Mau Peeling Sendiri di Rumah? Ini Cara Mudah Melakukannya!

ulinulin.com – Peeling telah menjadi salah satu perawatan kulit wajah yang cukup favorit akhir-akhir ini. Perawatan yang satu ini menawarkan sejumlah manfaat, mulai dari membersihkan sel kulit mati secara menyeluruh sampai dengan menghambat penuaan dini. Untuk melakukan peeling, kamu bisa berkunjung ke klinik kecantikan atau membeli produk peeling untuk melakukan perawatan sendiri di rumah.

Perlu kamu ketahui, peeling bukan perawatan kulit wajah yang sesederhana masker. Kamu harus cermat dalam memilih produk peeling, mencari waktu yang tepat untuk melakukan perawatan, dan mengikuti langkah-langkah yang benar saat mengaplikasikan produknya di wajah.

Jika kamu masih baru pertama kali melakukan facial peeling, kenali dulu serba-serbi mengenai peeling dan cara yang tepat untuk melakukannya. Kamini sudah merangkumnya secara lengkap khusus untukmu, lho.

Cara Kerja Peeling

* sumber: www.bustle.com

Sebelum melakukan peeling, kamu wajib mengetahui terlebih dahulu cara kerja perawatan kulit wajah yang satu ini. Peeling menggunakan produk berbasis bahan kimia yang mengandung asam glikolat atau asam trikloroasetat. Fungsi dari kedua bahan ini adalah mengangkat sel-sel kulit mati. Alhasil, kulitmu akan mengelupas untuk berganti dengan kulit baru yang lebih bersih dan halus.

Produk peeling bisa berupa cairan, gel, atau krim. Kamu dapat mengaplikasikan produk peeling ini di seluruh bagian wajah maupun leher. Perawatan ini juga digadang-gadang mampu mengangkat sel kulit mati dan kotoran secara lebih mendalam dibanding facial scrubbing.

Manfaat Peeling

* sumber: galwaynow.com

Setelah kamu mengetahui cara kerja peeling, kini coba kenali manfaat peeling terlebih dahulu. Pengenalan tentang manfaat peeling ini bisa memberimu petunjuk apakah kamu benar-benar membutuhkan perawatan ini.

    Membersihkan kulit wajah hingga ke pori-pori

    Mengurangi tanda-tanda penuaan, mulai dari kerutan halus sampai dengan keriput

    Mengencangkan kulit yang kendur

    Merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru dan produksi kolagen

    Menghilangkan noda bekas jerawat

    Membuat kulit jadi lebih halus

    Memaksimalkan penyerapan skin care yang akan dipakai di kemudian hari

    Membuat wajah terlihat lebih segar dan cerah

Sejumlah manfaat peeling di atas bisa diperoleh jika kamu ruti melakukan peeling. Waktu terbaik untuk melakukan peeling adalah 2-3 bulan sekali. Kamu tidak dianjurkan untuk terlalu sering melakukan peeling mengingat produk facial peeling umumnya mengandung bahan kimia yang cukup kuat.

Kriteria Orang yang Harus Menghindari Peeling

* sumber: healthybeautyme.com

Meskipun peeling merupakan jenis perawatan kulit wajah, tetapi ada sebagian orang yang tidak dianjurkan untuk melakukan perawatan ini. Berikut adalah kriteria orang yang seharusnya tidak melakukan facial peeling.

    Memiliki kulit yang berjerawat sangat parah

    Warna kulit gelap karena peeling akan menghasilkan eksfoliasi yang dapat menyebabkan warna kulit jadi terlihat belang

    Punya eksim, luka, keloid, dermatitis, rosasea pada kulit wajah

    Telah mengkonsumsi obat jerawat sejenis isotretinoin selama 6 bulan terakhir

    Wanita hamil dan menyusui

Kalau kamu memiliki salah satu dari kriteria yang disebutkan di atas, itu artinya kamu harus menghindari peeling. Pasalnya, peeling justru akan memperparah kondisi kulit wajah yang berjerawat, berwarna gelap, atau memiliki luka. Di samping itu, wanita hamil dan menyusui juga tak disarankan untuk peeling karena produk yang dipakai mengandung bahan kimia yang bisa mempengaruhi kesehatan janin dan kualitas ASI.

Cara Melakukan Peeling Sendiri

Sudah mantap untuk melakukan peeling sendiri? Pertama-tama, kamu harus menyiapkan produk peeling-nya terlebih dahulu. Kemudian, siapkan juga handuk dan air hangat untuk membantu proses peeling ini.

Jika semua bahan sudah tersedia, ikuti langkah-langkah melakukan peeling sendiri berikut ini:

    Bersihkan Wajah Terlebih Dahulu

* sumber: bioshrine.com

Sebelum melakukan peeling, bersihkan dulu wajahmu dengan cleanser dan toner. Pastikan kondisi wajahmu dalam keadaan bersih ketika peeling.

    Pencet Komedo

Untuk memencet komedo, kamu harus menggunakan pin pemencet komedo yang sudah disterilkan terlebih dahulu. Pin tersebut bisa disterilkan dengan alkohol 70%. Kemudian, pencet komedo atau jerawat di wajahmu. Namun, jika jerawatmu terlalu banyak dan meradang sebaiknya urungkan niatmu untuk peeling, ya!

    Aplikasikan Produk Peeling

* sumber: intermountainhealthcare.org

Tiba saatnya untuk mengaplikasikan produk peeling ke seluruh bagian wajah dan leher. Oleskan krim atau gel peeling secukupnya saja, tidak perlu terlalu tebal. Kemudian, diamkan selama waktu yang dianjurkan (silakan lihat di kemasan produk peeling yang kamu pakai).

    Angkat Peeling dan Bilas Wajah

* sumber: foreveryoungandslimmedispa.com

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kamini.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”