KPK: Tak Ada Jaminan Pejabat Tidak Korupsi

ulinulin.com – KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) menyebutkan jika tidak ada jaminan bagi semua orang, termasuk pemimpin baik yang di daerah atau di pusat tidak akan melakukan korupsi .

Bahkan, apabila pemimpin atau kepala daerah tersebut mendaoatkan penghargaan antikorupsi, itu bukan merupakan suatu jaminan untuk tidak melakukan tindak pidana.

Pernyataan tersebut disampaikan deputi Bidang Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK , Wawan Wardiana.

“Ada juga kepada daerah yang hampir setiap tahun daerahnya mendapatkan penghargaan antikorupsi, tapi nyatanya dia kena juga,” kata Wawan Wardiana.

Menurut Wawan Wardiana, berkaitan pemberian penghargaan antikorupsi kepada suatu daerah tertentu, bisa juga menjadi tolokj ukur terhadap daerah lainnya.

“Daerahnya yang dapat penghargaan antikorupsi saja bisa kena, apalagi yang tidak ada,” ucap Wawan Wardiana.

Korupsi menjadi salah satu godaan terbesar bagi setiap pemimpin mauun penguasa, baik di lingkungan pemerintah atau perusahaan swasta.

Pasalnya, dengan adanya korupsi , akan membuat pencuri uang rakyat cepat mendapatkan keuntungan dan kekayaan secara instan.

Meskipun demikian, korupsi merupakan tindak pidana di Indonesia dan negara lain di dunia yang harus mendapatkan hukuman berat.

“Tidak ada jaminan bagi seseorang ataupun saya untuk tidak melakukan korupsi . Bisa jadi hari ini tidak korupsi , tetapi besoknya korupsi ,” ujar Wawan Wardiana dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Antara.***