Ketinggalan Pesawat karena Kelalaian Maskapai, Penumpang Dapat Kompensasi

ulinulin.com – Fenomena penggantian jadwal penerbangan sudah bukan hal baru lagi dalam penerbangan.

Namun, fenomena penumpang ditinggal pesawat juga beberapa kali terjadi. Padahal, penumpang itu sudah mengikuti instruksi dari maskapai.

Jika penumpang pesawat ditinggal, tetapi telah mengikuti prosedur penerbangan dengan baik, ada beberapa cara yang akan dilakukan maskapai dalam menanggapi hal tersebut. Salah satunya adalah dengan memberi kompensasi sesuai aturan yang berlaku.

“Jika terdapat kejadian tersebut dan terbukti dikarenakan oleh maskapai, maka maskapai akan memberikan service recovery atau kompensasi sesuai peraturan yang berlaku,” kata Wakil Sekretaris Korporat & Tanggungjawab Sosial Korporat untuk Citilink Diah Suryani I pada Kompas.com, Senin (24/10/2022).

Selain itu, penumpang juga diperbolehkan mengajukan pengembalian dana atau refund, sesuai prosedur yang berlaku di maskapai itu.

Adapun untuk pengembalian dana, ketentuannya telah diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 185 Tahun 2015 Pasal 10 tentang Standar Pelayanan Penumpang Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri.

Biasanya, jika ada perubahan jam terbang, maka, maskapai akan memberikan informasinya melalui SMS atau WhatsApp atau alamat e-mail yang tercantum saat pemesanan.

Maka, penting bagi calon penumpang pesawat untuk mencantumkan nomor handphone, kontak, dan data pribadi yang sesuai.

“Penumpang akan diberikan notifikasi melalui e-mail, WhatsApp, dan SMS, itu pentingnya data nomor telpon dan e-mail penumpang disampaikan ke maskapai saat reservasi,” kata Sekretaris Korporat untuk Pelita Air Agdya Pratami, pada Kompas.com, Jumat (28/10/2022).

Hubungi customer service bandara dan maskapai

Jika penumpang telah mengikuti seluruh prosedur naik pesawat dengan baik, tetapi ada kejadian ditinggal pesawat, penumpang berhak melapor ke customer service bandara setempat.

Selain itu, penumpang juga berhak melapor ke customer service maskapai yang bersangkutan.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”