Ketahui Lebih Jelas 5 Perbedaan antara Google Sheets dan Excel

ulinulin.com – Pernahkah kamu menggunakan Google Sheets dan Microsoft Excel? Mungkin hampir sebagian besar pernah menggunakannya.

Kedua aplikasi spreadsheet ini sering kali digunakan oleh pekerja kantoran untuk membuat dokumen tertentu.

Bagaimana tidak, kedua software tersebut mempunyai fitur-fitur yang memudahkan penggunanya, seperti membuat formula, memasukkan data, dan sebagainya.

Meskipun keduanya mempunyai fungsi yang sama, ada perbedaan yang terlihat antara Google Sheets dan Microsoft Excel.

Lantas apa saja perbedaan yang ada dari kedua software tersebut? Menanggapi hal tersebut, berikut Glints akan merangkum perbedaannya untukmu.

Menyimpan File

© Freepik.com

Perbedaan yang cukup jelas dari Google Sheets dan Microsoft Excel terletak dari bagaimana cara menyimpan file atau dokumen.

Seperti dilansir dari Tech Radar, Google Sheets akan menyimpan file secara otomatis setiap kamu melakukan perubahan di dalamnya.

Nantinya, file Google Sheet akan tersimpan di Google Drive melalui sistem cloud computing.

Hal tersebut berbeda dengan Microsoft Excel yang harus menekan tombol “Save” terlebih dahulu supaya perubahannya tersimpan.

Apabila kamu tidak sengaja menekan tombol ‘Close‘, akan ada peringatan untuk menyimpan file tersebut.

Selain itu, usahakan untuk terus menekan tombol ‘Save‘ saat sudah melakukan perubahan di Excel.

Pasalnya, akan sangat berbahaya apabila kamu belum menyimpan dokumen tersebut lalu terjadi sesuatu yang tidak diinginkan seperti baterai laptop mati dan sebagainya.

Kolaborasi

© Freepik.com

Perbedaan jelas lainnya antara Google Sheets dan Microsoft Excel terletak pada urusan kolaborasi.

Kolaborasi yang dimaksud adalah berbagi file. Sejauh ini, Google Sheets terbilang menjadi salah satu software yang baik dalam melakukan kolaborasi.

Dilansir dari Help Desk Geek, Google Sheets memungkinkan penggunanya untuk membagikan dokumen kepada orang-orang dengan mudah.

Lewat Google Sheets, kamu hanya perlu mengetikkan nama email yang ingin kamu kirim dokumen. Kemudian, kamu bisa menentukan si penerima dapat mengedit secara langsung atau hanya bisa melihatnya saja.

Dengan fitur seperti ini, tidak heran apabila pekerja kantoran rata-rata menggunakan Google Sheets untuk menyelesaikan pekerjaannya.

Hal tersebut terutama pekerjaan yang diharuskan untuk berkolaborasi dengan rekan kerja atau tim lain.

Untuk Excel sebenarnya dapat membagikan file, namun hanya bisa melalui email. Selain itu, kamu harus menggunakan Office 365 jika ingin melakukan akses pengeditan dari dokumen lain.

Akses Offline

© Freepik.com

Perbedaan lain antara Google Sheets dan Microsoft Excel adalah soal penggunaan tanpa jaringan internet.

Dalam hal ini, jelas Excel adalah aplikasi yang lebih mudah untuk digunakan secara offline.

Sebenarnya, Google Sheets juga dapat digunakan secara offline melalui pengaturan yang tersedia. Akan tetapi, kamu perlu meng-install ekstensi terlebih dahulu agar dapat bekerja offline dengan fitur lebih luas.

Hal tersebut berbeda dengan Excel, di mana kamu bisa menggunakannya secara offline tanpa perlu pengaturan khusus.

Function dan Formula

© Freepik.com

Google Sheets dan Microsoft Excel sama-sama memiliki function dan formula di dalamnya. Function adalah operasi internal yang berada di dalam software untuk menghitung cepat, dan lain-lain. Lalu, apa perbedaannya?

Perbedaannya terletak dari jumlah function-nya. Google memang terus berusaha untuk mengejar ketertinggalan dari Excel.

Namun, tetap saja saat ini Excel masih memiliki function yang lebih banyak dibandingkan dengan Google Sheets.

Dilansir dari Smart Sheet, Excel memiliki 477 formula. Sementara itu, Sheets memiliki 432. Hal ini berarti Excel memiliki jumlah formula yang lebih banyak dibandingkan dengan Google Sheets.

Apabila kamu sedang menggunakan Google Sheets tetapi ada satu atau dua function dan formula yang tidak tersedia, kemungkinan besar di Microsoft Excel sudah tersedia.

Dengan demikian, dalam hal ini Excel cocok digunakan untuk membuat visualisasi data karena menyimpan lebih banyak formula.

Harga

© Freepik.com

Kamu bisa menggunakan Google Sheets dengan gratis. Namun, kamu juga bisa menggunakan fitur berbayar dari software ini.

Namun, untuk Microsoft Excel kamu harus membayar untuk menggunakannya.

Dilansir dari Wall Street Mojo, Microsoft Office 365 versi baru menyediakan tarif untuk penggunanya sebesar US$ 8,25 atau sekitar Rp 117 ribu per bulan untuk penggunanya.

Dengan demikian, Google Sheets merupakan alternatif yang menarik bagi kamu yang tidak ingin mengeluarkan dana sepeser pun.

Nah, itu dia perbedaan-perbedaan dari Google Sheets dan Excel. Kedua software ini mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing sehingga kamu dapat menggunakannya sesuai kebutuhan pekerjaan.

Kamu ingin mendapatkan informasi lainnya seputar software penunjang pekerjaan lainnya? Yuk, langsung daftarkan diri secara gratis ke newsletter blog Glints sekarang juga.

Jangan lupa untuk daftar, ya!

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website glints.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”