Kisah Orang Terkaya: Robert F. Smith, Orang Kulit Hitam Terkaya di Amerika

ulinulin.com – Miliarder investor asal Amerika, Robert F. Smith adalah salah satu orang terkaya di dunia. Smith mendirikan perusahaan ekuitas swasta Vista Equity Partners pada tahun 2000 yang berfokus secara eksklusif pada investasi di perusahaan perangkat lunak.

Robert F. Smith lahir pada 1 Desember 1962 di Denver, Colorado dari orang tua Dr. William Robert Smith dan Dr. Sylvia Myrna Smith. Smith bersekolah di Sekolah Dasar Carson dan Sekolah Menengah Gove Jr. di Denver. Dia kemudian lulus dari Denver East High School pada tahun 1981 dan Cornell University dengan gelar BS di bidang teknik kimia pada tahun 1986.

Kemudian, ia sempat bekerja sebagai insinyur untuk Air Products and Chemicals, The Goodyear Tire and Rubber Company dan Kraft General Foods. Smith adalah penemu utama pada dua paten Amerika Serikat dan dua Eropa. Smith menerima gelar MBA dengan konsentrasi di bidang keuangan dan pemasaran dari Columbia Business School pada tahun 1994.

Setelah sekolah bisnis, Smith bergabung dengan Goldman Sachs di departemen merger dan akuisisi di New York dan kemudian pindah ke San Francisco pada tahun 1997 untuk memulai upaya merger dan akuisisi Goldman Sachs di sana.

Sebagai co-head Enterprise Systems and Storage, ia mengawasi aktivitas merger dan akuisisi senilai USD50 miliar dengan perusahaan berikut: Apple, Microsoft, Texas Instruments, eBay, dan Yahoo. Smith meninggalkan Goldman Sachs pada tahun 2000 untuk mendirikan perusahaannya sendiri, Vista Equity Partners LLC. Pada tahun 2015, Peringkat Kinerja Ekuitas Pribadi HEC-Dow Jones menobatkan Vista Equity Partners LLC sebagai salah satu yang berkinerja terbaik di industri.

Sebagai salah satu pakar terbaik dalam berinvestasi di industri perangkat lunak dan teknologi di dunia, Smith telah diundang untuk berbicara tentang keuangan, kewirausahaan, inovasi, kepemimpinan, dan topik terkait di berbagai tempat, termasuk Forum Ekonomi Dunia dan The Milken Institute, antara lain. Dia juga muncul dalam berbagai wawancara untuk televisi, publikasi tertulis, podcast dan media lainnya.

Pada akhir tahun 2021, Smith mengawasi total AUM (aset yang dikelola) sebesar $86 miliar dalam ekuitas swasta, modal permanen, kredit, dan kendaraan umum di lebih dari 70 perusahaan perangkat lunak perusahaan dengan 75.000 karyawan, 800.000 pelanggan, dan lebih dari 200 juta pengguna di 175 negara.

Sebagai catatan, pendapatan gabungan dari perusahaan portofolio ini akan menjadikan Vista salah satu perusahaan perangkat lunak perusahaan terbesar di dunia. Pada Januari 2022, Vista berada di tempat ketujuh dalam daftar 10 Perusahaan Ekuitas Swasta Terbaik di Dunia.

Dengan kekayaan bersih USD8 miliar (Rp124 triliun), Smith adalah orang kulit hitam terkaya di AS dan miliarder kulit hitam terkaya ketiga di dunia pada tahun 2022.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website wartaekonomi.co.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”