Memburu 10 Mobil Eks Jagoan Sirkuit

ulinulin.com

Dunia balap bukanlah untuk bersenang-senang belaka. Bagi beberapa pabrikan yang turut serta di ajang ini, goals untuk melahirkan mobil kencang yang jadi jagoan sirkuit adalah kewajiban. Hal itu dilakukan tentu untuk membantu produknya jualan. Tapi tidak semua mobil tahan uji di sirkuit, namun tentu saja ada yang pernah jadi bintang balap masa lalu alias mobil eks jagoan sirkuit.

Saatnya berburu mobkas kencang, jagoan di sirkuit bagaimana di jalan raya?

Kami sengaja pilihkan 10 mobil eks jagoan sirkuit dengan harga yang termurah dan dapat Anda beli dengan dana tak sampai Rp 110 juta. Tujuannya tentu agar lebih terjangkau oleh Anda, jika berminat membelinya. Nah, bagi Anda yang ingin menikmati mobil-mobil kencang yang punya reputasi di arena balap, berikut ini kami sodorkan beberapa pilihan mobil eks jagoan sirkuit yang pernah berjaya di lintasan balap beberapa tahun lalu.

1. Honda Jazz VTEC

Tahun: 2005

Mesin: L15 1.496 cc, 4 Silinder, 110 Hp

Harga: Rp 70 – 90 Juta

Aktif Di Balap: Mulai 2006

Honda Jazz VTEC punya performa yang memukau di sirkuit maupun di jalan raya

Tadinya Honda Jazz ditujukkan bagi keluarga muda yang ingin hemat BBM karena Honda menyematkan mesin berteknologi i-DSi di Jazz. Akhirnya Honda memasukkan juga varian kencang dari Honda Jazz. Ia pakai mesin L15 dengan teknologi VTEC. Hebatnya, mobil eks jagoan sirkuit ini dalam kondisi standarnya sudah memuntahkan tenaga 110 Hp. Di arena balap, sedikit sentuhan pada ruang bakar dan ECU, membuat tenaganya dapat melonjak hingga 130 Hp.

2. Toyota Yaris

Tahun: 2006

Mesin: 1NZ-FE 1.497 cc, 4 Silinder, 109 Hp

Harga: Rp 75 – 90 Juta

Aktif Di Balap: Mulai 2007

Kabin luas, mesin bertenaga, serta praktis membuatnya layak untuk dipinang

Versi hatchback dari Toyota Vios ini pernah menjadi mobil eks jagoan sirkuit yang paling kompetitif di arena balap turing. Yaris generasi ini juga dikenal sebagai mobil yang praktis karena banyaknya tempat penyimpanan yang tersedia. Disamping itu, Toyota Yaris ini juga mobil yang lincah, karena selain digunakan di balap turing, ia juga rajin berpartisipasi di ajang slalom. Apalagi mesin berkode 1NZ-FE nya dikenal bertenaga dan juga irit bahan bakar.

3. Toyota Vios

Tahun: 2003

Mesin: 1NZ-FE 1.497 cc, 4 Silinder, 109 Hp

Harga: Rp 65 – 85 Juta

Aktif Di Balap: Mulai 2004

The fuel saver and speedmaker merupakan tagline Toyota Vios

Toyota Team Indonesia pernah mengandalkan mobil ini di ajang balap turing. Sama seperti saudaranya (Yaris), ia juga sempat menyandang mobil eks jagoan sirkuit yang paling kompetitif sebelum digeser oleh Honda Jazz. Mesin yang diusung bisa dibilang sebagi nilai jual utamanya, karena bertorsi besar sekaligus hemat bahan bakar. Sayangnya bagi Anda yang mencintai keindahan interior, Toyota Vios generasi ini bukan yang terbaik di kelasnya.

4. Suzuki Swift

Tahun: 2005

Mesin: M15A 1.490 cc, 4 Silinder, 110 Hp

Harga: Rp 75 – 95 Juta

Aktif Di Balap: Mulai 2006

Bodi kompak membuatnya asyik diajak bermanuver dan menjamin mobil ini asyik dikemudikan

Dikelasnya, Suzuki Swift tergolong paling cekatan. Bagaimana tidak? Karakter mesinnya sangat responsif terutama di putaran atas dan punya bodi kompak. Belum lagi sasis Swift begitu menyenangkan diajak bermanuver. Belum lagi desain body yang timeless juga jadi salah satu kelebihannya. Sayangnya, mobil eks jagoan sirkuit ini tak terlalu luas kabinnya dan ruang belakangnya sempit. Mengingat harganya kini menggoda, tak salah jika Anda memburunya saat ini.

5. Mitsubishi Lancer GTi

Tahun: 1992

Mesin: 4G93 1.834 cc, 4 Silinder, 140 Hp

Harga: Rp 70 – 90 Juta

Aktif Di Balap: Mulai 1992

Mobil kencang lansiran Mitsubishi ini banyak peminatnya, maka tak heran harganya masih tinggi

Meski usianya kini tak lagi muda, tapi sejarah panjang dan prestasinya di ajang balap tak perlu diragukan lagi. Mitsubishi Lancer GTi bukan hanya handal di sirkuit balap, tapi performanya pun amat disegani di lintasan reli. Tak heran mobil kencang ini banyak peminatnya. Daya tahan bodi, sistem suspensinya dan torsi mesin serta tenaga mesin besar seakan membuat gentar lawannya di trek balap. Jika berminat pastikan Anda jeli dalam memilih mobil ini mengingat usianya sudah tua.

6. Toyota Corrola GTi

Tahun: 1991

Mesin: 4A-GE 1.590 cc, 4 Silinder 140 Hp

Harga: Rp 70 – 90 Juta

Aktif Di Balap: Mulai 1991

Berminat dengan mobil ini? Anda harus sabar karena populasinya terbatas

Born To Win! Itulah salah satu tagline Toyota Corrola GTi. Mesin legendaris 4A-GE di balik bonnetnya mampu menelurkan tenaga sebesar 140 Hp di jeritan 8.000 rpm. Itu membuat karakternya sangat ‘balap’ dan punya performa yang memukau. Apalagi dalam kondisi standar, mobil kencang jualan PT Toyota Astra Motor ini sudah dibekali jok, setir dan tuas persneling yang keren dan ekslusif. Tapi sama seperti Lancer GTi, Anda akan sedikit kesulitan menemukannya dalam kondisi bugar.

7. Toyota Starlet

Tahun: 1994

Mesin: 2E, 1.296 cc, 4 Silinder 72 Hp

Harga: Rp 45 – 60 Juta

Aktif Di Balap: Mulai 1994

Tenaga standarnya tidak menggugah namun mesin 2E bawaan Starlet mudah ditingkatkan tenaganya

Pada zamannya, Toyota Starlet dikenal sebagai ikon mobil anak muda yang dinamis dan ceria. Kendati tenaga dari mesin karburator standarnya cukup kecil, namun secara mengejutkan Starlet sangat kompetitif di arena balap. Apalagi saat diturunkan langsung oleh Toyota Team Indonesia. Kunci keunggulan Starlet adalah bodi kompak dan ringan serta mudah ditingkatkan tenagannya. Tak heran mobil ini jadi mobil eks jagoan sirkuit yang punya banyak cerita manis.

8. Honda City Type Z

Tahun: 2001

Mesin: D15A 1.490 cc, 4 Silinder 115 Hp

Harga: Rp 45 – 60 Juta

Aktif Di Balap: Mulai 2001

Tenaga besar dan handling baik membuat mobil ini sempat jadi jagoan sirkuit

Di masa lalu, beberapa gelar juara nasional berkali-kali disandang Honda City Type Z lewat tim Honda Racing Indonesia. Keunggulan utama dari mobil eks jagoan sirkuit ini adalah mesin berkode D15A dengan katup variabel VTEC yang responsif dan bertenaga. Sepengalaman kami mencoba mobil ini, pengendaliannya sudah cukup baik, sayangnya posisi duduknya agak kurang egronomis. Mengingat usianya sudah tak lagi muda, Anda perlu ekstra teliti dalam mencari mobil ini.

9. Honda Brio Satya

Tahun: 2013

Mesin: L12 1.198 cc, 4 Silinder 88 Hp

Harga: Rp 90 – 105 Juta

Aktif Di Balap: Mulai 2014

Honda Brio Satya adalah LCGC terbaik di kelasnya

Karena dimensi Honda Jazz tak sekompak dulu, maka Honda perlu mengeluarkan mobil seukuran Jazz lawas untuk keluarga muda. Kebetulan saat itu regulasi LCGC baru saja rampung, maka Honda Brio Satya adalah jawabannya. Secara mengejutkan, performa mobil ini sangat baik. Itu berkat kombinasi mesin bertenaga, bodi ringan, dan mesinnya yang mudah dituning. Membuat mobil kencang ini rajin digunakan balap baik turing, slalom, hingga drag race.

10. Mazda Astina

Tahun: 1989

Mesin: BP05 1.840 cc 4 Silinder 140 Hp

Harga: Rp 30 – 50 Juta

Aktif Di Balap: Mulai 1990

Ingin bergaya sporty tapi irit budget? Pilih Mazda Astina

Dari diam saja, sudah terlihat bentuk mobil ini begitu sporty. Ternyata itu juga tercermin dari performa sedan liftback andalan Mazda ini yang baik. Lampu pop-up, spoiler belakang besar, spidometer digital, setir racing, posisi pedal rapat membuatnya benar-benar punya karakter sporty. Meski mobil eks jagoan sirkuit ini kalah pamor dari Toyota Corrola GTi, dan Mitsubishi Lancer GTi, tetapi mobil ini bisa jadi salah satu collectible item di masa depan.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”