Lebaran Makin Dekat, Ini Jenis Mobil Yang Cocok Buat Mudik Bareng Keluarga

ulinulin.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2019/04/15/f8286LtF/rental-mobil-elf-52e8.jpg”>

Entah siapa yang memulai, momen mudik sudah tradisi tahunan yang sangat dinanti khususnya bagi para perantau. Lewat momen itu mereka bakal bersua dengan orang-orang tercinta di kampung halaman merayakan hari bahagia Idul Fitri. Pada perjalanannya, momen mudik tidak sesederhana yang dibayangkan. Banyak persiapan yang harus dilakukan mulai dari sisi perbekalan hingga moda transportasi yang digunakan.

Di Indonesia, ada banyak jenis mobil beredar dan dijual di pasaran. Namun tidak semuanya cocok dipakai buat moda transportasi mudik. Terlebih buat Anda yang berencana mudik bareng keluarga dan orang-orang tercinta yang jumlahnya cukup banyak, memilih jenis mobil yang tepat adalah keharusan. Berikut rekomendasi jenis mobil yang cocok buat mudik bareng keluarga tercinta:

1. MPV

Mobil berjenis MPV paling populer di Indonesia

Dari sejak awal mobil-mobil MPV atau Multi Purpose Vehicle memang didesain sebagai mobil multifungsi yang bisa digunakan untuk mengangkut penumpang juga barang. Bagi Anda yang merencanakan mudik bareng keluarga, ini adalah jenis mobil yang cocok dan layak dipilih. Dengan konfigurasi 7-8 tempat duduk, MPV bisa membawa satu keluarga sekaligus barang bawaan.

Anda bisa memilihnya baik dengan cara membeli mobil baru, mobil bekas atau menyewa di tempat-tempat persewaan mobil. Jenisnya juga banyak mulai dari low MPV macam Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Honda Mobilio dan yang lain, medium MPV seperti Toyota Innova dan big MPV macam Nissan Serena, Toyota Alphard, Hyundai H-1 dan yang lain. Pilih yang sesuai kebutuhan dan sesuai budget.

2. SUV

Belum mampu membeli mobil mewah, menyewa juga tidak masalah

Meski tak dikhususkan sebagai mobil keluarga karena kapasitasnya yang beragam, mobil berjenis Sport Utility Vehicle atau SUV layak dipertimbangkan, khususnya SUV 7 penumpang. Sama dengan MPV yang terbagi menjadi beberapa kategori, SUV juga ada yang low, medium hingga besar. Modelnya juga beragam seperti Toyota Rush, Daihatsu Terios, Nissan X-Trail, Honda CR-V, Mazda CX-5, Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport, Toyota Rush hingga Nissan Terra.

Bagi Anda yang lebih suka menyewa, beberapa rental juga menyediakan armada SUV tersebut di atas. Anda mesti booking jauh-jauh hari jika mau memakainya untuk mudik bareng keluarga sebab untuk rental dengan armada SUV jumlahnya tidak terlalu banyak, tidak seperti MPV.

3. Minibus

Mudik berjamaah satu tujuan dengan saudara, pilih minibus lebih hemat

Meski kurang populer, mobil ini layak dipilih sebagai moda transportasi mudik bareng keluarga atau berjamaah bersama saudara yang sama-sama mudik. Bentuknya yang ‘kotak’ dan dimensi lebih besar ketimbang MPV maupun SUV membuatnya punya keunggulan dari sisi kapasitas penumpang, mulai dari 10, 12, 15, 17 hingga 17 penumpang. Ada beragam model minibus yang ditawarkan di tempat persewaan seperti KIA Travello/Pregio, Isuzu Elf, Toyota Hi-Ace dan yang lain. Pilih yang sesuai kebutuhan dan sesuai budget.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”