Komponen-Komponen Dasar Jaringan Komputer

ulinulin.com – Jaringan komputer adalah sebuah kumpulan komputer, printer, dan peralatan lainnya yang saling berkaitan satu sama lain.

Untuk dapat membangun sebuah jaringan terdapat beberapa komponen dasar yang harus dipenuhi, diantaranya adalah komponen fisik dan komponen non-fisik.

Komponen fisik terdiri dari unit komputer, kartu jaringan/LAN Card, dan kabel jaringan yang terdiri dari kabel twisted pair, kabel coaxial, kabel fiber optik, konektor, tang crimping, HUB, bridge dan switch, dan router.

Sedangkan komponen non fisik terdiri dari operating sistem untuk komputer dan protokol jaringan. Selanjutnya hal yang penting adalah teknik pengkabelan.

Fungsi dari komponen dasar jaringan komputer itu sendiri adalah untuk melakukan pertukaran informasi dan data bergerak melalui kabel atau tanpa kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar data.

Komponen Fisik

Kartu Jaringan atau LAN Card

LAN Card lebih mudah diidentifikasi dengan ciri terdapat port/lubang colokan. Komponen ini terpasang secara onboard pada perangkat komputer.

Kabel Jaringan

Kabel dalam sebuah jaringan berfungsi sebagai penghubung/konektor. Berikut ini beberapa tipe kabel yang sering digunakan, diantaranya adalah sebagai berikut;

Kabel Twisted Pair

Kabel ini terdiri dari beberapa kabel yang saling melilit satu sama lain Adapun dua jenis kabel yang termasuk dalam tipe kabel ini yaitu Shielded Twisted Pair (STP) dengan lapisan aluminium foil dan Unshielded Twisted Pair (UTP).

Tampilan fisik kabel ini terdiri dari kawat tembaga sebagai inti yang dilapisi oleh isolator dalam lalu dikelilingi oleh konduktor luar kemudian dibungkus dengan bahan semacam PVC sebagai lapisan isolator luar.

Kabel Coaxial

Fungsi kabel coaxial adalah untuk mentransmisikan frekuensi tinggi mulai dari 300 kHz ke atas, dan penggunaan kabel ini mempunyai kanal frekuensi yang sangat besar.

Dalam penggunaan sehari-hari, kabel coaxial banyak dijumpai pada antena televisi, antena pemancar radio, dan juga kabel jaringan LAN.

Penggunaan kabel koaksial dalam jaringan internet melengkapi instalasi kabel utp yang juga berperan penting dalam jaringan LAN.

Kabel Fiber Optik

Kabel fiber optic terdiri atas inti serat kaca dan dibungkus lapisan luar seperti kabel-kabel umumnya.

Konektor

Konektor digunakan sebagai sarana penghubung antara kabel dengan colokan LAN card yang ada di CPU komputer anda.

Jenis konektor ini disesuaikan dengan tipe kabel yang digunakan misalnya RJ-45 berpasangan dengan kabel UTP/STP, konektor BNC/T berpasangan dengan kabel coaxial sedangkan tipe kabel fiber optic digunakan konektor ST.

Tang Kriping

Tang kriping berfungsi untuk menjepit kabel dengan konektor yang telah terpasang sehingga tidak mudah lepas pada saat instalasi. Penggunaan tang ini disesuaikan dengan jenis kabel yang akan anda gunakan untuk membangun jaringan.

HUB

Hub adalah komponen jaringan yang memiliki colokan (port-port). Umumnya hub memiliki jumlah port mulai dari 4, 8, 16, 24 sampai 32 plus 1 port (uplink) untuk menghubungkan ke server atau ke hub lain. Hub digunakan untuk menyatukan kabel-kabel network dari tiap-tiap workstation, server atau perangkat lain.

Router

Router memiliki kemampuan untuk menyaring atau memfilter data yang lalu lalang di jaringan berdasarkan aturan atau protokol tertentu. Seperti bridge, router juga dapat digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan model LAN bahkan WAN.

Komponen Non Fisik

Selain komponen fisik yang telah dijelaskan sebelumnya, ada juga komponen non fisik bila kita akan belajar membangun sebuah jaringan, antara lain:

Operating System untuk Komputer

Ada banyak operating system yang dapat Anda gunakan untuk membangun jaringan komputer. Untuk komputer server biasanya Microsoft Windows NT 4 Server, Microsoft Windows 2000 Server, Microsoft Windows 2003 Server, Microsoft Windows Server 2008, Novell Netware serta Linux.

Sedangkan untuk client/workstation anda dapat menggunakan Microsoft Windows 98, ME, 2000 Professional, XP, 7, 8 dan distro linux.

Protokol Jaringan

Protokol Jaringan adalah aturan-aturan yang digunakan dalam jaringan sehingga komputer-komputer anggota jaringan dan komputer berbeda platform dapat saling berkomunikasi. TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) adalah protocol.

Sekian penjelasan komponen dasar jaringan komputer. Semoga bermanfaat

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website tekno.kompas.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”