Lexus Luncurkan UX 250h 2023, Pilihan Mesin Hanya Tinggal Hybrid

ulinulin.com – JAKARTA – Keseriusan Toyota untuk meninggalkan mesin konvensional (ICE – Internal Combustion Engine) semakin kuat. Pabrikan divisi premium, Lexus, sekarang tak lagi menyediakan model entry level UX dalam bentuk mesin ICE, melainkan hanya hybrid.

Apa perubahan terbesar yang dilakukan oleh Lexus terhadap UX 250h 2023?

Apa saja yang termasuk dalam F Sport Handling Package pada Lexus UX 250h 2023?

Hal ini terwakili ketika meluncurkan Lexus UX 250h 2023 pada Minggu kemarin. Entry level SUV/crossover Lexus ini mendapatkan sejumlah perubahan untuk model tahun 2023. Salah satu perubahan besar yang dilakukan adalah menghilangkan mesin ICE, dan hanya menyediakan varian hybrid saja.

Mesin ICE 4 silinder segaris NA 2.0 liter bertenaga 169 hp yang dipakai kendaraan terdahulu telah diganti dengan mesin 4 silinder segaris 2.0 liter yang dipadukan dengan satu motor listrik untuk menggerakkan roda belakang. Total tenaga yang dihasilkan adalah 181 hp. Teknologi hybrid tersebut bakal meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar yang diperkirakan 17,4 km/liter untuk pengendaraan di dalam kota. Di tol diperkirakan 16,2 km/liter dan kombinasi 16,6 km per liter. Sampai artikel ini diturunkan, belum ada harga resmi yang diumumkan oleh pihak Lexus.

Lexus juga melakukan upgrading dalam hal rigiditas kendaraan. Pabrikan menambahkan 20 titik pengelasan pada bodi Lexus 250h Hybrid 2023 agar struktur mobil menjadi lebih rigid. Agar kabin terasa lebih senyap dan minim getaran, dipakai ban baru Bridgestone run-flat tires (RFT) 18 inci.

Pada bagian sistem infotainment, pabrikan tak lagi menggunakan tombol pengaturan infotainment model touchpad. Pada generasi sebelumnya, controller touchpad itu terletak di konsol tengah, dengan bentuk bulat. Fungsinya seperti kita memakai mouse di laptop. Namun untuk New Lexus UX yang sekarang, sistem touchpad sudah tidak dipakai lagi karena dianggap kurang intuitif dan tidak user- friendly dibandingkan teknologi teranyar serta dianggap terlalu menyita konsentrasi pengemudi.

Penggantinya adalah berupa monitor layar sentuh 8,0 inci dengan teknologi multimedia interface Lexus terbaru yang pertama kali dipasang di crossover NX tahun lalu. Pabrikan juga menyediakan monitor layar sentuh berukuran besar 12,3 inci sebagai paket opsional. Baik yang 8,0 inci maupun 12,3 inci, berisikan ragam informasi kendaraan dan juga menjadi pusat kendali sistem infotainment yang sudah terkoneksi dengan Bluetooth, Apple CarPlay dan Android Auto. Layar juga memiliki kemampuan searching Google POI (point of interest) yang dapat dioperasikan dengan voice commands.

Pada bagian display yang baru, yang posisinya lebih dekat ke penumpang depan, Lexus mendesain ulang posisi tombol pengaturan sekunder. Dibuat lebih tersebar dan mudah dikenal serta menambahkan dua port (colokan) USB. Misalnya tombol pengaturan AC dibuat lebih besar dan mudah terbaca dan pada bagian depan konsol tengah terdapat space pengecasan wireless untuk telepon. Tempat itu dulunya untuk touchpad, tapi sekarang digantikan untuk tombol pengaturan pemanas dan pendingin kursi, juga tombol pemanas untuk setir.

Paket F Sport

Selain melakukan ubahan pada interior dan jantung pacu, Lexus UX teranyar ini juga menyediakan paket upgrade penampilan F Sport sehingga mobil menjadi tambah atletis dan terlihat gagah. Nama paketnya disebut F Sport Handling Package.

Terdapat dua paket F Sport. Paket yang pertama adalah upgrade desain alias hanya tampilan mulai dari velg, grille, atap bercat hitam dan flare pada fender. Juga memberikan opsional untuk leveling lampu utama otomatis, wiper kaca depan yang peka terhadap hujan (rain sensing windshield), moonroof dan lampu kabut.

Paket yang kedua adalah kombinasi antara paket tampilan plus upgrade handling agar pengendaraan tambah gurih. Yang masuk dalam kategori ini adalah penambahan suspensi adaptif (Active Variable Suspension), steering gear brace dan damper belakang. Damper tersebut dapat membuat bodi mobil menjadi lentur dan mampu memperkecil getaran suspensi. Damper semacam ini sudah diadopsi oleh model Lexus lainnya, di antaranya adalah Lexus ES. Paket yang kedua juga sudah termasuk ubahan pada jok yang dapat diganti dengan jok model sport, penggantian setir dan tuas transmisi F Sport, pedal kaki alumunium dan pelat door sills.

Lexus juga melakukan upgrade untuk fitur keselamatan dan keamanan. Dari yang tadinya memakai Safety System+ 2.0 menjadi Safety System+ 2.5. Berkat sistem baru itu, sudut gambar untuk kamera depan dan kinerja sensor radar menjadi lebih bagus lagi di dalam mendeteksi kehadiran pejalan kaki atau benda-benda lainnya yang datang dari luar mobil. (EKA ZULKARNAIN)

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carvaganza.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”