Lembah Cilengkrang, Surga Alam Eksotis dengan Sejuta Pesona di Kuningan

ulinulin.com – Lembah Cilengkrang destinasi liburan untuk merefresh rasa bosan dan jenuh dari rutinitas harian. Lembah cantik ini merupakan satu kawasan wisata yang punya beberapa destinasi menarik. Lokasinya ada di Kuningan, Provinsi Jawa Barat. Keindahan alamnya yang masih sangat sejuk dan asri adalah daya tarik utama tempat ini.

Pengunjung yang datang tentunya akan betah berlama-lama disini. Selain pemandangannya indah suasananya pun mendukung untuk dijadikan sebagai tempat healing. Kawasan ini punya berbagai spot menarik untuk dikunjungi seperti Curug, Kolam pemandian air panas, area camping dan lainnya.

Bagi wisatawan yang ingin merasakan sensasi liburan dengan penuh ketenangan bisa langsung rencanakan perjalanan ke Lembah Cilengkrang. Berikut adalah daya tarik, alamat dan rute menuju lokasi, harga tiket masuk, kegiatan menarik yang bisa dilakukan serta sejumlah fasilitas yang tersedia.

Daya Tarik yang Dimiliki Lembah Cilengkrang

1. Keindahan Pemandangan

Lembah eksotis ini berada dalam kawasan hutan hujan tropis yang ada di Gunung Ciremai. Lokasi yang paling banyak dijadikan sebagai tempat mencari ketenangan di lembah eksotis ini berada di Kopi Gede, yang merupakan satu kawasan hutan dengan panorama alam yang luar biasa cantik.

Rimbunya pepohonan dipadukan dengan suara khas alam menjadikan suasana begitu sampai terasa damai. Pengunjung bisa menghabiskan waktu di Lembah Cilengkrang dari pagi sampai sore bahkan bermalam juga bisa dengan mendirikan tenda.

2. Kolam Pemandian Air Panas

Kawasan Lembah indah ini punya beberapa destinasi yang bisa wisatawan datangi salah satunya adalah kolam pemandian air panas yang punya sumber air alami. Di kolam ini pengunjung bisa berendam dan merefleksikan tubuh dengan hangatnya air.

3. Curug

Ada dua curug yang lokasinya berada dalam satu kawasan Lembah Cilengkrang. Kedua curug itu adalah Curug Sawer dan Curug Sabuk. Curug sabuk punya ketinggian air terjun sekitar 20 meter. Sedangkan Curug Sawer punya ketinggian 75 meter dan lokasinya masuk ke kawasan hutan lindung.

4. Punya 3 Zona Wisata

Lembah menawan ini dibagi menjadi 3 zona wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Zona satu yaitu kawasan wisata harian dan juga lahan perkemahan, pada zona satu ini pengunjung bisa melihat hewan langka seperti Elang Jawa dan burung lainnya. Masuk ke zona kedua yaitu tempat lembah, pemandian air panas dan Curug Sabuk.

Terakhir zona ketiga yaitu tempat untuk wisatawan yang ingin hiking, berkemah dan ada juga tempat pemandian air panas alami. Dengan adanya pembagian zona tersebut menjadikan Lembah Cilengkrang seperti objek wisata yang menyuguhkan keindahan tidak ada habisnya.

5. Bumi Perkemahan

Bumi perkemahan di lembah cantik ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Buat wisatawan yang ingin merasakan sensasi hiking dan berkemah yang menyatu dengan alam bisa langsung datang ke Kuningan. Bila ingin berkemah pastikan sudah membawa semua peralatan yang dibutuhkan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Lembah Cilengkrang berjarak kurang lebih 18 KM dari Pusat Kota Kuningan, jaraknya bisa ditempuh dengan perjalanan kurang lebih setengah jam menggunakan kendaraan pribadi. Alamat Lembah berada di Desa Pajambon, masuk dalam Kecamatan Kramatmulya, Kuningan, Provinsi Jawa Barat.

Bila wisatawan berasal dari luar Jawa Barat Rute perjalanan yang bisa dilalui adalah sesampainya di Kuningan lalu mencari rute ke arah Desa Pajambon. Rute perjalanan harus dilalui akan lebih mudah bila menggunakan kendaraan pribadi.

Sedangkan wisatawan yang berasal dari Cirebon, dari Jalan Raya Cilimus bisa menuju lokasi Pasar Kramatmulya, sebelum sampai pasar ada belokan ke kanan di Jalan Jalaksana-Pejambon yang melewati Desa Kalapagunung, kemudian ke arah Desa Pajambon dengan jarak kurang lebih hanya 2 kilometer saja.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

Harga tiket masuk lembah indah ini sangat terjangkau, pengunjung hanya perlu membayar sebesar Rp 10.000,- per orang di hari biasa dan Rp 12.500,- untuk hari libur dan weekend. Harga tersebut tentunya sangat worth it untuk bisa menikmati semua zona yang ada. Harga tiket masuk Lembah Cilengkrang ini sudah termasuk biaya asuransi juga.

Jika pengunjung ingin berkemah bisa bebas berkemah di area camping yang telah tersedia harga tiket masuk jika ingin sekaligus berkemah sebesar Rp 17.500,-. Untuk anak-anak yang masih berada di usia sekolah cukup membayar harga tiket masuk sebesar Rp 8.000,- saja.

Jam buka tempat eksotis ini dari pagi jam 6 sampai sore hari jam 4 sore. Pengunjung yang ingin melihat keindahan pelangi bisa mendatangi Curug Sabuk di pagi hari, dijamin pemandangannya akan menyilaukan mata. Jika ingin merasakan seharian bermain di curug pengunjung bisa datang pagi hari.

Sedangkan jika pengunjung ingin merasakan sensasi bermalam dan berkemah bisa datang sore hari. Setelah mengurus perizinan untuk berkemah pengunjung bisa mulai memilih lokasi tenda yang nyaman dan mulai bangun tenda.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Lembah Cilengkrang

1. Main Air di Curug

Kegiatan pertama yang pastinya membuat semua orang tertarik adalah bisa merasakan sensasi bermain air langsung di air terjun. Ya air terjun di Lembah Cilengkrang adalah spot menarik yang bisa dinikmati wisatawan. Berenang, membasuh air, atau sekedar menceburkan kaki di air bisa menjadi kegiatan yang seru.

2. Melihat Elang Jawa dan Burung Langka

Kegiatan pertama yang bisa dirasakan oleh pengunjung di zona pertama adalah melihat keberadaan Elang Jawa dan spesies burung lainnya. Elang Jawa menjadi hewan langka yang khas bisa dilihat di kawasan wisata cantik ini. Bila beruntung pengunjung juga bisa melihat sarang dari Elang Jawa.

Selain Elang Jawa ada berbagai hewan lain yang menjadi daya tarik dari kawasan eksotis ini. Kegiatan melihat burung dan hewan langka ini cocok dilakukan bersama keluarga terutama anak-anak, supaya anak-anak mendapatkan pengetahuan baru dan tentunya menarik dari wisata yang dikunjungi.

3. Berkemah di Lembah Cilengkrang

Berkemah jadi kegiatan seru dan mengasyikan selanjutnya, rencanakan kunjungan di saat weekend supaya bisa bermalam untuk camping di kawasan lembah indah ini. Kegiatan camping akan semakin seru karena jika kehabisan makanan pengunjung bisa membelinya di warung-warung dekat kawasan wisata.

4. Berendam di Kolam Pemandian Air Panas

Kegiatan favorit pengunjung selanjutnya adalah berendam di kolam pemandian air panas alami. Air panas yang ada di tempat ini merupakan air yang berasal dari sumber mata air alami kawasan Gunung Ciremai.

Keberadaan kolam ini semakin melengkapi aktivitas main air pengunjung. Puas bermain air di curug pengunjung bisa berbilas dan merilekskan tubuh dengan segarnya air hangat. Berendam di kolam pemandian ini bisa mengobati lelah tubuh dari perjalanan.

5. Hiking

Kegiatan alam memang jadi favorit, lokasinya yang berada di kawasan hutan yang lebat sangat cocok dijadikan sebagai tempat untuk hiking karena lokasinya berada di kawasan hutan dan, jalan yang dilalui masih sangat asri.

Hiking adalah kegiatan mendaki atau melakukan perjalanan jarak jauh di lintasan alam terbuka. Bedanya hiking dengan tracking adalah pada jarak yang ditempuh. Tracking punya jarak yang lebih pendek dibandingkan dengan hiking.

6. Berburu Foto

Satu kawasan wisata punya banyak spot kunjungan yang menarik, jelas ini menjadi keuntungan karena bisa mendapatkan banyak foto cantik dan menarik di Lembah Cilengkrang. Berbagai spot foto yang ada seperti area curug, kawasan camping, kawasan hutan, area kolam pemandian bahkan di pintu masuknya pun bisa jadi spot foto menarik.

7. Tracking

Meskipun bukan jadi kegiatan utama yang bisa dilakukan namun untuk bisa sampai ke lokasi wisata, pengunjung harus berjalan kaki sejauh 2 kilometer. Jarak ini bisa jadi kegiatan tracking yang menyenangkan karena di sepanjang jalan hamparan pemandangan hutan yang rimbun dan hijau jadi penyegar mata.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Lembah Cilengkrang masih tergolong tempat wisata alam baru dari Kuningan, meski demikian objek wisata ini telah dilengkapi dengan sejumlah fasilitas yang mendukung kenyamanan pengujung. Fasilitas yang ada seperti area parkir yang sangat luas mampu menampung kendaraan roda dua maupun roda empat.

Jika lapar pengujung tidak perlu khawatir karena sudah tersedia warung wisata. Untuk keperluan ibadah juga sudah tersedia area mushola. Pelengkap kebutuhan dasar tersedia toilet yang bisa dipakai sebagai tempat ganti baju dan buang hajat. Selain itu yang tidak kalah penting adalah adanya area camping dan juga outbound.

Selama berada disana pengunjung tidak akan merasa kesulitan untuk menjangkau lokasi tempat satu ke tempat yang lain, karena sudah disediakan fasilitas papan jalan. Sayangnya di kawasan lembah menawan ini belum ada penginapan, sehingga pengunjung yang ingin bermalam sebaiknya mendirikan tenda atau camping.

Itulah daya tarik, keseruan serta keindahan dari Lembah Cilengkrang di Kuningan. Bagaimana sudah mempersiapkan ransel untuk segera camping di kawasan hutang lindung ini, atau sudah tidak sabar ingin melihat berbagai hewan langka yang dikoleksi di sana. Pastinya apapun tujuan Anda Lembah cantik ini sangat rekomen sebagai tempat liburan.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website javatravel.net. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”