Manfaat Skincare yang Mengandung Retinol untuk Kulit Wajah

ulinulin.com – Retinol sudah bukan barang baru di ranah perawatan wajah atau kulit. Apalagi bagi para skincare junkie, produk berbahan retinol setidaknya disematkan pada wajah sebanyak sekali dalam kurun waktu seminggu. Manfaat dari retinol pun tidak main-main, bahan aktif satu ini sudah lama diandalkan untuk mencegah tanda-tanda penuaan, garis halus, keriput dan lain-lain.

Selain itu, retinol juga bekerja baik untuk kulit dengan masalah jerawat. Sayangnya, walaupun bahan aktif ini dicintai banyak orang, tidak sedikit juga yang ragu bahkan takut untuk mencobanya. Entah karena seringkali membuat iritasi kulit atau bahkan membuat kulit sangat kering. Untuk itu, sebelum ogah-ogahan coba, kenalan dulu yuk dengan retinol!

Retinol dan Turunannya

Pada dasarnya, retinol adalah bagian dari vitamin A yang memiliki banyak turunan – tentunya dengan fungsi dan cara kerja yang berbeda. Selain itu, bagian-bagian dari vitamin A ini juga ada yang dijual bebas, ada juga yang memerlukan anjuran dokter saat pemakaiannya.

Jadi penting untuk mengetahui jenis-jenis retinol agar tahu kebutuhan juga jenis retinol apa yang cocok untuk kulit kamu. Karena jika salah pakai atau pilih, bukannya menangkal tanda penuaan – malah jadi iritasi dan kulit semakin kering.

1. Retinol yang Tersedia di Pasaran

Jika kamu ingin coba-coba produk retinol yang mudah ditemukan di pasaran, coba lirik kandungan retinol, retinoid esters (yang juga dikenal: retinyl palmitate, retinyl acetate, dan retinyl linoleate), juga adapalene (atau dikenal juga sebagai differin).

Berbagai jenis vitamin A ini aman digunakan tanpa perlu di bawah pengawasan dokter. Selain penggunaannya aman, penting juga untuk tahu beberapa perbedaan dari tiga jenis bahan aktif vitamin A ini.

Retinol yang biasa kita kenal ini adalah versi mild dari retinoic acid – tentunya dengan minim efek samping yang biasa ditimbulkan oleh retinoic acid. Selain itu, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, retinol butuh waktu untuk bekerja selama beberapa bulan.

Sementara retinoid esters adalah keluarga vitamin A yang kerjanya paling ringan dari seluruh jenis vitamin A. Bukan berarti tidak kaya akan manfaat, tentunya efek yang diberi sama baiknya dengan vitamin A lain. Jenis ini cocok untuk kulit sensitif dan yang baru ingin coba retinol.

Terakhir, adapalene atau dikenal juga sebagai differin adalah bahan aktif vitamin A yang memiliki potensi iritasi terendah. Sehingga, selain efektif menangkal penuaan, adapalene juga cocok untuk perawatan kulit berjerawat.

2. Retinol yang Membutuhkan Resep Dokter

Selain vitamin A di atas, ada juga jenis vitamin A yang digunakannya perlu di bawah pengawasan dokter. Jenis vitamin A tersebut adalah retinoic acid, dikenal juga sebagai tretinoin atau retin-A dan isotretinoin atau accutane.

Jika kamu menemukan dua jenis vitamin A ini, sebaiknya gunakan secara hati-hati untuk menghindari resiko iritasi pada kulit. Lebih baik lagi apabila dikonsultasikan terlebih dahulu pada dokter sebelum menggunakan kedua jenis retinol ini.

Cara kerja retinoic acid tentu jauh lebih cepat daripada retinol, karena bekerja secara langsung pada kulit dan menyerap secara mendalam. Penggunaan retinoic acid pun dapat fokus pada banyak target masalah kulit – garis halus, keriput, jerawat, dan masalah kulit lainnya.

Sementara itu, isotretinoin atau accutane biasanya tersedia dalam bentuk kapsul atau obat oral. Fokus utama dari penggunaan isotretinoin sendiri adalah untuk jerawat yang sulit diatasi – jerawat kistik atau nodul. Untuk obat ini, tentunya diperlukan resep dari dokter.

Manfaat Retinol

Terlepas dari berbagai jenis macam retinol beserta tingkat kekuatan yang berbeda pula, retinol juga punya segudang manfaat yang jelas terasa dalam pemakaian rutin – kurang lebih sekitar tiga hingga enam bulan lamanya.

Contohnya, untuk penggunaan tretinoin dalam kurun waktu dua bulan, kulit akan mengalami sedikit perubahan – seperti lapisan epidermis yang lebih tebal dan garis halus menipis. Sementara pemakaian kurang lebih tiga bulan, garis halus dan kerutan mulai perlahan memudar.

Memang benar adanya jika retinol adalah bahan aktif untuk menangkal tanda-tanda penuaan, di antaranya keriput, garis halus, dan kantung mata kendur. Namun sebenarnya ada juga manfaat lain yang terasa saat menggunakan retinol secara rutin. Berikut manfaat lainnya dari penggunaan retinol.

1. Mengurangi Hiperpigmentasi pada Kulit

Pasti sudah tahu kan salah satu tanda penuaan selain adanya keriput adalah munculnya hiperpigmentasi atau bintik-bintik hitam pada kulit. Dengan pemakaian retinol, manfaat yang didapat selain tersamarkannya garis halus, keriput, tentunya samar pula hiperpigmentasi pada kulit.

Namun, jika kamu juga menggunakan perawatan dengan vitamin C, gunakan retinol dengan vitamin C secara bergantian. Misalnya, gunakan vitamin pada pagi hari sementara itu gunakan retinol pada malam hari.

Jangan lupa, gunakan tabir surya pada pagi hari – karena retinol memiliki sifat photosensitive, yaitu meningkatkan resiko kulit semakin sensitif terhadap sinar matahari langsung. Gunakan tabir surya pada wajah minimal SPF 30 PA+++ secara berkala.

2. Mampu Mengobati Kulit Berjerawat

Kulit yang bermasalah dengan jerawat biasanya akan lebih mengandalkan menggunakan benzoyl peroxide dan BHA, padahal sebenarnya retinol juga bisa mengobati masalah jerawat dengan maksimal juga – bahkan bekerja lebih baik pada kulit.