Ladies, Inilah Penyebab Pipi Tembem yang Perlu Diketahui

ulinulin.com – Kamu punya pipi tembem? Mau tahu apa saja penyebab dari pipimu yang melebar? Nah, pada kesempatan kali ini, Kamini akan membahas mengenai 4 penyebab pipi tembem yang harus kamu tahu.

Ternyata tidak hanya timbunan lemak saja yang menyebabkan pipi tembem, nih. Penasaran, apa saja faktor lain yang menjadi penyebabnya dan membuat pipimu makin tembem? Yuk, baca langsung saja pembahasannya di bawah ini!

Akibat Gangguan Kesehatan

Pipi tembem ternyata juga bisa muncul karena adanya gangguan kesehatan tertentu. Nah, gangguan kesehatan apa saja yang bisa menyebabkan pipimu tembem? Berikut pembahasannya.

1. Dehidrasi

Tahukah kamu, ternyata dehidrasi dapat menjadi salah satu penyebab pipimu menjadi chubby alias tembem. Nah, ketika tubuhmu mengalami dehidrasi, akan ada banyak air yang tersimpan dalam tubuh. Maka dari itu, ketika mengalami dehidrasi, pipimu bisa menjadi tembem. Oh ya, pipi tembem juga bisa disebabkan karena tubuh kamu mengalami kekurangan vitamin C, lho.

2. Sindrom Cushing

* sumber: www.womenfitness.net

Sindrom Cushing juga dapat menjadi faktor penyebab pipi tembem. Sindrom Cushing adalah kondisi dimana kadar hormon kortisol atau hormon stres yang mengatur suasana hati mengalami peningkatan dari segi jumlah. Naiknya hormon ini mampu menyebabkan seseorang mengalami gejala sindrom Cushing.

Menurut alodokter, ada beberapa gejala yang diakibatkan oleh sindrom Cushing ini di antaranya adalah berat badan naik, lemak menumpuk di area tertentu seperti wajah dan bahu, sakit kepala hingga penipisan jaringan kulit.

Sindrom ini dapat diobati dengan cara mengurangi kadar kortisol dalam tubuh penderitanya. Nah, ada juga beberapa metode pengobatan yang dapat ditempuh untuk mengobati sindrom ini di antaranya adalah melalui proses pembedahan, konsumsi obat-obatan tertentu hingga mengurangi penggunaan kortikosteroid.

3. Kekurangan Gizi

Ternyata, kekurangan gizi dan nutrisi bisa menyebabkan pipi kamu membengkak, lho. Nah, untuk menghindari hal tersebut, kamu harus banyak mengonsumsi makanan kaya serat dan protein. Mengonsumsi sayuran dan buah-buahan dapat membantu mengatasi kekurangan gizi yang dapat membuat pipimu membengkak.

4. Hipotiroidisme

Selain karena sindrom Cushing, hipotiroidisme juga bisa menjadi penyebab pipimu tembem atau membengkak. Kondisi ini disebabkan karena kelenjar tiroid yang ada pada bagian depan tenggorokan tidak mampu memproduksi hormon yang cukup. Hormon yang dihasilkan kelenjar tiroid mampu mengatur proses metabolisme tubuh.

Nah, orang yang mengalami hipotirodisme ini metabolisme tubuh dan pembakaran lemak di tubuhnya akan melambat. Tidak heran, kondisi ini bisa menyebabkan pipi membengkak atau tembem. Kalau kamu sedang dalam masa kehamilan atau mengalami kekurangan yodium, pipi tembemmu bisa saja diakibatkan oleh hipotiroidisme.

Penyebab Pipi Tembem Lainnya

Penyebab pipi tembem bukan hanya diakibatkan oleh gangguan kesehatan saja. Ada beberapa faktor lain diluar gangguan kesehatan yang menjadi penyebab pipimu tembem. Ingin tahu selengkapnya? Baca ulasannya berikut ini.

1. Otot Besar

* sumber: www.quora.com

Otot besar bisa menjadi penyebab pipimu tembem, lho. Eits tapi bukan sembarang otot, ya. Pembesaran pada otot untuk mengunyah bisa mengakibatkan pipimu menjadi chubby. Kompas menyebutkan, pembesaran otot mengunyah ini bisa diatasi dengan mengatur aktivitas mengunyah.

Salah satu cara untuk mengatur aktivitas otot ini adalah dengan menghindari mengunyah makanan yang bertekstur keras. Mengonsumsi permen karet secara berlebihan juga dapat menyebabkan otot bekerja lebih keras dan akhirnya menyebabkan pembesaran otot.

2. Kurang Berolahraga

Seperti yang kita ketahui, kurang berolahraga dapat menimbulkan timbunan lemak di dalam tubuh, termasuk pipi. Jadi, pipi tembemmu juga bisa diakibatkan karena kurangnya berolahraga. Nah, salah satu metode yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi lemak di pipimu adalah dengan melakukan senam wajah.

3. Konsumsi Alkohol yang Berlebihan

Penyebab lainnya adalah konsumsi alkohol yang berlebihan. Nah, jika kamu mengonsumsi alkohol dalam jumlah banyak, kamu bisa mengalami dehidrasi. Seperti yang kita ketahui, dehidrasi dapat menyebabkan pipimu tembem karena tubuh berusaha menyimpan kadar air yang banyak saat kamu mengalami dehidrasi.

4. Konsumsi Garam dalam Jumlah Banyak

Tahukah kamu, banyak mengonsumsi makanan yang mengandung garam alias makanan asin juga dapat menyebabkan pipi menjadi tembem?

Garam memiliki kandungan sodium hingga 40%. Nah, sodium ini memiliki sifat mengikat air pada tubuh, termasuk juga pada bagian wajah kamu. Untuk itu kamu disarankan agar mengurangi asupan garam, nih. Menurut honestdocs, salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk meminimalisir asupan garam pada tubuh adalah dengan melakukan diet mayo.

5. Asupan Karbohidrat yang Berlebihan

* sumber: www.healthifyme.com

Mengonsumsi makanan berkarbohidrat, seperti pasta, nasi, roti hingga kentang secara berlebihan dapat menyebabkan berat badanmu naik secara signifikan dan menyebabkan kegemukan. Kegemukan ini juga dapat menimbulkan timbunan lemak di pipi yang membuat pipi kamu semakin tembem. Oleh karena itu, hindarilah berbagai macam makanan penyebab pipi tembem agar berat badan terjaga.

6. Pemilihan Model Rambut

* sumber: www.stylecraze.com

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kamini.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”