Memilih Filter Oli yang Tepat Buat Mobil Anda

ulinulin.com

Satu dari beberapa perawatan komponen mesin yang wajib diperhatikan secara berkala adalah tentang filter alias saringan oli. Penggantian filter oli mobil ini sebaiknya mengikuti instruksi yang ada pada buku pedoman pemilik kendaraan yang ada di mobil Anda.

Sesuai namanya, saringan oli bertugas menyaring semua oli mobil yang mengalir dari bak penampungan oli sebelum disalurkan ke komponen lainnya. Material yang disaring oleh filter oli mobil adalah kotoran dan metal yang memungkinkan menimbulkan gesekan di ruang mesin.

Lalu bagaimana caranya memilih filter oli yang baik saat akan melakukan penggantian saringan oli ini? Berikut tipsnya:

1. Sesuai Spesifikasi

Pastikan filter oli sesuai spesifikasi mobil Anda

Sama seperti komponen mesin lainnya, filter oli juga memiliki spesifikasi yang berbeda tiap mobil. Hal ini dengan melihat ukuran diameter lubang pada filter. Pastikan spesifikasinya cocok agar filter terpasang sempurna, tidak longgar atau terlalu sempit.

2. Katup By Pass

Sebaiknya memilih filter oli yang menggunakan katup by pass. katum ini akan berfungsi bilamana filter tersumbat oleh kotoran atau material yang cukup besar. Sehingga nantinya oli akan melewati katup.

3. Katup Anti Balik

Perhatikan jika posisi filter ada di bawah mesin

Memilih filter oli juga harus memperhatikan adanya katup anti balik. Terlebih lagi jika kendaraan Anda posisi filter olinya ada di bawah. Fungsi katup ini adalah untuk menjaga agar oli tidak kembali ke bak penampungan oli saat mesin mobil mati.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”