Lagi Musim Hujan, Begini Cara Mudah Hilangkan Jamur Pada Kaca Mobil

ulinulin.com – JAKARTA – Pada musim hujan seperti sekarang ini, salah satu ornamen penting pada kendaraan roda empat yang harus diperhatikan adalah kaca mobil. Jika tidak mendapatkan perawatan secara rutin bisa membuat kaca menjadi berjamur sehingga menghalangi pandangan, terutama ketika diguyur hujan.

Jika visibilitas terhalang, akan sangat mengganggu kenyamanan berkendara. Untuk itu dibutuhkan perawatan secara berkala agar kaca mobil tetap terjaga dan tidak berjamur. Untuk mengatasinya, bisa menempuh trik-trik mudah berikut ini.

1. Bersihkan Kaca Setelah Terkena Hujan

Karena titik hujan berpotensi memberikan efek jamuran pada kaca, bersihkan kaca dengan kain kanebo atau dengan kain microfiber setelah Anda berkendara. Jangan lupa cek karet pada bilah wiper karena akan mempengaruhi kebersihan pada kaca. Kalau bilah karetnya sudah tidak bisa membersihkan secara sempurna, segera diganti saja.

Tapi kalau jamurnya sudah membandel di kaca, harus dibersihkan dengan treatment khusus. Bisa dibawa ke salon mobil atau dibersihkan sendiri. Tapi kalau dibersihkan sendiri ada beberapa hal yang perlu diperhatikan misalnya bahan yang digunakan atau komponnya. Jangan sampai nanti kaca malah lecet-lecet dan bergores, jamurnya malah tidak hilang.

2. Gunakan Pasta Gigi

Salah satu bahan rumahan yang paling gampang ditemukan untuk menghilangkan jamur di kaca mobil adalah pasta gigi. Mereknya boleh apa saja. Pasta gigi mengandung zat yang mampu menghilangkan jamur dan salah satu cara alami yang cukup ampuh.

Caranya mudah. Oleskan pasta gigi di bagian kaca mobil yang terkena jamur, lalu diamkan sampai mengering. Setelah kering, bilas pasta gigi menggunakan kain lembut dengan air dan segera keringkan dengan kain lainnya.

3. Minuman Bersoda

Minuman bersoda juga terbukti ampuh menghilangkan jamur kaca mobil. Caranya bersihkan dulu kaca mobil dengan air dan lap hingga kering. Setelah itu, basahi kain berbahan lembut dengan air soda, lalu gosokkan ke kaca mobil yang terkena jamur dengan lembut.

Lakukan sampai jamurnya hilang. Tapi harus diingat, jangan campurkan air soda dengan air biasa karena dapat mengurangi efektivitas kandungan soda dalam menghilangkan jamurnya tersebut.

4. Pemutih Pakaian

Nah, pemutih pakaian yang ada di rumah tidak hanya berguna membuat pakaian kita tambah kinclong. Bahkan bisa membuat kaca mobil kita tambah jernih dan bebas jamur. Caranya, bersihkan dulu kaca mobil Anda yang hendak diolesi dengan pemutih pakaian. Setelah kering, basahi kain lembut dengan cairan pemutih secukupnya.

Gosokkan kain secara perlahan pada jamur kaca mobil sampai bersih. Tapi harus diingat, gunakan kain yang betul-betul lembut agar kaca tidak tergores. (EKA ZULKARNAIN)

Sumber: ragam sumber

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carvaganza.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”