Masih WFH? Ini 4 Tips untuk Mengatur Meja Kerjamu

ulinulin.com – Salah satu kunci agar bisa menjalani kerja dari rumah dengan nyaman adalah meja kerja yang rapi. Oleh karena itu, kamu perlu secara khusus mengatur meja kerja saat work from home (WFH).

Saat ini, pemerintah sudah mengatur adaptasi kebiasaan baru yang memperbolehkan perusahaan untuk mulai membuka kantornya.

Akan tetapi, beberapa perusahaan tetap menerapkan aturan WFH sebagai pencegahan dari kondisi terburuk.

Menjalankan WFH selama berbulan-bulan tentunya membuat kamu mulai merasa bosan. Untuk itu, kamu perlu menyegarkan suasana kerjamu dengan mulai mengatur ulang meja kerjamu di rumah.

Untuk itu, Glints telah merangkum beberapa tips mengatur meja kerja saat WFH.

1. Pilih tempat yang nyaman untuk bekerja

© Pexels.com

Agar dapat bekerja dengan produktif, tentunya kamu harus bekerja dari tempat yang nyaman. Pilihlah area di rumahmu yang menurutmu cukup nyaman untuk dimanfaatkan sebagai area kerja.

Kamu bisa memilih area ruang tengah atau dapur untuk menjadi area kerja. Kamu juga bisa menggunakan salah satu sudut kamar untuk menjadi area kerja.

Memiliki tempat tersendiri untuk bekerja akan memudahkan produktivitasmu.

Kamu tidak perlu membawa laptop atau dokumen-dokumen kerjamu berpindah-pindah setiap kali bekerja. Oleh karena itu, kamu bisa menyimpannya di area kerjamu dan menggunakannya selama jam kerjamu.

Satu-satunya area yang harus dihindari untuk bekerja adalah area tidur atau kasur. Dilansir dari Daily Mail, bekerja dari tempat tidur cenderung akan membuatmu menjadi kurang produktif.

Hal ini dikarenakan otak mengasosiasikan tempat tidur sebagai tempat untuk beristirahat.

Jadi, meskipun kamu merasa nyaman di tempat tidur, jangan bekerja dari sana, ya!

2. Pastikan area kerja memiliki pencahayaan yang bagus

© Pexels.com

Tips menata meja kerja saat WFH adalah mengatur pencahayaan.

Dilansir dari International Labor Organization, pencahayaan yang minim akan menyebabkan ketegangan mata, kelelahan, sakit kepala, hingga stres.

Untuk itu, pastikan area kerjamu memiliki pencahayaan yang bagus. Kamu bisa menempatkan meja kerjamu dekat dengan jendela agar mendapatkan cahaya alami.

Kamu juga bisa menggunakan lampu meja jika ruangan tersebut kekurangan cahaya alami.

Perhatikan juga posisi meja kerjamu dari sumber cahaya. Usahakan untuk menempatkan meja kerjamu dekat dengan sumber cahaya.

Jangan menempatkan meja kerja membelakangi sumber cahaya. Hal itu akan membuat bayangan dan membuat pencahayaan menjadi berkurang.

Tentunya, kamu tidak akan suka jika wajahmu tampak gelap ketika melakukan meeting lewat video.

3. Tata semua perlengkapan kerja dengan baik

© Pexels.com

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, memiliki area kerja tersendiri akan memudahkanmu. Pasalnya, semua kebutuhan kerja sudah berada di satu tempat.

Oleh karena itu, kamu perlu mengatur semua dokumen pekerjaan di meja kerja saat WFH.

Usahakan semua berada dalam jangkauanmu. Kamu bisa menggunakan rak-rak kecil yang bisa menyimpan dokumen-dokumenmu.

Kamu juga bisa meletakkan benda-benda lain yang menunjang kerjamu. Misalnya, botol air minum atau cemilan untuk menemanimu bekerja.

Pastikan juga charger perangkat elektronik seperti laptop dan handphone cukup dekat denganmu.

4. Pilih perabot yang ergonomis

© Unsplash.com

Duduk di meja selama berjam-jam tanpa sandaran yang tepat untuk punggung akan menyebabkan masalah pada punggungmu di kemudian hari.

Jika kamu memiliki dana yang cukup, investasikan untuk mendapatkan meja dan kursi kerja yang nyaman.

Pilih meja yang dirancang khusus untuk penggunaan komputer. Jika kamu menggunakan PC, pastikan meja tersebut memiliki kompartemen untuk CPU.

Pastikan juga meja tersebut memiliki saluran kabel bawaan untuk koneksi listrik untuk menjaga agar kabel tidak menghalangimu.

Selain meja, pilihlah kursi kerja yang nyaman. Pilihlah kursi yang dibentuk agar sesuai dengan kontur alami tulang belakangmu.

Dukungan punggung bagian bawah yang baik sangat penting untuk meminimalkan ketegangan atau keram pada cakram di tulang belakangmu.

Nah, itu dia empat tips untuk mengatur meja kerja saat WFH. Kamu juga bisa mendapatkan berbagai tips lainnya melalui newsletter blog Glints, lho. Yuk, daftar sekarang.

Sumber

    Why working from bed is bad for your health: Expert reveals it disrupts sleep, damages your posture and makes you LESS productive as people stay home during the coronavirus outbreak

    Physical Hazards: Indoor Workplace Lighting

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website glints.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”