Ladies Parking, Parkir Lebih Aman Buat Pengemudi Wanita

ulinulin.com

Parkir sembarangan bisa saja melanggar karena area yang ditempati adalah area larangan. Parkir di tempat yang disediakan namun jauh dari pantauan dan titik keramaian bisa juga cukup rawan. Terlebih untuk pengemudi wanita yang datang sendirian atau bersama anaknya yang masih kecil.

Ladies Parking

Ada tempat khusus untuk parkir pengemudi wanita

Di beberapa pusat perbelanjaan atau area publik sering kali ditemui Ladies Parking atau area parkir khusus wanita. Bahkan agar lebih mencolok desainnya dibikin berbeda seperti menggunakan warna cat pink, ungu atau warna lain yang kewanita-wanitaan, lengkap dengan plang penunjuk.

Sebenarnya tidak ada aturan yang mewajibkan menyediakan area parkir khusus berdasarkan jenis kelamin. Itu adalah inisiatif dari managemen dan properti perusahaan yang bersangkutan yang dibuat dengan tujuan tertentu. Salah satunya, untuk memudahkan pengemudi wanita mencari tempat parkir.

Secara jumlah pengemudi wanita tidak sebanyak pengemudi pria. Karenanya Ladies Parking yang tersedia biasanya cukup mengakomodir pengunjung wanita yang mengemudi sendirian. “Secara kasat mata di sediakan ladies parking itu memang untuk mempermudah wanita yang mengendarai mobil, mereka tidak perlu susah-susah lagi mencari lahan parkir yang kosong, karena sudah disediakan khusus,” tutur Rio Octaviano, Ketua Indonesia Parking Association (IPA), seperti dikutip dari Kompas, (21/01/2020).

Lebih Aman Buat Pengemudi Wanita

Parkir lebih aman di tempat yang disediakan

Selain faktor kemudahan, area parkir khusus ini lebih memberi rasa aman kepada pengemudi wanita. Di area parkir mereka hanya berbaur dengan pengemudi wanita yang lain sebelum memasuki area pusat perbelanjaan atau tempat yang dituju. So, jika ada pria yang nekat masuk ke area ini untuk melakukan tindak kejahatan akan mudah terlihat dan diketahui, baik oleh security maupun kamera CCTV.

Rasa aman lain Ladies Parking umumnya terletak dekat dengan pintu masuk gedung. Yang artinya kondisi kendaraan juga lebih mudah terpantau dari pada yang parkir di tempat paling ujung dan paling jauh.

Jadi, buat kalian para wanita yang biasa mengemudi sendirian jangan ragu untuk memanfaatkan area parkir khusus ini jika memang tersedia. Selain lebih nyaman, Anda juga lebih merasa aman.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”