"/> Lebih Hemat BBM, Ini Cara Terbaik Menggunakan Kopling Manual

Lebih Hemat BBM, Ini Cara Terbaik Menggunakan Kopling Manual

ulinulin.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2021/03/05/NaRYWXKq/0309-1-b383.png”>

Ada banyak hal yang harus diperhatikan untuk mendapatkan efisiensi maksimum dari mobil bertransmisi manual. Ada beberapa sains menarik dibalik cara menggunakan kopling manual, yaitu dengan menjaga agar putaran tetap rendah sebagaimana dijelaskan oleh sebuah akun YouTube, Engineering Explained.

Gunakan cara tepat untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar mobil manual (Foto: RAC)

Pertama sekali, kita harus mengerti tentang konsep mobil bertransmisi manual. Dengan menjaga rpm serendah mungkin; semakin cepat Anda memutar mesin, semakin banyak bahan bakar yang dikonsumsi. Jason Fenske, pemilik akun tersebut menjelaskan tentang konsep Konsumsi Bahan Bakar untuk Rem, yaitu istilah teknik yang menentukan secara tepat berapa banyak bahan bakar dikonsumsi oleh mesin dalam berbagai muatan dan rpm.

Pada dasarnya, rpm yang lebih rendah mengkonsumsi lebih sedikit bahan bakar karena raungan yang lebih rendah berarti lebih sedikit gesekan. Sebuah mesin yang meraung pada 6.000 rpm harus mengatasi lebih banyak gesekan (seperti dari piston terhadap dinding silinder, bantalan dari poros engkol, dan sebagainya) dibandingkan mesin yang bermalas-malasan pada 2.000 rpm.

Putaran rpm tinggi membuat mesin bekerja lebih keras (Foto: Shuttleshock)

Beban yang lebih tinggi ternyata memiliki efek tidak langsung pada konsumsi bahan bakar. Beban sejalan dengan pembukaan throttle. Jika Anda melaju dengan situasi beban yang ringan, Anda mungkin hanya menggunakan lima persen gas.

Dengan beban yang ringan, mesin harus bekerja keras untuk menyedot udara masuk melalui throttle yang sebagian besar tertutup. Ketika throttle terbuka lebar, ada sedikit pembatasan pada udara masuk, berarti mesin tidak bekerja keras hanya untuk bernafas.

Jadi situasi yang paling ideal dalam menggunakan kopling manual adalah berkendara dengan rpm rendah dan beban tinggi (dengan throttle terbuka lebar atau hampir terbuka lebar). Untuk lebih jelasnya, tentang perbandingan efisiensi bahan bakar yang dicapai di gigi ke-2, ke-3, ke-4 dan ke-5 dengan kecepatan yang sama dan jalan yang sama, tonton video Fenske di bawah ini.

Penjelasan tentang Konsumsi Bahan Bakar untuk Rem dari Fenske

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”