Mau Sewa Mobil Lepas Kunci untuk Mudik? Ini Persyaratannya

ulinulin.com – Menggunakan mobil rental bisa menjadi salah satu moda alternatif saat hendak melakukan perjalanan mudik. Rata-rata, mobil rental disewakan sepaket dengan sopir yang akan mengantar kamu ke berbagai tempat tujuan. Lalu, bagaimana jika pengguna menginginkan sewa mobil lepas kunci?

Saat ini, beberapa pemilik rental mobil juga menyediakan opsi sewa mobil lepas kunci atau tanpa sopir. Opsi ini memiliki persyaratan berbeda dibanding menyewa mobil dengan sopir. Hal ini dilakukan sebagai tindakan preventif untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan seperti pencurian mobil atau penggelapan mobil yang disewakan.

Untuk menyewa mobil lepas kunci, berikut persyaratan dan prosedur yang biasanya harus dipenuhi:

Kelengkapan dokumen

Dokumen di sini tak sebatas copy Kartu Tanda Penduduk (KTP) saja. Kamu juga harus melampirkan copy Kartu Keluarga (KK), Surat Izin Mengemudi (SIM), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), ID card tempat bekerja atau surat referensi dari perusahaan tempat kamu bekerja. Selain dokumen tersebut, kamu juga harus menyertakan copy Pajak Bumi dan Bangunan (PBB)/rekening listrik/telepon.

Syarat tambahan

Selain syarat dokumen yang disebutkan di atas, ada syarat tambahan yang biasanya harus dipenuhi. Misalnya, harus memiliki rumah sendiri serta ada jaminan BKPB sepeda motor atas nama pribadi.

Survei

Setelah syarat dokumen dipenuhi, tim survei rental mobil akan melakukan survei untuk memutuskan apakah permintaan sewa mobil lepas kunci diterima atau tidak. Survei ini biasanya dilakukan dua hari sebelum rencana tanggal peminjaman.

Adapun selain persyaratan tersebut, kamu juga dibebankan tanggung jawab untuk menjaga kondisi mobil agar tidak mengalami kerusakan selama masa peminjaman.

Penulis: Danang Setiaji

Sumber gambar: IST

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website momobil.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”