Mengalami Pecah Ban Saat Mobil Sedang Berjalan, Ini Yang Harus Dilakukan!

ulinulin.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2018/09/23/f8286LtF/pecah-ban-9ff3.jpg”>

Pecah ban bisa menimbulkan kecelakaan fatal (foto: maumu.com)

Peristiwa kecelakaan mobil di jalan raya tidak hanya dipengaruhi cara pengemudi membawa mobil dan memahami medan, tapi juga dipengaruhi faktor eksternal seperti kondisi mobil dan peristiwa alam seperti bencana. Salah satu yang sering menyebabkan kecelakaan adalah pecah ban saat mobil sedang berjalan.

Sebagai satu situasi berbahaya wajib hukumnya bagi pengemudi untuk bisa mengatasi dan mencari solusi terbaik guna meminimalkan risiko kecelakaan dan kerugian yang ditimbulkan, baik korban harta maupun korban jiwa. Bisa dipastikan saat mengalami pecah ban pengemudi dan penumpang pasti bakal terkejut bahkan panik. Ini wajar sebab mobil dihadapkan pada situasi kurang menguntungkan dan mencekam.

Mengalami pecah ban saat berkendara, suasana jadi mencekam (foto: okezone.com)

Situs resmi Suzuki Indomobil Sales (SIS) memberikan tips yang harus dilakukan pengemudi ketika mengalami pecah ban saat mobil sedang berjalan.

Pada prakteknya teori diatas memang sulit dilakukan. Paling tidak dengan mengetahui apa yang harus dilakukan saat mengalami pecah ban, pengemudi memiliki bekal dalam mengurangi risiko dan kerugian yang lebih besar. Alangkah lebih baik bila pengemudi atau pemilik mobil melakukan tindakan pencegahan dengan rutin melakukan pengecekan tekanan udara dan kondisi fisik ban. Minimal bawa mobil ke bengkel resmi secara teratur untuk dilakukan pengecekan kondisi mobil secara menyeluruh.

Jangan lupa selalu mengontrol tekanan angin ban (foto:carmudi.com)

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”