Lamborghini, Bermulai dari Traktor, Pemanas Air, Hingga Mobil Mewah

ulinulin.com – Mobil Mewah | Mobil Mewah Lamborghini

Lamborghini. Mendengar kata itu, Anda mungkin langsung terbayang mobil mewah kencang yang menjadi idaman banyak pencinta kuda besi. Tapi tahukah? Lamborghini sebenarnya lebih dulu dikenal sebagai merek traktor dan pemanas air.

Ya, Lamborghini diambil dari nama belakang pendirinya Ferruccio Lamborghini. Lahir pada 28 April 1916 di Emilia-Romagna, Italia, Ferrucio tumbuh menjadi mekanik andal. Saat Perang Dunia II pecah, keahlian itu sempat membawanya menjabat supervisor kendaraan militer pada masa Perang Dunia II.

Usai perang, Lamborghini kemudian menjajal bisnis traktor dengan memanfaatkan suku cadang kendaraan bekas militer. Usahanya ternyata sukses. Produknya ‘Carioca’ laris manis sehingga ia pun mulai mendirikan perusahaan produsen traktor dengan nama Lamborghini Trattori.

Mengantongi uang banyak, pada tahun 1960, Ferruccio mencoba membuat sebuah perusahaan baru yang bergerak di bidang peralatan rumah tangga. Salah satu produknya yang terkenal adalah Lamborghini Caloreclima, pemanas air yang kemewahannya diakui bahkan sampai ke Indonesia.

Lagi-lagi bisnis ini membuatnya semakin kaya raya. Ketika itu Ferruccio, dengan koceknya, semakin menunjukan hobi mengendarai mobil-mobil berperforma tinggi. Ia mulai menjajal berbagai kendaraan kencang dari Oscas, Maserati, hingga Ferrari. Nah, khusus merek yang terakhir disebut, Ferrucio ternyata sempat punya pengalaman kurang memuaskan. Saat itu ia baru saja mengendarai sebuah Ferrari 250 GT. Menurutnya mobil ini memiliki masalah pada kopling.

Saking kecewanya, ia bahkan sempat datang menemui pendiri Ferarri, yakni Enzo Ferrari dan menyampaikan keluhan. Namun Ferrari justru menanggapi dengan komentar pedas. “Masalahnya bukan pada mobilnya, tapi pada pengendaranya!” kata Ferrari yang kemudian menyuruh Lamborghini untuk mengurusi traktornya saja.

Dari situlah muncul ambisi Lamborghini untuk menciptakan sebuah kendaraan untuk menandingi Ferrari. Pada tahun 1963 ia pun resmi mendirikan perusahaan mobil mewah yang dinamakan Lamborghini Automobili. Saat itu ia menggandeng mantan karyawan Ferrari, Giotto Bizzarini, Franco Scaglione, dan Gian Paolo Dallara untuk membuat mobil GT yang menurutnya lebih baik.

Model pertama mobil mewah 350 GT kemudian lahir dan dipuji karena tenaga sekaligus kenyamannya. Lamborghini kemudian semakin melesat setelah merilis sedan mewah dua pintu Miura. Produk inilah–dan produk-produk berikutnya-yang kemudian membuat brand dengan logo banteng sebagai salah satu yang paling diperhitungkan bahkan dianggap pesaing berat Ferrari hingga saat ini.

Oleh : Putra. P

Foto : Istimewa

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website momobil.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”