Lexus Luncurkan Crossover Listrik RZ 2023, Berbagi Platform Dengan Toyota bZ4X

ulinulin.com – TOKYO – Toyota baru saja meluncurkan Lexus RZ, crossover murni listrik yang berbagi platform dengan Toyota bZ4X dan Subaru Soltera. Juga ada beberapa kemiripan lainnya, namun RZ lebih banyak dipengaruhi oleh Lexus NX. SUV Toyota bZ4X sendiri akan masuk ke Indonesia sebagai kendaraan resmi delegasi tamu kenegaraan KTT G20 pada Oktober mendatang di Pulau Dewata Bali.

Apa itu direct4 yang terdapat pada Lexus RZ?

Apa jantung pacu yang diusung oleh mobil listrik Lexus RZ?

Dibandingkan dengan bZ4X, crossover/SUV listrik Lexus RZ memiliki kabin yang jauh lebih mewah dan gaya eksterior yang lebih elegan. Memang paket baterainya satu platform dengan bZ4X yaitu 65,6 kWh, powertrain Lexus RZ mengadopsi dua motor yang bisa menghasilkan tenaga lebih besar kisaran 300 hp. Lexus menyebut powertrain itu dengan nama Direct4 yang dipadukan dengan penggerak all-wheel drive (AWD) sebagai fitur standarnya.

Baik Lexus RZ, bZ4X dan Subaru Solterra semuanya mengusung platform e-TNGA alias Toyota New Global Architecture untuk mobil listrik. Meski mengusung platform yang sama, Lexus RZ memiliki desain bodi dan interior yang berbeda baik dengan dengan Subie (Subaru) maupun bZ4X.

Desain eksterior RZ dibuat dengan gaya lebih tajam dengan atap model floating (floating roof), spoiler ducktail dan desain headlamp yang agresif. Memang ada banyak persamaan desain ekterior antara bZ4X dengan RZ, namun perbedaan mendasarnya terlihat dari desain fascia depan. Grille Lexus RZ masih memakai model Spindle Grille tersamar hanya tidak ada ‘sarang tawonnya’ karena mobil listrik, versi bZ4X lebih simpel dan ‘kelimis’.

Eksterior Lexus RZ

Dari tampilan eksterior, RZ memang mirip dengan Lexus NX baik yang bersi hybrid maupun mesin bensin. Detailnya dibikin agak bersudut tajam dan intake di bagian depan lebih sedikit. Kalau dilihat dari aliran, mungkin sealiran dengan Kalau Audi E-Tron. Kenapa? Sama-sama mobil murni listrik yang tetap ingin memberikan experience berkendara mobil konvensional sehingga konsumen yang masih suka dengan mobil Internal Combustion Engine (ICE) tidak mengalami jetlag.

Tentu, jika Anda benar-benar mundur dan mempelajari profil atap melengkung RZ, Anda dapat melacak petunjuk bZ4X dan Solterra, tetapi berkat fender yang mengembang, bentuk jam pasir yang menonjol ke hidung yang menggemakan desain kisi-kisi khas Lexus, dan itu lampu belakang lebar penuh, Lexus berdiri sendiri.

Profil lengkungan atapnya mirip bZ4X dan Solterra, tapi fendernya dibuat lebih kembung dengan grille dengan bentuk seperti jam pasir. Desain grille tersebut memang gaya khas grille Lexus yang disebut Spindle Grille. Untuk desain lampu belakang dibuat memanjang penuh dari sisi kanan ke sisi kiri dan dihiasi tulisan Lexus di bagian atasnya.

Secara dimensi, RZ lebih ringkas dibandingkan bZ4X dengan panjang wheelbase sama. Namun ground clearance RZ lebih pendek setengah inci dan tapaknya dibuat lebih lebar 3,5 cm. Soal kelapangan kabin, pihak Toyota belum merilis detail spek, tapi kayaknya lebih lega dibandingkan kedua saudaranya itu.

Interior Lexus RZ

Dalam hal interior, secara umum sih lebih simpel dibandingkan NX. Tombol-tombol dan switch di dashboard dan pintu sudah tak ada dan untuk mengoperasikan sejumlah sistem di mobil tinggal pencet-pencet penunjuk di layar sentuh. Pendekatannya ini sama dengan mobil listrik Tesla. Interiornya terasa cukup lapang dibandingkan ketika dilihat dari luar. Terbungkus oleh bahan faux suede dan juga kulit sintetis. Terdapat pula aksen kayu berpori dan knop model rotary di konsol tengah.

Untuk sistem infotainment dan konektifitas sudah dilayani oleh layar sentuh 14,0 inci yang terpasang lebar di dashboard. Jika ingin berinterasksi dengan sistem tinggal menyentuh saja perintah di layar atau atau pakai sistem voice command. Sistem konektivitasnya sudah Apple CarPlay dan Android Auto dan dapat tersambung dengan wireless.

Fitur menarik lainnya yang ada di RZ adalah pintu sentuh (door opener) seperti yang terdapat pada Lexus NX. Jadi untuk keluar dari pintu, tinggal pencet tombol kecil yang ada di handel pintu bagian dalam. Plus dimmable panoramic roof.

Powertrain

Dalam urusan jantung pacu, Lexus RZ 2023 mengadopsi powertrain yang disebut Direct4. Apa itu Direct4? Yaitu teknologi utama dalam mobil listrik Lexus guna meningkatkan performa kendaraan, memperkuat handling, kendali dan menambah kesenangan berkendara. Teknologi ini dikembangkan oleh Takashi Watanabe selaku Lexus Electrified Chief Engineer.

Dua motor yang diadopsi Lexus RZ menghasilkan tenaga sampai 300 hp dan sistem penggeraknya AWD. Sistem steer-by-wire menjadi standar dan pabrikan juga menyediakan setir opsional model Yoke, sedangkan setir bundar menjadi kemudi standar di semua RZ.

Lexus RZ ditawarkan dalam dua varian yakni RZ450e dan RZ 450e F Sport. Keduanya sama-sama memakai baterai 65,6 kWh seperti yang dipakai bZ4X dan Solterra. Mampu menempuh total jarak 362 km dalam satu kali charging baterai penuh. Namun, Lexus belum memberikan keterangan bagaimana dengan fasilitas onboard charger dan fast charging yang dimiliki kendaraan tersebut. (EKA ZULKARNAIN)

Sumber: ragam sumber

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carvaganza.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”