Makin Canggih dan Modern, Ini Ubahan Baru Pada All New Land Cruiser

ulinulin.com – JAKARTA – Nama Toyota Land Cruiser sudah tak asing di telingan enthusias SUV di Indonesia. Kehebatannya sebagai SUV yang tangguh dan teruji di beragam medan off-road sudah tidak asing lagi. Publik masih bisa menyaksikan kehebatan Land Cruiser jadul di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) di Jawa Tengah. Kawasan wisata dengan ragam medan menantang ini menjadi surga bagi Toyota Land Cruiser FJ40.

Mobil yang pertama diluncurkan 70 tahun lalu ini, pada hari Kamis kemarin (13/01) hadir di pasar Indonesia dengan penampilan yang serba baru. Generasi terbaru Land Cruiser yang dirilis oleh PT Toyota-Astra Motor (TAM) kemarin tampil dengan desain yang lebih tangguh dan modern. Dilengkapi oleh sejumlah tekno terbaru yang kekinian, namun tetap mempertahankan DNA Land Cruiser sebagai mobil yang sangat mumpuni di ragam medan jalan.

SUV premium Jepang generasi terbaru ini melanjutkan generasi sebelumnya yakni LC 200 dan disebut juga Land Cruiser 300 (LC 300). Terdiri dari dua varian yang diluncurkan yakni All New Land Cruiser VX-R dan tipe GR Sport yang menjadi flagship model dengan hanya satu pilihan mesin diesel berkode F33A-FTV V6D-turbo dengan kubikasi 3.346 cc. Mampu menghasilkan tenaga 303 hp pada 4.000 rpm dan torsi yang terbilang brutal 700 Nm yang sudah bisa didapat pada rentang 1.600 – 2.600 rpm. Kemudian dialirkan ke keempat rodanya oleh transmisi otomatis 10 percepatan Direct Shift.

Untuk pertama kalinya bagi Land Cruiser, kini dirancang dengan memanfaatkan platform TNGA-F (Toyota New Global Architecture) yang merupakan platform untuk mobil SUV full size maupun pick-up full size dengan chassis ladder (body-on-frame). Terpasang di Land Cruiser sejak model tahun 2021. Model lain yang memakai platform ini adalah Lexus LX – J300 dan Toyota Tundra – X70. Kedua model terakhir juga mulai tahun 2021 mengadopsi platform yang sama.

Fitur Multi Terrain Select

Untuk mempertinggi kenyamanan penumpang dan kemampuan mengarungi ragam medan jalan, engineer Toyota memberikan racikan anyar pada sistem suspensi Double Wishbone untuk bagian depan dan 4-link Coil Suspension untuk bagian belakang. Untuk tipe GR Sport terdapat penambahan New Stability Control dan New Adaptive Variable Suspension. Spesial untuk tipe GR Sport, terdapat fitur E-KDSS (Electronic Kinetic Dynamic Suspension System) dan fitur Electronic Differential Lock di roda depan dan belakang, sementara tipe VX-R dibekali dengan Torque Sensing LSD di roda belakang.

Meskipun dinobatkan sebagai kendaraan lumpur, All New Land Cruiser tak lupa mengadopsi fitur canggih kekinian. Semua variannya dilengkapi dengan Toyota Safety Sense seperti seperti Pre-Collision System (PCS), Lane Departure Alert (LDA), Rear Camera Detection (RCD), Adaptive High-Beam System (AHS), dan Dynamic Radar Cruise Control (DRCC).

Bagaimana dengan kemampuan offroadnya? Pada SUV bongsor ini, kemampuan di medan offroad menjadi kata kunci. Tidak ada penambahan dalam hal dimensi, semuanya sama dengan yang lalu. Bahkan wheelbase, ground clearance dan departure serta approach anglenya masih sama.

Lewat fitur Auto-MTS (Multi Terrain Select), pengendara akan dengan mudah melewati ragam medan jalan. Pasalnya fitur bisa secara otomatis mampu menilai kualitas permukaan jalan dan mengadopsi mode berkendara paling tepat untuk mengontrol dan mengoptimalkan traksi ban pada berbagai medan berpasir, berbatu, lumpur, dan medan berat lainnya. (EKA ZULKARNAIN)

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carvaganza.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”