Komunitas Mobil WALI Gelar Touring Menjelajah Sulawesi

ulinulin.com – MAKASSAR – Ragam kegiatan telah dilakukan oleh komunitas kendaraan roda empat akhir-akhir ini. Seiring dengan diperlonggarnya PPKM dan menyurutnya kasus COVID-19 di Indonesia. Dan kegiatan ini memang sudah menjadi event rutin yang diselenggarakan komunitas sebelum pandemic terjadi.

Komunitas Wuling Almaz Indonesia (WALI) baru-baru ini mengadakan kegiatan di pengujung 2021. Klub WALI yang terbentuk 19 September 2019 itu melakukan touring dengan tema “Tour De Celebes” alias menjelajah Sulawesi.

Kegiatan yang dilakukan sejak 25 Desember 2021 ini berakhir pada 4 Januari 2022. Sebanyak 23 anggota WALI meramaikan turing dengan protokol kesehatan ketan mulai antigen dan PCR. Kegiatan ini bahkan mendapat dukungan dari Ikatan Motor Indonesia (IMI).

Jelajah Sulawesi ini dimulai dari diler Wuling Kumala Pettarani Makassar untuk menempuh total jarak 4.000 kilometer. Rute yang dijalani dimulai dari Makassar menuju Manado kembali ke Makassar melewati berbagai tempat eksotis di Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Barat. Beberapa diantaranya seperti To’tombi Tana Toraja, Buntu Burake, Kete Kesu, Danau Poso, Pantai Cinta, Pantai Amurang, Bukit Kasih Tomohon, Danau Tondano, hingga Danau Linow.

Kegiatan ini menjadi pencapaian tersendiri untuk komunitas WALI. Komunitas ini menjadi komunitas Wuling Almaz pertama yang menjelajahi Sulawesi sepanjang 4.000 kilometer pulang pergi. Anggota komunitas juga mengajak keluarganya untuk menikmati suguhan kuliner dan pemandangan alam Sulawesi.

“Menggunakan Wuling Almaz di Sulawesi sangat nyaman buat keluarga kami sehingga kami menikmati perjalanan dan kuliner tanpa ada masalah dan keluarga kami tidak merasa terlalu lelah setelah menempun jarak yang panjang,” ujar Rizki, salah satu peserta.

Selain tur, WALI juga melakukan kegiatan penanaman 1.000 mangrove di Mangrove Eco Resort Marisa Hotels Gorontalo dan juga kegiatan sosial dengan donasi untuk Panti Asuhan Duta Kasih Tomohon Sulawesi Utara dan Panti Asuhan Nurul Qolbi Gorontalo. Rombongan tur juga mengunjungi diler Wuling Kumala yang tersebar di Sulawesi yakni Manado, Malalayang, Palopo, Makassar, Mamuju dan Palu.

“Jadi tak hanya touring dan menyenangkan keluarga, kami juga mengajak masyarakat Sulawesi untuk peduli vaksin covid-19 dan wajib pakai masker. Kami juga ingin memperkenalkan keindahan alam Indonesia khususnya Sulawesi, juga peduli akan global warming serta peduli pada masyarakat yang membutuh bantuan seperti anak-anak di panti asuhan,” ujar Andrian Salim Ngatio atau kerap dipanggil Om Jerry, Ketua Umum WALI dalam keterangannya, Rabu (12/1/2022).

Keberhasilan kegiatan ini juga menjadi bukti kualitas dan daya tahan produk Wuling Almaz dalam menghadapi beragam jenis jalan. Ini juga membantah isu mengenai Almaz yang tidak mampu melewati medan ekstrem.

“Selama perjalanan tidak ada kendala yang berarti pada mobil yang kami kendarai. Bahkan jalur yang kami jumpai terbilang ekstrem berkelok-kelok dan tanjakan curam. Kami juga menemui jalan dan jembatan yang rusak serta tanah longsor,” ujar Jerry.

Salah satu peserta, Jimmi, mengungkapkan kondisi jalan yang dilewati sepanjang kegiatan ini termasuk ekstrem. Pernah dalam satu hari rombongan melewati 568 kilometer dalam rute Gorontalo ke Parigi Moutong.

“Dai jam 7 pagi kami sampai tujuan jam 12 malam. Dalam perjalan Mamuju ke Majene kami menjumpai tiga kali tanah longsor,” ucap Jimmi.

Saat ini keanggotan WALI sudah mencapai 2.800-an member yang tersebar di 29 chapter di seluruh Indonesia. Tahun 2022 ini, Rencananya WALI akan kembali membuat gebrakan baru yakni melakukan touring di 3 negara. “Harapan saya tahun ini WALI semakin solid dan tentunya komunitas ini semakin bermanfaat untuk orang lain,” ucap Jerry.

Almaz ditawarkan dalam beberapa varian seperti Exclusive 7 seater dengan banderol Rp 336 juta, Exclusive 5 seater dengan banderol Rp 326 juta, Smart Enjoy CVT 7 Seater dengan banderol Rp 277 juta dan Smart Enjoy 6MT 7 Seater dengan banderol Rp 261 juta.

SUV ini menggunakan mesin 1.451 cc DOHC DVVT Turbocharger dengan tenaga 140 hp dan torsi 250 Nm. Transmisi CVT yang digunakan mensimulasikan 8-percepatan. Fitur keselamatannya hadir seperti airbag di depan dan samping, emergency stop signal, tire pressure monitoring system, rem cakram depan belakang, ABS EBD BA dan Hill Hold Control. Masih ada ESC dan TCS, Immobilizer, dan auto door lock. Beberapa fitur lainnya adalah electric parking brake dengan autohold, auto ac, panoramic sunroof, keyless entry, cruise control, parking sensor, dan electric mirror. (SETYO ADHI/EK)

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carvaganza.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”