Langkah Antisipasi Hal Terbruk, Berikut ini Jenis Asuransi Mobil

ulinulin.com

Mobil merupakan aset penting bagi sebagian orang, apalagi mobil baru yang selalu Anda gunakan sehari-hari. Jelas, Anda akan merawat dan memberi proteksi terbaik untuk kendaraan Anda. Salah satu cara memberi proteksi pada mobil Anda adalah mendaftarkannya ke asuransi agar mobil terlindungi dari berbagai risiko yang tak diinginkan, entah itu kehilangan, kecelakaan, sampai bencana alam.

Maka tak heran peran asuransi dalam kepemilikan mobil sangatlah krusial, namun sebelum melangkah lebih jauh ada baiknya Anda mengetahui jenis asuransi mobil yang bisa Anda daftarkan untuk melindungi kendaraan kesayangan Anda.

Comperhensive atau TLO?

Tiap jenis asuransi memiliki cakupan klaim yang berbeda-beda

Saat kita ingin membeli mobil, khususnya mobil baru, dealer biasanya pasti menawarkan mobil baru kita diasuransikan, jenis asuransi mobilnya pun macam-macam. Dimulai dari asuransi all-risk, atau yang kini disebut comperhensive. Asuransi jenis ini dapat melindungi mobil Anda dari berbagai risiko buruk, mulai dari lecet kecil di body mobil, kerusakan berat, sampai kehilangan.

Lalu, ada juga TLO (Total Loss Only) seperti namanya, asuransi ini memberikan perlindungan jika mobil kita hilang. Baik itu karena perampasan, pencurian, atau perampokan.

Selain itu, ada juga asuransi collision coverage, yang dikhususkan membiayai perbaikan mobil karena kecelakaan atau tabrakan yang disebabkan pengemudi. Ada juga liability insurance, namun cakupannya lebih luas, yakni biaya tagihan medis atas cedera yang dialami pengemudi. Ada juga jenis asuransi personal injury protection (PIP), yang memberikan proteksi khusus bagi pengemudi yang mengalami kecelakaan terhadap diri sendiri saat berkendara.

Perluasan polis bencana alam

Perluasan polis memberi Anda ketenangan jika mobil jadi korban bencana alam

Sebagai catatan, ada beberapa penyedia asuransi yang memasukkan bencana alam ke dalam paket all-risk. Namun, ada juga yang mewajibkan Anda bayar polis tambahan. Oleh karena itu, baiknya pastikan sejauh apa polis asuransi dapat melindungi mobil Anda.

Jika asuransi all-risk Anda tidak memasukkan bencana alam ke dalam paket. Maka lebih baik perluas polis yang dapat menanggung bencana alam untuk melindungi mobil dari kejadian yang tak diinginkan. Apalagi jika kediaman Anda terletak di daerah rawan banjir.

Asuransi RSCC

Anda juga bisa menambahkan asuransi huru-hara untuk kejadian tak diinginkan seperti demo

Asuransi (Strike, Riot, and Civic Commotion), atau disebut juga asuransi huru-hara.satu ini sangat banyak digunakan karena dapat melindungi kendaraan kesayangan Anda dari kejadian yang tidak diinginkan. Salah satunya rusak akibat kerusuhan.

Dengan mengetahui perbedaan dan cakupan layanan jenis asuransi mobil di atas, Anda tentu akan lebih mudah menyesuaikan polis dan layanan asuransi Apa yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk tips & trik lainnya, simak tautan di bawah ini.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”