Membedah Dalam Lagi Hyundai Creta Prime Yang Dipakai Xpedisi Tanah Sumatra

ulinulin.com – JAKARTA – Pada Minggu sore kemarin (17/4), Hyundai Creta baru saja menyelesaikan perjalanan sejauh 2.700 km dari Jakarta sampai Banda Aceh, Propinsi Nangroe Aceh Darussalam (NAD). Penjelajahan Pulau Sumatra yang dilakukan oleh tim OTO Media Group tersebut memakan waktu selama 10 hari dengan melewati lebih dari 42 kota.

Apa saja yang terangkum dalam fitur Hyundai SmartSense?

Berapa ukuran layar sentuh di tengah dashboard Hyundai Creta?

Medan jalan yang dilewati beragam. Mulai dari jalanan tol, aspal mulus, jalan pedesaan dengan aspal terkelupas sampai dengan medan gravel ringan yang memungkinkan untuk dilewati Hyundai Creta. SUV/crossover lima penumpang yang kami pakai itu adalah Hyundai Creta varian Prime IVT Two Tone, yang merupakan varian tertinggi dan termahal. Dibanderol dengan harga Rp 400 jutaan.

Hyundai merilis Creta dalam 6 tipe di mana Active sebagai tipe terendah dengan harga Rp 281,5 juta, kemudian Trend dengan dua pilihan transmisi yaitu manual dan otomatis, Style dengan transmisi otomatis dan Prime yang terdiri dari dua tipe yakni IVT biasa atau regular (satu warna) dan IVT two tone.

Hyundai Creta Prime IVT merupakan varian dengan kasta tertinggi dan tercanggih. Memang terdapat dua pilihan versi untuk Prime IVT yakni yang regular atau biasa dengan satu warna bodi dan two tone alias dua warna bodi. Tentu keduanya memiliki diferensiasi harga, di mana two tone lebih mahal.

Sebagian varian yang termahal, tentu kesan mewahnya sangat kentara karena dibalut ragam fitur kekinian dan modern. Kabinnya dibungkus oleh material soft-touch mulai dari dashboard, door trim, hingga seluruh jok.

Mesin Dan Transmisi Hyundai Creta Prime IVT

Seluruh varian Creta memakai mesin yang sama. Yaitu bensin Smartstream 4 silinder segaris G1.5 MPI berkubikasi 1.500 CC, menghasilkan tenaga 113 hp pada 6.300 rpm dan torsi puncak 143,8 Nm pada 4.500 rpm. Dikombinasikan dengan transmisi Intelligent Variable Transmission (IVT) yang mengalirkan tenaga dari mesin ke roda depan.

Pemakaian tranmisi IVT ini cukup menarik. Pasalnya transmisi otomatis ini tidak menggunakan gear atau gigi. IVT menggunakan 2 pulley dan sebuah bajak baja yang menggunakan fungsi giginya. Hal ini membuat transmisi IVT lebih efisien daripada transmisi otomatis konvensional karena gesekan yang kecil. Transmisi IVT memiliki rasio tidak terbatas alias infinite, sehingga transmisi IVT seringkali disebut sebagai transmisi Infinite Variable Transmission.

Karena rasio tidak terbatas ini, ‘gigi’ bisa terus berganti tanpa tenaga harus memutuskan tenaga dari mesin. Hal ini semakin membantu transmisi IVT semakin efisien dan irit bahan bakar. Berkat transmisi tersebut, Hyundai Creta bisa memaksimalkan efisiensi bahan bakarnya.

Untuk menyalakan mesin tinggal tekan tombol saja dan untuk merasakan sensasi berkendara tersedia 4 opsi berkendara yaitu Eco, Comfort, Smart dan Sport.

Dilengkapi juga dengan Traction Control Mode yang berfungsi mengatur kontrol slip roda kanan/kiri sesuai torsi mesin dan pola perpindahan gigi. Traction Control Mode secara otomatis menyempurnakan sistem penggerak roda depan CRETA untuk beradaptasi dengan kondisi jalan.

Interior Hyundai Creta Prime

Dalam hal interior, Hyundai Creta menyuguhkan ruang yang lapang dan berkelas. Memiliki headroom, legroom dan shoulder room yang lega sehingga tidak menyiratkan crowded meski terisi lima penumpang. Apalagi tata ruangnya apik, ergonomis dan tombol-tombol pengaturannya user friendly. Ditambah dengan panoramic sunroof yang lebar sehingga kesan lega itu bertambah kuat.

Setir tilt steering dan telescopic dibalut oleh bahan kulit dengan sejumlah tombol pengaturan. Dilengkapi juga dengan paddle shifter untuk meningkatkan sensasi mengemudi dan fitur ini hanya terdapat di Style dan Prime. Pada bagian belakang tuas transmisi IVT terdapat rem tangan yang sudah sistem tombol electronic parking brake with auto hold. Terdapat pula Air Purifier pada armrest untuk penumpang baris pertama dan wireless charging pada konsol tengah.

Untuk jok memakai material kulit berkualitas dan dilengkapi ventilated seat untuk meminimalisir efek cuaca panas di Indonesia. Pengemudi akan merasa lebih nyaman karena udara dingin bisa mencapai bagian yang tidak bisa digapai AC, semisal punggung.

Pada bagian tengah dashboard terdapat layar sentuh 8 inci yang berisikan ragam informasi kendaraan dan juga berfungsi sebagai layar infotainment dan kamera parkir. Sudah disuport dengan Bluetooth audio dan terintegrasi smartphone secara wireless.

Juga terdapat 2 colokan USB yang juga berfungsi sebagai charging port dan kepentingan multimedia. Untuk mendapatkan ragam informasi kendaraan, tinggal lihat full TFT LCD Meter cluster 10,25 inci yang terletak di bagian belakang kemudi. Di cluster meter ini juga terdapat informasi tekanan ban.

Ruang bagasi juga lapang mampu menampung dua koper besar dan barang-barang kecil lainnya. Menurut pabrikan, kapasitasnya 416 liter jika jok penumpang belakang berdiri tegak, sedangkan jika direbahkan kapasitas bertambah besar menjadi 1.384 liter. Otomatis barang bawaan yang bisa diangkut bisa lebih banyak lagi. Pada jok belakang juga terdapat armrest dengan cup holder

Fitur Hyundai SmartSense

Untuk mempertinggi aspek keselamatan, fitur yang terangkum dalam Hyundai SmartSense yang terdapat di Creta Prime adalah yang paling lengkap. Meliputi High Beam Assist (HBA), Forward Collision-avoidance Assist (FCA), Manual Speed Limit Assist (MSLA), Lane Keeping Assist (LKA), Lane Following Assist (LFA), Driver Attention Warning (DAW), Driver Rear View Monitor (DRVM), Blind-spot Collision-avoidance Assist (BCA), Safe Exit Warning (SEW) dan Rear Cross-traffic Collision-avoidance Assist (RCCA). Ditambah lagi dengan 6 airbag untuk melindungi pengemudi dan penumpang kendaraan.

Hyundai Bluelink

Sebagai SUV canggih dan modern, Hyundai Creta dilengkapi dengan inovasi terobosan Hyundai Bluelink. Yaitu sebuah aplikasi smartphone yang mampu berkomunikasi dengan Hyundai Creta milik pengguna. Fitur ini terdapat di semua varian Creta.

Apa saja fitur yang terdapat di dalamnya? ACN (Auto Collision Notification), SOS/Emergency Assistance RSA (Road Side Assistance), Stolen Vehicle Immobilization, Stolen Vehicle Tracking Stolen dan Vehicle Notification.

Juga bisa berfungsi untuk menyalakan mesin dari jauh, jadi tak perlu masuk mobil, menyalakan AC mobil dari jauh, membuka dan mengunci pintu dari jauh, remote horn & light dan Find My Car. Fitur yang terakhir ini cukup unik bisa membantu mencari mobil ketika kesulitan mencarinya di parkisan yang besar. Dengan fitur tersebut, maka aplikasi akan memberikan area estimasi di mana mobil berada. (EKA ZULKARNAIN)

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carvaganza.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”