Koleksi 6 Desainer yang Ditampilkan di Jakarta Muslim Fashion Week

ulinulin.com – Demi membuktikan dukungannya terhadap industri muslim modest fashion tanah air, Wardah berpatisipasi langsung dalam acara Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2023 yang dilaksanakan pada 20-21 Oktober 2022 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang Selatan.

JMFW adalah sebuah acara fashion yang digelar oleh Kementerian Perdagangan Republik Indonesia dengan tujuan untuk menjadikan Indonesia sebagai kiblat fashion muslim dunia.

Kegiatan ini juga menjadi tempat kolaborasi kementerian, lembaga, akademisi, desainer, asosiasi, dan seluruh pemangku kepentingan industri fesyen untuk mempromosikan modest fashion dalam dan luar negeri.

Brand kosmetik di bawah naungan PT Paragon Technology and Innovation tersebut berkolaborasi dengan enam desainer inspiratif Indonesia, yaitu Itang Yunasz, Dear Dein x Atas Bawah, Barli Asmara, KHANAAN, Buttonscarves x Benang Jarum, dan Jenna & Kaia.

Selain itu, terdapat lima perempuan inspiratif untuk menjadi muse Wardah di JMFW 2023. Koleksi busana dari masing-masing desainer dikenakan oleh muse yang memiliki keunikan dan keberagaman perempuan Indonesia yaitu Dhini Aminarti, Zee Zee Shahab, Soraya Larasati, Fanny Fabriana, dan Nina Zatulini.

Berikut telah merangkum ulasan tentang koleksi 6 desainer yang ditampilkan di acara Jakarta Muslim Fashion Week 2023.

1. Barli Asmara

Barli Asmara mengeluarkan koleksi berjudul Vraie Beauté untuk ditampilkan di acara Jakarta Muslim Fashion Week 2023. Vraie Beauté terinspirasi dari kecantikan alami yang bersifat feminim.

“Kita mengangkat inspirasi bernama Vraie Beauté yang bisa diartikan sebagai kecantikan alami bersifat feminim. Baju yang ditampilkan itu sangat memberikan kesan feminim pada penggunanya, seperti ada tule, ruffle, dan lain-lain. Pemilihan warnanya juga sangat warna dari Wardah sekali, salah satunya adalah warna Aquamarine,” kata Leslie Tobing dalam acara Press Conference Jakarta Muslim Fashion Week di ICE BSD, Kamis (20/10/2022).

2. Dear Dein x Atas Bawah

Untuk koleksi kali ini, Dear Dein mengangkat tema keberagaman budaya songket sebagai salah satu warisan budaya dari Palembang, tempat di mana Dinda Hauw berasal.

Beauty and Diversity merupakan salah satu cara Dear Dein untuk menyebarluaskan pesan kebaikan bahwa setiap perempuan di seluruh dunia itu cantik dan beragam.

Melalui koleksi yang Dear Dein hadirkan dalam JMFW 2023, Dinda Hauw berharap ke depannya akan lebih banyak lagi perempuan Indonesia yang bisa tampil percaya diri dan membawa kebermanfaatan kepada orang sekitar.

“Tema yang ditampilkan adalah Beauty and Diversity, yang mana kita berusaha mengangkat keberagaman budaya Indonesia. Aku dari Palembang, jadi ingin sekali menampilkan busana yang berhiaskan songket. Berharap ke depannya koleksi ini bisa menjadi inspirasi para perempuan di luar sana untuk bangga dan tampil percaya diri akan keberagaman budaya negara kita,” kata Dinda Hauw.

Editors’ Picks

3. Itang Yunasz

Siapa sangka keindahan resort Mesastila Di Magelang – Jawa Tengah dapat memberikan inspirasi bagi Itang Yunasz untuk menampilkan koleksi terbaiknya di panggung JMFW 2023. Diketahui Mesastila merupakan tempat yang dikelilingi tujuh gunung dengan panorama menawan serta pepohonan rindang nan subur.

Permainan warna dari koleksinya terinspirasi dari warna-warna alam, seperti hijau pohon, biru langit, hingga oranye dari bunga dan tanaman yang tumbuh indah di Mesastila. Koleksi tersebut dihadirkan di atas bahan satin dan linen poly.

Delapan koleksi dari Itang Yunasz mempunyai model long dress yang longgar. Dress-nya dibuat melambai serta memiliki sentuhan warna rose gold pearl yang menambah exotic koleksi resort kali ini.

“Lewat koleksi Mesaststila ini aku berusaha membuat koleksi yang cukup nyaman, tidak layering, oversized, dan ada motifnya. Warna rose gold pearl jadi pilihan buat koleksi kali ini demi menampilkan sesuatu yang indah,” kata Itang Yunasz.

4. Buttonscarves x Benang Jarum

Buttonscarves x Benang Jarum berkolaborasi bersama Disney untuk menghadirkan busana dengan tema The Wonderland dalam JMFW 2023.

Koleksi ini terinspirasi dari salah satu film Disney berjudul ‘Alice in Wonderland’ dan merepresentasikan Alice sebagai karakter utama yang dikenal sebagai sosok pemimpi, pemberani, dan selalu ingin tahu.

Hadir dengan kombinasi warna dan motif yang bold serta trendy, diharapkan koleksi tersebut bisa menjadi inpirasi untuk setiap perempuan yang ingin tampil stylish, modern, dan elegan agar dapat lebih berani dan percaya diri.

Motif pada koleksinya menampilkan perpaduan harmonis antara elemen berbentuk geometris dan bunga-bunga berbentuk unik. Perpaduan warna yang harmonis pada koleksi ini juga membuatnya semakin terlihat feminin, manis, dan atraktif.

Terdiri dari shirt, dress, dan skirt, koleksi dari Buttonscarves menghadirkan desain modern, elegan, dan stylish. Koleksi tersebut mengeksplorasi aksen klasik dan timeless seperti puff sleeve, pleated, hingga smocked.

“Koleksi ini menggunakan berbagai material yang nyaman dan flowy, seperti satin, cotton, hingga tile dengan sentuhan modern dan dreamy yang menjadi daya pikat tersendiri dari koleksi ini. Melalui koleksi yang dirancang dengan desain yang elegan ini, ditunjukkan pula kekuatan padu padan antara Buttonscarves dan Benang Jarum. Kemudian, aksesori pelengkap yang ditunjukkan terdiri dari scarf, tas, belt, hingga sepatu untuk menambahkan kesan elegan dan dreamy pada keseluruhan koleksi,” kata Linda Anggreaningsih.

5. Jenna & Kaia

Koleksi keluaran Jenna & Kaia mengangkat tema Fleur yang artinya bunga. Kolesi tersebut merupakan sebuah gambaran dari ekspresi pemimpi yang penuh harapan dan optimistik. Warna-warna yang ditampilkan cenderung lembut dan nyaman dipandang mata.

“Koleksi ini bernama fleur yang artinya bunga. Lewat koleksi yang ditampilkan berusaha menggambarkan seorang pemimpi yang berkarakter dan optimistik. Walaupun warna yang ditampilkan cenderung lembut, tapi ada juga warna neon dari koleksi ini,” kata Lira Krisnalisa.

6. KHANAAN

Di acara JMFW 2023, KHANAAN menampilkan koleksi peralihan atau bisa disebut dengan Resort Collection dalam rangka menyamput Spring atau Summer 2023 mendatang. Koleksi Resort ini menampilkan silhouette yang anggun namun effortless dan timeless.

Sehingga, memudahkan perempuan di Indoneisa tetap tampil cantik dan anggun tanpa merasa kesulitam. Selain itu, koleksinya dibuat dengan karakter dan cutting-an yang bisa dipakai hingga 3-5 tahun kedepan.

Bisa dikatakan bahwa koleski tersebyut menganut value sustainable fashion. Karakter warna yang dipakai dalam koleksi dipilih dengan warna yang mudah di padupadankan, namun tetap dapat dipakai dalam waktu yang lama.

”KHANAAAN melaunching Resort Collection 2023 yang mana terdapat 8 look sekaligus. Koleksinya cenderung elegan dan effortless. Tidak hanya cocok dipakai untuk satu atau dua musim saja, tetapi digunakan kapan saja masih cocok dan terlihat modis. Koleksi kali ini menjunjung tinggi suistanable fashion dengan warna yang ditampikan ada nude, aqua, hingga putih,” pungkas Khanaan Shamlan.

Nah, jadi itu dia beberapa koleksi 6 desainer yang ditampilkan di acara Jakarta Muslim Fashion Week 2023. Kamu paling suka koleksi dari desainer siapa, nih?

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website popmama.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”