Lapang dan Murah, Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Nissan Evalia 2012 Bekas?

ulinulin.com

Nissan Evalia pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 2012. Popularitas mobil ini langsung melejit sejak pertama dikeluarkan. Pada tahun pertamanya saja, Nissan Evalia 2012 terjual hingga 10.000 unit. Tapi sayangnya, dari 2013 hingga 2018, Evalia seakan tenggelam dalam kerasnya persaingan MPV di Indonesia dan akhirnya distop.

Kelebihan dan kekurangan

Nissan Evalia merupakan salah satu MPV dengan fitur tercanggih pada masanya. Sebut saja, Nissan Evalia XV AT 2012 sudah memiliki fitur keyless entry, TV monitor pada kabin, dan sliding door yang memudahkan Anda membuka pintu di lahan sempit. Pada varian tertinggi, seperti XV, sudah memiliki kamera parkir dan sensor parkir pada bagian belakang.

Nissan Evalia XV AT 2012 merupakan varian tertinggi Evalia di Indonesia

Masuk ke bagian dalam, ada banyak kemudahan yang bisa Anda dapatkan. Mulai dari ruang kaki dan ruang kepala yang cukup lapang. Tidak hanya di baris kedua, kenyamanan di baris ketiga juga sangat tinggi. Bahkan, Anda bisa membuat sandaran di baris ketiga sesuai dengan keinginan Anda.

Ketika dikendarai, Evalia memiliki suspensi yang empuk dan radius putar yang kecil, memudahkan Anda untuk mobilitas yang tinggi di daerah perkotaan. Meskipun efisiensi bahan bakar terbilang irit, mesin akan mendapatkan ketukan ketika Anda sering menggunakan bahan bakar dengan nilai oktan yang rendah.

Bagian dalam sudah memiliki berbagai fitur dan teknologi canggih

Tapi di balik kepraktisan di dalam mobil, Evalia bisa dibilang tidak bisa menyenangkan semua orang dengan tampilan yang mungkin kurang disukai di Indonesia. Selain itu, akses masuk ke bangku baris ketiga pun tidak begitu mudah. Namun yang sering dijumpai adalah jendela samping yang cukup kecil serta dengan visibilitas yang rendah.

Membeli mobil bekas Nissan Evalia 2012

Untuk mobil dengan umut lebih dari 5 tahun, komponen kendaraan membutuhkan lebih banyak perhatian. Pertama-tama, perhatikan bagian tulang-tulang mobil, terlebih pada bagian depan. Kondisi tulang kendaraan yang pernah mengalami tabrakan tidak akan sama dengan kendaraan yang belum pernah mengalami kecelakaan parah.

Periksa lagi bagian bodi dan mesin sebelum membeli

Setelah melihat bodi mobil, perhatikan juga bagian bawah kendaraan. Kendaraan dengan bagian bawah yang jarang dibersihkan akan mengalami keropos dan berkarat. Evalia yang menggunakan per daun memang harus bekerja keras untuk menjaga penumpang selama perjalanan. Lihat kembali kondisi suspensi.

Sama seperti model MPV lainnya dengan fitur sliding door, selalu cek kondisi pintu geser mobil. Periksa apakah pintu bisa membuka dengan baik atau sudah mengalami masalah dan tersendat. Perhatikan pula fitur-fitur kendaraan, apakah masih berfungsi dengan baik atau sudah saatnya membutuhkan perbaikan.

Ketika membeli mobil bekas, pastikan untuk mengetahui apakah mobil yang Anda beli masih menggunakan komponen standar atau sudah dipermak dengan berbagai modifikasi. Jika mobil yang Anda temukan sudah mendapatkan modifikasi, jangan lupa untuk mengecek apakah modifikasi yang diberikan dengan baik dan tidak mengganggu komponen mobil lainnya.

Nissan Evalia 2012 bekas saat ini dijual dengan harga mulai dari Rp80 juta hingga Rp120 juta. Tentu saja, harga mobil bekas tergantung dengan kondisi komponen dan pengendaraan mobil. Karena itu, jangan ragu untuk mengecek kondisi mobil sebelum membelinya. Seperti kondisi mesin, bagian kaki-kaki dan shock breaker, serta pastikan semua fitur bekerja dengan baik.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”