Mantan PM Inggris Puji Jokowi: Membuat Kemajuan yang Nyata

ulinulin.com – Mantan Perdana Menteri (PM) Inggris Tony Blair memuji kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang dinilai menghasilkan banyak kemajuan. Indonesia dinilai berada pada jalur pertumbuhan ekonomi yang inklusif, menjangkau semua kalangan masyarakat dan memprioritaskan masalah perubahan iklim.

Tony Blair yang juga sebagai Dewan Penasehat untuk Ibu Kota Nusantara (IKN) itu menjelaskan, negara yang mencapai kemajuan nyata merupakan yang secara politik stabil dan masyarakatnya tetap optimistis terhadap masa depan terutama dari sisi kesejahteraan ekonomi.

“Di situlah saya perlu mengucapkan selamat kepada Indonesia atas perubahan yang mereka buat selama beberapa tahun terakhir. Itu adalah contoh yang bagus bagaimana kepemimpinan politik yang tepat di bawah Presiden Jokowi, sebuah negara dapat membuat kemajuan nyata,” katanya dalam acara B20 Summit Indonesia secara virtual, Senin (14/11/2022).

Blair memberi contoh kemajuan yang diambil Jokowi yakni proyek pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Kalimantan Timur. Proyek ini dianggap menjadi pendorong pertumbuhan dan pemerataan ekonomi masa depan agar tidak hanya berorientasi di pulau Jawa.

Dia juga mengapresiasi komitmen pemerintah Indonesia dalam mengatasi masalah perubahan iklim. Saat ini Indonesia memang semakin serius di bidang ekonomi hijau, salah satunya terlihat dari rencana-rencana di bidang transisi energi.

“Jika anda melihat rantai kendaraan listrik, LG Energy Solutions melakukan investasi US$ 10 miliar ke sektor baterai,” ujar Blair.

Blair mengapresiasi keputusan Jokowi yang bisa mendorong hilirisasi. Salah satu pujiannya terutama keberhasilan pemerintah agar produk nikel bisa tetap diproses di dalam negeri.

“Jadi ini merupakan contoh klasik dari sebuah negara yang menggunakan sumber dayanya untuk memproduksi pertumbuhan dengan cara berkelanjutan yang juga akan inklusif,” kata Blair.