Mazda vs Kia, Siapa Pemenang World Car of the Year 2020?

ulinulin.com – World Car of the Year 2020 (WCOTY 2020), atau ajang mobil terbaik sedunia tahun 2020 sudah masuk dalam babak final. Rencananya, pengumuman dari mobil terbaik tahun ini akan diumumkan pada New York International Auto Show 2020 (NYIAS 2020) mendatang. Namun, pengumuman ini bisa saja tidak diumumkan berbarengan dengan acara tersebut. Hal ini mengingat adanya peningkatan kewaspadaan akan penyebaran virus corona. Belum jelas apakah nantinya juara mobil terbaik ini akan diumumkan pada NYIAS 2020 Agustus mendatang, atau akan diumumkan sendiri oleh penyelenggara WCOTY 2020.

Seperti yang dilansir oleh autonetmagz.com, finalis top 3 yang terdaftar pada ajang WCOTY 2020 ini adalah Mazda dan KIA. Mazda sendiri menunjukan pengembangan produk yang bagus pada tahun 2019. Hasil nya ini dapat dilihat bahwa ada 2 mobil Mazda yang ditempatkan menjadi finalis WCOTY 2020. Kedua mobil ini mengeroyok satu mobil KIA yang turut terdaftar dalam ajang mobil terbaik ini.

Kedua mobil Mazda tersebut adalah Mazda 3 dan saudara dekatnya yaitu Mazda CX-30. Tentunya hasil ini sangat menarik, mengingat kedua mobil ini dibangun dalam basis yang sama dan masuk menjadi finalis dalam WCOTY 2020. Ditengah kedua mobil jagoan Mazda, ada satu mobil KIA yang ikut menjadi finalis, yaitu KIA Telluride. KIA Telluride sendiri adalah SUV bongsor asal Korea Selatan yang diproduksi dan dijual di Amerika Serikat.

Selain 3 mobil tersebut, ada 50 model mobil yang disaring oleh 86 juri dari 27 negara. Selain ketiga finalis untuk gelar WCOTY 2020, ada ketagori gelar lainnya dalam ajang ini, yaitu : World Urban Car, World Luxury Car, World Performance Car, dan World Car Design of the Year. Selain terpilih sebagai finalis mobil terbaik di dunia, Mazda 3 kabarnya terpilih juga dalam finalis World Car Design of the Year 2020.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website momobil.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”