Komparasi Rp 140 Jutaan, Harga Beda Rp 1,3 Juta, Pilih Honda Brio Satya S M/T 2019 Atau Toyota Agya 1.2 G M/T 2019

ulinulin.com

Honda Brio Satya pertama kali lahir di bumi Indonesia pada tahun 2013, saat itu kemunculannya serta merta “mengganggu” penjualan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla di kelas mobil Low Cost Green Car (LCGC). Tak heran, Brio hadir dengan menggabungkan performa memukau dengan kehematan bahan bakar yang sangat baik. Sedangkan jagoan PT Toyota Astra Motor ini juga punya kartu truf tepatnya di 2017 saat mengalami penyegaran, yakni tambahan fitur lengkap dan ubahan muka depan baru. Lantas dengan selisih harga hanya Rp 1,3 juta mending pilih mana? Honda Brio Satya S M/T 2019 atau Toyota Agya 1.2 G M/T 2019?

Kedua mobil ini hanya berbeda harga jual Rp 1,3 juta saja, mana yang jadi terbaik?

Pada komparasi kali ini, kami dari tim Cintamobil mengadakan 4 pertarungan kunci utama, yakni dari sisi harga, desain secara keseluruhan, fitur serta akomodasi, performa dan berakhir di kesimpulan. Karena, menurut kami, 4 hal itulah yang paling dicari dalam sebuah mobil kompak, apalagi konsumen kelas ini biasanya first time buyer. Desain mana yang paling menarik atau fresh, akomodasi kabin mobil mana yang paling luas, serta performa dan kehematan mobil mana yang terbaik. Pertarungan pada 4 poin tersebut akan menjadi kesimpulan yang nantinya akan jadi juaranya. So, mana yang terbaik diantara LCGC berharga jual Rp 140 jutaan?

1. Harga

TIPE MOBIL

HARGA HONDA BRIO BARU (OTR)

Honda Brio Satya S M/T

IDR. 140.000.000

Honda Brio Satya E M/T

IDR. 148.500.000

Honda Brio Satya E CVT

IDR. 163.500.000

Honda Brio RS M/T

IDR. 176.000.000

Honda Brio RS CVT

IDR. 191.000.000

*Harga per bulan September 2019

Dari segi harga, Anda bisa lihat sendiri pada masing-masing tabel, baik bagian atas untuk daftar harga Honda Brio, dan bagian bawah untuk daftar harga Toyota Agya. Pada tipe yang kali ini tim Cintamobil komparasi kali ini adalah Honda Brio Satya tipe S dengan transmisi manual dengan banderol Rp 140,000,000 dan Toyota Agya tipe G dengan transmisi manual yang dijual dengan harga Rp 141,300,000. Alias perbedaan harga antara kedua mobil ini hanya terpaut Rp 1,3 juta saja. Lantas dengan harga lebih mahal Rp 1,3 juta apa sebanding dengan apa yang didapatkan alias value for money? Mari ke parameter selanjutnya.

Tipe Mobil

Harga Toyota Agya Baru (OTR)

Toyota Agya 1.0 G M/T

IDR. 138.200.000

Toyota Agya 1.2 G M/T

IDR. 141.300.000

Toyota Agya 1.2 G A/T

IDR. 154.300.000

Toyota Agya 1.2 M/T TRD

IDR. 145.500.000

Toyota Agya 1.2 A/T TRD

IDR. 157.350.000

*Harga per bulan September 2019

2. Desain

Desain bodi aerodinamis jadi keunggulan utama Honda Brio Satya S M/T 2019 dibanding rivalnya

Desain bodi yang aerodinamis jadi keunggulan utama Honda Brio ini dibanding pesaingnya. “Total nilai dari coefficient of drag dari Honda All New Brio ini membaik 0,02 bila dibandingkan dengan pendahulunya. Untuk mobil ini kami fokus mengembangkan desain engine hood (kap mesin) baru, dan area sekitar lampu belakang,” papar Tsutomu Harano, Large Project Leader All New Brio, Honda R&D Asia Pasific Co., Ltd ekslusif kepada tim Cintamobil.com saat peluncuran All New Honda Brio ini di Jakarta tahun lalu. Sayangnya, ia tidak dilengkapi dengan headlamp projector dan pelek masih steel biasa ditutup dop plastik.

Meski kurang aerodinamis, tapi headlamp sudah projector dan tersedia foglamp jadi kelebihan Toyota Agya G 1.2 M/T 2019 ini

Secara umum, tidak se-aerodinamis rivalnya, namun desain eksterior dari Toyota Agya 1.2 G M/T 2019 ini cukup menarik, dan juga sporti. Meski jika dilihat frontal dari arah depan mirip sekali dengan joker face bumper depannya. Namun itu tidak masalah, apalagi headlamp depan mobil ini sudah menggunakan model projector meskipun bohlamnya masih tipe halogen biasa dan sudah dilengkapi dengan lampu kabut alias foglamp. Yang menyenangkan lagi, pelek mobil ini sudah menggunakan tipe alloy wheel dengan finishing two tone machining alloy, jelas lebih terlihat modern dibanding rivalnya.

Sayang sekali Honda Brio Satya S M/T 2019 tak dilengkapi dengan wiper belakang, tapi tuas pintu bagasi sudah elektrik

Lanjut ke bagian buritan mobil Honda Brio Satya S M/T 2019 ini. Jujur saja, tampilan belakang jagoan PT Honda Prospect Motor ini terlihat lebih minimalis bila dibandingkan dengan Toyota Agya 1.2 G M/T 2019. Anda tak akan menemui penyeka kaca belakang alias wiper. Juga stoplamp masih full bohlam halogen, berbeda dengan rivalnya yang sudah mengadopsi bohlam LED untuk lampu rem dan lampu kotanya. Belum lagi desain bumper yang lebih agresif plus rear upper spoiler yang terpasang di Agya membuat tampilan Agya sedikit lebih menarik dari Brio termurah ini.

Tampilan belakang dari Toyota Agya 1.2 G M/T 2019 ini lebih agresif, sayang pintu bagasinya tidak bisa dibuka dari luar

Namun, bukan berarti jagoan sunter ini tanpa kekurangan. Kami menemukan satu kekurangan yang sepele namun cukup mengganggu, yakni tidak tersedianya tuas pembuka pintu belakang pada Toyota Agya 1.2 G M/T 2019. Anda harus mencolok anak kunci ke lubang kunci yang tersedia, memutarnya sembari mengangkat pintu. Sungguh tidak praktis! Kontras dengan milik Honda Brio Satya S M/T 2019 yang sudah dilengkapi dengan tuas pembuka bagasi elektris yang dapat dioperasikan melalui sentuhan ringan saja. Kami harap di versi penyegaran Toyota tidak pelit dengan memberikan tuas pintu di Agya ini.

3. Fitur & Akomodasi

Pengaturan AC digital di Honda Brio Satya S M/T 2019 tidak akan Anda temui di Toyota Agya 1.2 G M/T 2019

Berbeda dengan Brio Satya tipe E sebagai tipe menengah, serta RS yang jadi top of line di varian Brio, untuk Honda Brio S M/T 2019 ini tak akan Anda temukan motif lining silver atau oranye seperti kedua tipe yang lebih mahal tadi. Hanya ada warna hitam polos saja, tanpa ada ornamen pemanis di layout dasbor. Meski demikian yang patut diapresiasi adalah, PT Honda Prospect Motor tetap menyediakan fitur pengaturan AC digital pada mobil ini yang tidak akan Anda temui pada Toyota Agya 1.2 G M/T 2019. Setir yang digunakan pada Honda Brio S M/T 2019 ini juga tidak ditemukan tombol pengatur audio pada sisi kiri spoke setir.

Pada Toyota Agya 1.2 G M/T 2019, Anda akan mendapat audio steering switch yang tidak ada di Brio Satya S M/T 2019

Adanya tombol pengatur audio di setir ini sangat membantu kami ketika hendak mengatur volume dan berganti source musik. Berganti-ganti track musik juga dapat dengan mudah dilakukan. Seharusnya fitur seperti ini sudah menjadi standar keluaran mobil kekinian. Dan meskipun head unit yang diusung oleh Toyota Agya 1.2 G M/T 2019 ini tidak secanggih saudara kembarnya Ayla yang sudah mengusung layar sentuh, namun konektivitas di head unit ini bisa dibilang baik. Tidak pernah ada masalah ketika kami menghubungkan gadget kami dengan head unit ini, dan kualitas suaranya pun juga cukup baik.

Posisi kursi depan telah diatur pas untuk tester kami yang berbadan gambot, ketika ia duduk di belakang ia tetap tidak merasa kesempitan

Honda Brio S M/T 2019 ini menyediakan ruang kabin yang lebih nyaman dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Hal ini bisa terjadi karena bagian wheelbase alias jarak sumbu roda yang kini melar 60 mm. Ini bertujuan untuk menyediakan ruang yang lebih lega ketika ada penumpang duduk di jok belakang, serta ruang yang lebih panjang dan besar untuk mendukung aktivitas keluarga muda di Indonesia.Asyiknya, tester Cintamobil.com ini tidak merasa kesempitan saat harus duduk di kabin belakang Honda Brio S M/T 2019, sebuah kelebihan yang Anda tak akan temukan di Toyota Agya 1.2 G M/T 2019.

Posisi duduk di Toyota Agya 1.2 G M/T 2019 cukup rileks meski tidak selega rivalnya tersebut

Ada hal mengejutkan yang kami rasakan saat mengetes jalan jauh Toyota Agya 1.2 G M/T 2019, yakni diluar dugaan, karena egronomikanya baik. Saat menempuh perjalanan jauh kursi depan tidak terlalu membuat badan terasa pegal, ia mampu menopang tubuh kami dengan baik. Sayangnya hal tersebut bertolak belakang dengan kursi belakangnya, meski headrestnya sudah terpisah yang membuatnya dapat diatur ketinggiannya, namun saat perjalanan jauh ia cukup melelahkan ketika diduduki. Disinyalir hal tersebut karena bagian sandaran kursi belakangnya terlalu rata, jadi saat jalan jauh badan agak pegal.

4. Performa

Bukan hanya lebih bertenaga, namun mesin berkode L12 dipadu transmisi manual 5 percepatan punya performa yang baik

Mesin Honda Brio Satya S M/T 2019 adalah unit berkode L12. Mesin 1.2 liter 4-silinder dengan teknologi katup variabel i-VTEC ini telah teruji serta menawarkan efisiensi bahan bakar dan pengalaman fun-to-drive khas mobil Honda. Mesin bertenaga 90 PS atau 88,5 dk pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi maksimum 110 Nm di putaran mesin 4.800 rpm ini dikawinkan dengan transmisi manual 5 percepatan yang minim power loss. Transmisi manual di Honda Brio Satya S M/T 2019 ini cukup istimewa lantaran pedal koplingnya ringan serta gerakan tuas transmisinya presisi dan halus. Sebuah sentuhan kecil dari insunyur teknik Honda yang membuat mobil ini menyenangkan dikendarai. Konsumsi BBM? Dalam kota dengan mudah tembus 16 km/l dan luar kota tembus 20,1 km/l.

Karakter square engine di 3NR-VE membuat output tenaga dan torsi lebih balans di putaran yang tidak terlalu tinggi

Kami cukup terkesan dengan minimnya vibrasi dari mesin berkode 3NR-VE yang digendong oleh Toyota Agya 1.2 G M/T 2019 ini. Mesin dengan karakter square (ukuran bore atau diameter piston sama dengan langkah piston) ini memiliki performa yang lebih baik ketika dikawinkan dengan transmisi yang pas, seperti transmisi 5 percepatan di varian ini. Pada putaran bawah, rasanya mobil agak ‘malas’ diajak berlari, baru setelah putaran mesin melewati angka 4.000 rpm, tenaga mesin tersalur dengan baik. Konsumsi BBM tol serta dalam kota di mobil ini mencatat 13,8 km/l untuk dalam kota dan 20,0 km/l untuk rute tol. Untuk urusan handling, Toyota Agya 1.2 G M/T 2019 ini harus mengakui kelincahan Honda Brio S M/T 2019 yang presisi saat melibas tikungan secara cepat.

5. Kesimpulan

Toyota Agya 1.2 G M/T menang dalam komparasi kali ini dengan alasan…

Jujur saja, agak sulit menentukan pemenang di tes kali ini. Anda Honda Brio tipe S M/T itu dilengkapi dengan wiper belakang, pelek alloy, tombol pengatur audio di setir, serta foglamp tentu jagoan PT Honda Prospect Motor itu mutlak menjadi pemenangnya. Namun, Toyota Agya 1.2 G M/T 2019 juga bukan mobil yang jelek, karena dengan ‘hanya’ menambah Rp 1,3 juta saja, Anda akan mendapatakan LCGC dengan mesin 1.200 cc 4 silinder yang dilengkapi dengan pelek alloy, fitur lebih lengkap, dan aura lebih modern. Jika Anda suka mengemudi dan ingin kabin lega, pilihannya ada di Brio, jika ingin fitur lengkap Agya lah yang menang.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”