Manfaatkan Media Sosial untuk Bangun Personal Branding

ulinulin.comTRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Kehadiran teknologi memberikan banyak manfaat bagi kehidupan dan aktivitas kita sehari-hari.

Kekuatan media sosial tidak bisa lagi dibendung sebagai kebutuhan dalam aktivitas kita mencari hiburan.

Media sosial juga bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan ide kreatif dan mengembangkan potensi diri.

Dengan memanfaatkan gadget kita sudah bisa memproduksi konten berupa teks, video ataupun audio video.

Konten kreator Teuku Daffa mengatakan, agar meraih sukses berkarya di media sosial kita harus memiliki kepercayaan diri yang kuat.

“Rasa percaya diri muncul pada saat percaya pada kemampuan yang kita miliki, kualitas dan penilaian pada diri sendiri. Kepercayaan diri dapat dimunculkan dari faktor internal seperti perasaan yang dibutuhkan, keberhasilan, kondisi fisik, dan pengalaman,” ujarnya di acara ngobrol virtual membahas topik Meningkatkan Kepercayaan Diri di Media Sosial, baru-baru ini.

Teuku menambahkan, rasa percaya diri bisa ditumbuhkan dengan menggali potensi yang kita miliki.

”Kenali diri kita dahulu dan terus mengasah keahlian dan wawasan kita. Selanjutnya usahakan tampil di tempat umum semaksimal mungkin dengan memperhatikan kerapian dan kebersihan,” ujarnya.

“Selanjutnya agar memiliki kepercayaan diri di media sosial kita harus memperbanyak resilience dan mempunyai motivasi yang tinggi,” imbuhnya.

Ayu Minarti, konten kreator di Pandu Digital Indonesia mengajak pengguna menjadikan media sosial sosial sebagai sarana mengembangkan diri.

“Kita bisa meningkatkan kepercayan diri di media sosial dengan berkarya tanpa batas lewat tulisan, foto dan video. Selanjutnya kita bisa meningkatkan kepercayaan diri dengan membangun personal branding,” kata Ayu.

Menurutnya, personal branding memiliki relasi kuat dengan rasa percaya diri sebagai psikoedukasi.

“Karena psikoedukasi memberikan informasi kepada seseorang dengan harapan dapat membantu mengembangkan kemampuan dalam dirinya. Jika kemampuan sudah dapat diciptakan, maka kepercayaan diri akan muncul dengan sendirinya,” ujarnya.

Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Al-Azhar Indonesia Cut Meutia Karolina mengatakan, sebaliknya, seseorang bisa kehilangan rasa percay diri di media sosial jika menghadapi perilaku cyberbullying oleh netizen.

“Pengguna media sosial yang terkena perundungan akan merasa takut dan tidak memiliki rasa percaya diri baik dalam menggunakan dan berkarya di media sosial ,” bebernya.

Karena itu dia mengimbau pengguna media sosial untuk menghindari kejahatan cyberbullying.

“Sebagai pengguna, mari kita jadikan media sosial sebagai ruang interaksi yang aman dan nyaman dengan terus meningkatkan kecakapan dan literasi digital kita. Tetap kedepankan etika dan sopan santun dalam berinteraksi dengan sesama pengguna,” ajaknya.

Kampung Melon Napote Manfaatkan Teknologi Digital dari LPPM UNIRA untuk Edukasi Pengunjung

Privacy Policy

We do not collect identifiable data about you if you are viewing from the EU countries.For more information about our privacy policy, click here

Kampung Melon Napote Manfaatkan Teknologi Digital dari LPPM UNIRA untuk Edukasi Pengunjung

Pengakuan Rudolf Ungkap Alasan Bunuh Temannya dan Targetkan 2 Orang Lain, Bermula dari Postingan

Pengakuan Rudolf Ungkap Alasan Bunuh Temannya dan Targetkan 2 Orang Lain, Bermula dari Postingan

Disebut Kena Mental, Akun Twitter Rizky Billar Kepergok ‘Like’ Video Tak Senonoh & Aktif di Sosmed

Indra Tarigan Tagih Janji Satria Mulia Tampil Tanpa Busana di Monas jika Rizky Billar Tak Dipenjara

Momen Langka Hailey Bieber dan Selena Gomez Foto Bareng, Bertemu di Acara yang Sama

Perkara Nutup Pintu Rumah, Bikin Menguras Emosi dan Tenaga

AKBP Dody Prawiranegara Bantah Pernah Diperintah Irjen Teddy Minahasa untuk Jebak Linda di Sumbar

Buntut Pernyataan ‘Siap Nyapres’, Hari Ini Ganjar Pranowo Dipanggil Megawati ke Kantor DPP PDIP

Pj Gubernur DKI Minta Pembangunan Pompa Air Sentiong Ancol Rampung Sebelum Musim Hujan Tahun 2023

Bharada E Beralasan Tak Bisa Tolak Perintah Ferdy Sambo, Keluarga Brigadir J: Ricky Rizal Saja Bisa

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website tribunnews.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”