Mau Screenshot? Ini Tiga Cara Mengambil Screenshot pada Windows 10

ulinulin.com – Kadang kala mengambil screenshot diperlukan, misalnya ketika Anda mengerjakan sesuatu di PC dan tiba-tiba muncul sesuatu yang tidak lazim pada tampilan layar PC tersebut. Begitu pula halnya pada PC dengan sistem operasi Microsoft Windows 10; kadang kala Anda juga perlu atau ingin mengambil screenshot. Nah, Windows 10 sendiri sudah mendukung pengambilan screenshot secara langsung tanpa bantuan aplikasi tambahan. Berikut InfoKomputer akan tunjukan tiga cara mengambil screenshot pada Windows 10 menggunakan fasilitas Windows 10 tersebut.

Sebenarnya, mengambil screenshot tanpa bantuan aplikasi tambahan juga sudah didukung oleh berbagai versi Windows sebelum Windows 10. Namun, sebagian dari Windows versi lawas itu tidak mendukung cara tertentu yang didukung Windows 10 dalam mengambil screenshot. Ketiga cara mengambil screenshot pada Windows 10 yang InfoKomputer akan tunjukkan pun sebagian tidak tersedia pada Windows versi lawas.

Memang menggunakan aplikasi tambahan yang ditujukan untuk mengambil screenshot pada Windows 10 bisa menawarkan kelebihan dibandingkan yang didukung secara langsung oleh Windows 10. Namun, tak jarang, tiga cara mengambil screenshot pada Windows 10 yang InfoKomputer akan tunjukkan sudah mencukupi untuk aneka keperluan. Berikut adalah ketiga cara yang dimaksud.

1. Menggunakan Print Screen

Sudah tersedia sejak lama, mengambil screenshot pada Windows bisa dilakukan mengunakan tombol “Print Screen” atau “PrtScr” atau “PrtSc”. Begitu pula dengan Windows 10; Anda bisa mengambil screenshot pada Windows 10 dengan menekan tombol Print Screen atau PrtScr atau PrtSc — selanjutnya disebut dengan Print Screen saja — pada kibor.

Secara default menekan tombol Print Screen akan menangkap seluruh gambar yang sedang terlihat pada layar. Jika Anda ingin mengambil gambar dari jendela yang sedang aktif saja, Anda bisa menekan tombol “Alt” dan tombol Print Screen pada kibor secara bersamaan.

Namun, menekan tombol Print Screen baru menangkap tampilan saja dan belum menyimpannya ke berkas alias file. Setelah menekan tombol Print Screen, Anda harus menge-paste-nya ke aplikasi penyuntingan gambar atau sejenisnya, lalu menyimpan gambar yang dimaksud melalui aplikasi bersangkutan menjadi berkas. Pada Windows 10, Anda antara lain bisa menggunakan “Paint” yang merupakan aplikasi yang disertakan Windows 10. Jika menggunakan Paint, Anda tentunya bisa menyuntingnya terlebih dahulu sebelum menyimpannya menjadi berkas.

2. Menggunakan Snipping Tool

Merupakan aplikasi yang disertakan Windows 10, Snipping Tool merupakan aplikasi yang memang ditujukan untuk mengambil screenshot pada Windows 10. Sesuai namanya, Snipping Tool membolehkan Anda untuk mengambil bagian tertentu tampilan, tidak mesti seluruh gambar yang sedang terlihat pada layar maupun gambar seluruh bagian jendela yang sedang aktif.

Jika Anda sulit menemukan Snipping Tool, Anda bisa mengetik “snipping tool” (tanpa tanda kutip) di kotak pencarian alias search box Windows 10. Setelah menjalankan Snipping Tool, Anda bisa memilih mode menggunting alias snip yang akan dipakai pada “Mode” dan jeda waktu sebelum bisa menggunting pada “Delay”. Adapun untuk mulai menggunting bisa melalui “New”.

Berbeda dengan Print Screen, begitu Anda selesai menggunting menggunakan Snipping Tool, hasilnya akan segera ditampilkan oleh Snipping Tool. Selanjutnya Anda bisa menyimpan guntingan tersebut secara langsung menjadi berkas atau menambahkan teks maupun meng-highlight bagian tertentu dari guntingan itu telebih dahulu lalu menyimpannya menjadi berkas.

3. Menggunakan Snip & Sketch

Snip & Sketch bisa dibilang merupakan penerus atau versi yang lebih baru dari Snipping Tool. Fungsinya juga serupa dengan Snipping Tool dalam artian bisa mengambil bagian tertentu tampilan, tidak mesti seluruh gambar yang sedang terlihat pada layar maupun gambar seluruh bagian jendela yang sedang aktif.

Menjalankan Snip & Sketch bisa dilakukan melalui Snipping Tool dengan mengeklik tombol Snip & Sketch di sana. Bisa juga dengan mengetik “snip & sketch” di kotak pencarian alias search box Windows 10 lalu mengeklik pintasan yang muncul. Seperti Snipping Tool, pengguntingan bisa dimulai melalui “New”.

Begitu Anda selesai menggunting menggunakan Snip & Sketch, hasilnya pun akan segera ditampilkan oleh Snip & Sketch. Anda kemudian bisa menyimpan guntingan tersebut secara langsung menjadi berkas atau menambahkan teks maupun meng-highlight bagian tertentu dari guntingan itu telebih dahulu lalu menyimpannya menjadi berkas. Namun, dibandingkan Snipping Tool, Snip & Sketch menawarkan fasilitas penyuntingan dan peng-hightlight-an yang lebih banyak.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website infokomputer.grid.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”