Apabila informasi ini terbilang bermanfaat, Anda bisa menyimpannya dengan klik “Bookmark” di opsi Google Anda. Tentu saja, informasi ini bisa sewaktu-waktu Anda kunjungi kembali di lain waktu apabila hendak mengecek status STNK atau memperpanjang masa berlakunya.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”