Kripto BTT (BTTC) di Indodax Tak Sesuai Janji 14 Februari

ulinulin.com – Beberapa pengguna Indodax mengeluhkan, bahwa Indodax tidak menepati janjinya untuk memperdagangkan kembali kripto BTT (BTCC) pada 14 Februari 2022.

“Banyak yang bertanya tentang BTT di Indodax. Seharusnya 14 Februari, sesuai janji mereka sudah bisa diperdagangkan lagi. Tapi belum ada kabar sampai hari ini,” ucap Tama (bukan nama sebenarnya), seorang pengguna Indodax kepada Blockchainmedia.id melalui WhatsApp.

Bahkan sejumlah pengguna Indodax di Youtube bernada serupa menanti kepastian BTT baru ini akan diperdagangkan lagi.

“Udh muncul belum di Indodax?” sebut pengguna di tayangan video ini.

“Belum ada bang, masih MT dari kmrin,” jawab pengguna lain.

Tama mengacu pada pengumuman Indodax sebelumnya di e-mail, yang menyatakan: “Sehubungan dengan adanya migrasi jaringan BTT yang telah diinformasi, trading BTT pada market USDT yang sebelumnya dibuka kembali pada Jumat, 14 Januari 2022 pukul 10.00 WIB akan mengalami penundaan dan dibuka kembali pada Senin, 14 Februari 2022.”

“Sayangnya, tautan yang disematkan di pengumuman itu malah sudah hilang,” aku Tama.

Sebelumnya, pada 20 Desember 2021 lalu, Indodax mengumumkan untuk menangguhkan sementara perdagangan kripto BitTorrent Token (BTT). Hal ini terkait perubahan besar di sistem BTT.

“Redenominasi jaringan BTT di seluruh exchange yang akan mengganti jaringan BTT dari versi lama (TRC-10) menjadi jaringan baru (TRC-20). Pada saat ini, BTT yang terdaftar dan diperjualbelikan di wallet Indodax merupakan BTT yang menggunakan jaringan TRC-10. Indodax berencana akan mendukung migrasi BTT pada tanggal yang belum ditentukan sekitar Januari 2022 dengan pemberitahuan lebih lanjut berikutnya.

Kripto BTT Jadi BTTC

Redenominasi kripto BitTorrent (BTT) dijadwalkan tuntas pada Rabu (12/1/2022), pasca meluncurnya protokol BitTorrent Chain (BTTC) pada 12 Desember 2021 lalu. Lantas apa itu redenominasi dan seberapa besar dampak BitTorrent Chain pada nilai proyek besutan Justin Sun ini?

Dimulainya debut BitTorrent Chain (BTTC) hampir bersamaan waktunya dengan keputusan Justin Sun hengkang dari pucuk pimpinan Tron Foundation, organisasi yang membawahi proyek blockchain Tron dan termasuk perusahaan ternama BitTorrent yang diakusisinya pada Juni 2018.

Sun mengatakan dia didapuk sebagai duta besar WTO (World Trade Organization) untuk negara sangat kecil, bernama Granada, Kepulauan Karibia. Sun mengaku tidak sepenuhnya meninggalkan Tron Foundation, tetapi sekadar turun dari kepemimpinan sebagai CEO. Ia juga beralasan Tron sudah cukup desentralistik.

Apa Itu Redenominasi BTT?

Redenominasi BTT adalah penyederhanaan nominal/angka kripto BTT. Nisbah (ratio) redenominasinya adalah 1:1000. Semua pemegang kripto BTT wajib menukarnya menjadi versi baru, kelak bersimbol BTTC.

Dalam proses konversi terkait redenominasi ini, BTT versi lama disebut dengan BTTOLD. Sedangkan hasil konversi disebut BTT. Karena rasionya adalah 1:1000, maka 1 BTTOLD setara dengan 1000 BTT. Sedangkan misalnya 0,1 BTTOLD setara dengan 100 BTT. Tidak ada nilai tukar yang berubah, hanya angka saja.

Menyoal Redenominasi Kripto BitTorrent (BTT) dan Peluang BitTorrent Chain

Proses konversi ini bisa dilakukan di blockchain Tron secara manual, khususnya yang menggunakan wallet non-exchange. Sedangkan pengguna yang punya wallet BTT di bursa kripto, tidak perlu khawatir, karena akan ditukar secara otomatis. Di Indonesia, sejumlah bursa sudah melakukannya, seperti Tokocrypto, Zipmex dan lain sebagainya. Belakangan Zipmex me-delisting BTT ini beberapa pekan lalu. [ps]